Tuesday, 19 February 2013

Suka Duka Naek Bis


Tiap hari kuliah pulang pergi naek bus, banyak banget suka duka dan kejadian-kejadian yang pernah aku alami. 

Naek bus itu berarti ikut menyelamatkan bumi dengan mengurangi jumlah polusi yang diakibatkan oleh banyaknya asap kendaran bermotor. Naek bus itu bisa istirahat di dalamnya, kalo panas ga kepanasan tapi agak gerah juga sihh,kaya di dalam oven kadang, tapi kalo ujan juga ga keujanan. Paling enak naek bus ya bus yang full music, tempat duduknya enak, sopirnya udah punya jam terbang tinggi, busnya masih bagus, mesinnya alus sampe ga kedengeran suara mesinnya waktu jalan, wahh nyaman banget tu bus.


Paling ga enaknya kalo naek bus itu,,kadang nunggunya lamaaa banget, terus kadang ada bus yang kebut-kebutan, udah nunggu lama,,busnya ngga berhenti,,alhasil nunggu lagi deh. Paling aku benci dari naek bus tu asep rokoknya, astagfirullah,, ga nyadar apa ya yang ngrokok2 tu. Untung aku ga punya asma, bisa bisa langsung is death. 

Masih ada aja bus yang sopirnya ugal-ugalan, kalo dalam basa jawa sih geyayakan. Sampe-sampe ni jantung mau copot, waduh ditambah lagi lo suara mesinnya keras banget, rasanya tu hmm,,pengen tereak,,hoeee,,,pelan-pelan oeeyy,,,tapi dah keburu syokkk. Di samping bus yang ugal-ugalan ada lagi jenis bus yang lain. Bus yang leletnya minta ampun. UHhhhh,,,,rasanya tu kalo tu kertas dah pengen tak remet-remet (aku remas-remas). Kalo udah ga layak beroperasi ya jangan dioperasikan donk. Tapi ya itulah naek bus juga bisa melatih kesabaran. Kesabaran harus tahan dengan asap rokok, harus sabar kalo ada penumpang yang mabuk perjalanan, harus sabar kalo busnya lelet. Hmm.....

Mesti ngapalin bus mana yang cepet mana yang lelet. Jamnya dateng. Terlambat nunggu semenit kadang bisa nunggu 15 sampe 20 menit.
Kalo ketar ketir itu kalo busnya ga sengaja nabrak orang..huff....bakal lama urusannya...akhirnya dioper dah ke bus laen...

Pernah waktu itu ada jadwal ujian,,ehh malah kejebak banjir,,jalanan macet mpe bus ga bisa lewat. Untung Allah masih sayang ma aku. Ujiannya diundur. Hehehehe.

Takut banget kao ujan gedhe ada petir. WOW, Pernah waktu itu pembersih kacanya yang jalan cuma satu, kaca depan sampae ga keliatan karena basah kena aer. Aku hanya bisa berdoa, semoga selamat sampe rumah.

Kalo pulang malem naek bus, masih mending kalo cepet dapet bus, kalo malem terus busnya lama ga muncul-muncul, benar-benar was-was dan ketar ketir. Baik siang maupun malam bila naek bus usahakan untuk tidak tidur dan tidak menerima makanan atau minuman dari siapapun yang tidak anda kenal dan tidak anda percaya.

Yang namanya naek bus salah satu yang perlu diwaspadai juga yaitu pencopetan. Kita harus hafal di daerah-daerah mana yang rawan pencopetan. Hati-hati membawa barang bawaan.
Aku pernah hampir dua kali kecopetan. Dua-duanya ketika mau turun waktu udah mau nyampe kampus. Yang pertama benar-benar ga nyadar lo dompetku udah diambil. Untung ada mbak-mbak yang liat n ngambil kembali dompetku kemudian dikembalikan ke aku. Tapi bodohnya aku kenapa aku ngga laporin polisi sekalian sih, padahal deket ma pos polisi. Hmm....Jadi pelajaran mesti lebih waspada.

Sejak saat itu aku ga pernah bawa dompet lagi. Nahh peristiwa hampir kecopetanku yang kedua ni kadang bikin ketawa n takut juga sihh,,, mungkin tasku udah diincar sebelumnya,,aku memang merasa,,tetapi aku tidak mempedulikannya. Ketika aku mau turun orang itu sedang membuka resleting tasku. Dengan sigap aku tutup kembali. ternyata yang satunya juga sudah kebuka. Lalu aku tutup kembali. Langsung kupegangi tasku dan kuletakkan di depan. Karena aku disuruh cepat turun ma kernet nya dan aku audah hampir telat lalu aku bergegas ke kampus. Dalam kelas aku baru sadar, aku kan ga bawa dompet, apanya yang mau diambil, pulpen, kertas,,adanya cuma itu,,'
Yang penting kalo naek bus itu harus tetap waspada. Jangan Lengah dan jangan lupa berdoa. Memilih bus yang baek sangat penting buat kenyamanan perjalanan Anda. :D


No comments:

Post a Comment

Yuk, tinggalkan jejak dengan berkomentar...