Wednesday, 31 December 2014

Postingan Terakhir di Penghujung Akhir Tahun 2014






Tahun 2014 merupakan tahun yang tidak mudah bagiku. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, dilema di tahun 2014 lebih terasa. Penuh intrik dan juga konflik. Penuh pertanyaan-pertanyaan yang sangat menohok. Jleb sangat. Harus berjuang hingga titik darah penghabisan. Di tahun 2014, aku harus berjuang lebih agar tidak berakhir dalam keputus-asaan. Aku bersyukur dapat melewati semua ini. Dan semua perjuangan itu telah berbuah manis pada akhirnya. Selain itu banyak pelajaran berharga yang kudapatkan di tahun ini. Tahun 2014 akan segera berakhir beberapa jam lagi, tahun 2015 akan segera datang. Babak baru kehidupan akan segera dimulai. Semoga di tahun 2015 kita diberi kekuatan untuk menghadapi segala persoalan hidup dapat menjadi insan yang lebih baik dari sebelumnya, dan dapat mewujudkan impian-impian yang belum tercapai. 

Thursday, 25 December 2014

Senangnya Dapat Buku Panduan Wisata


Kemarin siang pak Pos datang. Beliau mengantarkan paket buku panduan wisata Jawa Tengah dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Tengah. Paket buku ini berisi tiga buah buku yaitu buku Calender of Events 2015 Jawa Tengah, Jalan2 dan Jajan di Jawah Tengah, dan Panduan Wisata Jawa Tengah. Buku ini merupakan hadiah dari giveaway yang diadakan oleh kak @usemay dan @VisitJawaTengah. Aku sangat senang menjadi salah satu orang yang beruntung mendapatkan paket buku ini. Kebetulan aku lagi sering wara wiri Wonogiri - Pati. 

Wednesday, 24 December 2014

Asam Manis 2014

Penulis : Fico Fachriza
Penerbit : Bukune
Tahun Terbit : 2014
ISBN : 602-220-138-1
Jumlah Halaman : 178 Halaman

Sinopsis:
“Tes, tes!”

Gue ngecek mic sambil lirik-lirik malu ke penonton.

“Halo nama gue Fico dan ini kali pertama gue open mic.”

Penonton tepuk tangan. Wuisss…, percaya diri gue naik. Gue langsung masuk bit pertama.

"Menurut gue, kecap sering diremehkan. Padahal penting, loh! Kalo nggak ada kecap, bisa-bisa nasi uduk sama nasi goreng ketukar. Kasihan nasi uduk yang sudah dengki banget sama nasi goreng karena lebih dulu go international."

Hening.

Penonton sibuk masing-masing. Ada yang tidur, ada yang baca koran, ada yang nidurin koran, Gue udah kayak loper koran di lampu ijo.

Nggak dianggep dan ditelan asap knalpot.
***
Seperti martabak lezat yang terbuat dari perpaduan bahan masakan, cerita Fico pun dibentuk dari banyak cerita. Telur itu seperti Fico yang lucu dan bundar. Baking powder-lah membuatnya mengembang. Taburan cokelat keju memberi rasa manis dan asin dalam hidupnya. Semua itu dicampur dan diolah menjadi ‘Martabak Asam Manis’ yang gurih-gurih enyoy.

Sekarang, yuk, kita nikmati hidangan ala Deena. Bon appetit!
******


Sepanjang tahun 2014 ini banyak sekali peristiwa yang terjadi. Dari mulai asam, manis, sampai yang pahit sekalipun. Di awal tahun 2014 aku harus berjuang menyusun proposal skripsiku. Butuh waktu dua bulan untuk menyelesaikannya hingga sampai seminar proposal (17 Februari 2014). Satu tanggungan terlewati. Selanjutnya, aku harus berjuang melakukan penelitian dan menyelesaikan laporan skripsiku. Tak mudah. Pelik. Rumit. Suram. Aku hampir menyerah, namun tak kulakukan. 

Tuesday, 16 December 2014

Reading Campaign : Cerita Rakyat 33 Provinsi







Kemarin aku membaca buku Kumpulan Cerita Rakyat 33 Provinsi karya Yustitia Angelia yang diterbitkan oleh Lingkar Media. Buku ini aku beli setahun yang lalu saat berada di dalam bus dalam perjalanan pulang kuliah. Sampulnya cukup menarik. Sejak kecil aku suka sekali membaca berbagai macam cerita rakyat. Sekarang pun masih tetap suka. 

Thursday, 13 November 2014

Tips tentang Kepribadian

Tips Meningkatkan Integritas Diri 
Mulai sekarang jadilah diri yg terintegritas - Jujur, tegas, disiplin

Tips meningkatkan semangat berprestasi 
Berusaha selalu menjadi no 1 terbaik. Kalau pun tidak, 3 terbaik. Kalau pun tidak bisa, anda akan masuk kumpulan orang terbaik karena sudah berniat menjadi yg terbaik. Selain itu, bergaullah dengan orang yg memiliki semangat berprestasi tinggi.


Sunday, 2 November 2014

Berita yang Membingungkan

Acara TV yang aku suka saat ini lebih ke reality show yang menginspirasi seperti Hitam Putih, DT3RONGSHOW, Kick Andy, dan MTGW. Sejak dulu aku tidak suka melihat acara berita, namun sesekali aku masih melihat acara berita untuk mengupdate perkembangan terkini. Dahulu berita yang disampaikan antara TV yang satu dengan yang lainnya tidak berbeda, tidak membuat bingung seperti sekarang. Acara berita yang dulu benar-benar memberitakan apa yang sebenarnya terjadi tanpa bermaksud menyudutkan salah satu pihak.

Tuesday, 23 September 2014

Kolesterol dalam Makanan



Kolesterol normal dalam darah adalah 160-200 mg. Kolesterol tinggi akan membuat penyakit mendadak seperti hipertensi, jantung, stroke, dan kematian. 

Daftar Kandungan Kolesterol dari 100 gr Makanan

Sunday, 21 September 2014

Grup Facebook yang Lagi Hits saat Ini




Grup facebook  yang saat ini lagi ngehits banget yaitu grup Hits From The 80s & 90s . Grup ini berdiri sejak tanggal 5 September 2014. Grup yang berusia belum genap satu bulan ini diprakarsai oleh kak  Nicko Krisna. Sperti namanya, grup ini merupakan tempat untuk bernostalgia mengenang keasyikan masa lalu pada tahun 80 dan 90-an. Anggotanya mencapai lebih dari 100.000 orang. 

Saturday, 20 September 2014

Dibunuh karena Tidak Mau Balikan dengan Mantan

Ditemukan mayat seorang wanita berusia 20 tahun di jurang tepatnya daerah Jumapolo. Setelah diselediki ternyata wanita tersebut dibunuh oleh mantan kekasihnya yang dahulu dikenalnya melalui facebook. Motif pembunuhan tersebut karena sang gadis tidak mau diajak balikan untuk menjadi kekasihnya. Hal tersebut dikarenakan sang mantan kekasih telah menghamili empat wanita. Setelah diotopsi ternyata ditemukan tiga sidik jari yang artinya pembunuhan itu dilakukan oleh tiga orang dan telah direncanakan. Mantan kekasih yang telah membunuh gadis itu di temukan tewas di kamar mandi setelah meminum racun. Dua orang yang belum diketahui identitasnya masih dilakukan pengejaran.

Monday, 23 June 2014

35 Langkah Menuju Wisuda



Setelah tanggal 20 Juni sidang pendadaran dan dinyatakan lulus, maka saatnya memulai start 35 langkah menuju wisuda. Semoga masih bisa ikut wisuda September. And, this is it:

Friday, 20 June 2014

Emak, Akhirnya Sidang Pendadaran Juga!

Alhamdulillah, akhirnya hari ini, moment yang ditunggu-tunggu datang juga. SIDANG PENDADARAN SKRIPSI. Setelah berkutat mengerjakan skripsi selama 6 bulan, akhirnya bisa selesai juga. Ternyata tak semenyeramkan seperti yang kupikirkan. Selalu ingat kata pak dosbim (Dosen Pembimbing), "yang penting PD". Selain itu, support dari orang tua, saudara, dan teman-teman sangat membantu. Membuatku menjadi lebih kuat dan tegar.
Dan ini juga selalu ku ingat:

Monday, 2 June 2014

Ngeblog Buat Refreshig? Why Not?

Dengan ngeblog aku bisa mengeluarkan sebagian uneg-unegku. Mengurangi beban pikiran yang mengganggu sambil menyalurkan ide-ide yang terlintas.

Teringat dengan sebuah kalimat :
"Tulislah apa yang kamu pikirkan. Bila tidak kamu tulis apa yang kamu pikirkan, semua itu akan menghilang, menguap, tak berbekas."

Saturday, 31 May 2014

Mencoba Berbesar Hati

Saat yang terjadi tak seperti yang dinginkan, rasa kecewa yang mendalam tentu akan mendera. Namun, apakah hidup akan berakhir bila yang kamu impikan tak terjadi. Orang bilang banyak jalan menuju Roma. Ya, mau lewat darat, air, udara, semua bisa. Meski setiap jalan akan mempunyai cerita yang berbeda. Hanya berbesar hati dan tawakallah yang mampu menguatkan. Sabar dan sholat. Ketika kita mengepalkan tangan, terdapat bagian yang tak mampu tergenggam. Itulah bagian takdir dari Allah. Kita berusaha dan berdoa sekuat tenaga, tetapi ada takdir yang tak bisa kita genggam. Ada hal-hal yang berada di luar kuasa manusia.

Friday, 30 May 2014

Filosofi Roda yang Terlupakan


Sering kita dengar, "Hidup itu bagai roda yang berputar". Kita mengetahui artinya. Hidup seperti roda yang berputar. Kadang di atas. Kadang di bawah. Tetapi, apakah kita hanya sekedar tahu atau benar-benar bisa memahami dan menerapkan maknanya?

Itulah yang mungkin kini sedang dialami sebagian orang. Mereka dalam keadaan terpuruk, putus asa, dan tak berdaya. Terlebih bila terjadi pada orang yang sebelumnya hidup nyaman, berada di atas/ puncak roda. Tak sedikit yang jiwa, pikiran, dan hatinya tergoncang. Mereka lupa tentang filosofi roda yang berputar. Seakan dunia akan kiamat karena merasa terpuruk.

Wednesday, 9 April 2014

Cerita Pemilu Hari Ini

"Mah, oblos, oblos. Okar ma, okar. Okowi ma, okowi," kata anak tetanggaku yang semangat sekali mengikuti ibunya menunggu giliran untuk mencoblos. Anak yang sekecil itu baru usia 3 tahun dan masih digendong itu tau dan semangat tentang pemilu dari tayangan-tayangan di tv. Semoga kelak kamu jadi pemimpin bangsa yg arif ya dheg...

Monday, 7 April 2014

Hanya Allah

ketika tak lagi ada harap, hanya Allah tempat bergantung
ketika tak lagi ada kekuatan, hanya Allah yg mampu menguatkan
ketika kosong kupandang, hanya Allah yg mampu terbayang
Allah satu-satunya harapan, Allah satu-satunya tempat bergantung, Allah satu-satunya kekuatan, Allah satu-satunya keyaakinan,
berprsangka baik pada Allah yang bisa ku lakukan...

Sunday, 6 April 2014

Lirik Lagu-Wonogiri Sukses

Wonogiri aman makmur dan sejahtera
Wonogiri sukses semboyan kita
Stabilitas mantap tanpa hambatan
Undang-undang kita patuhi
Koordinasi keterpaduan
tuk mencapai sasaran yang tepat
Evaluasi untuk berdaya guna
Semangat juang kekuatan kita
Wonogiri sukses . . . .

Saturday, 5 April 2014

Tips agar Tidak Mabuk Perjalanan

Tipsnya sangat mudah dan simpel yaitu membawa bekal buah salak. Tentunya untuk dimakan. Buah salak mengandung senyawa yang dapat mencegah seseorang mabuk perjalanan. Bila sudah terlanjur mabuk perjalanan, buah salak dapat diberikan agar tidak mabuk lagi.
Selain itu hal-hal yang perlu diperhatikan agar tidak mabuk perjalanan yaitu:
1. Istirahat yang cukup sebelum bepergian.
2. Tidak makan telur atau minum susu.
3. Pakai minyak angin atau koyok sebelum bepergian dan jangan lupa bawa selalu.
4. Pakai jaket dan kaos kaki kalau ber AC.
Sekian sedikit tips dari saya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Dan yang pualing penting BERDOA.

Friday, 4 April 2014

sambal item manis

bahan:
2 siung bawang merah
1 cabai rawit
garam
kecap

cara membuat:
1. haluskan bawang merah, cabe, dan garam.
2. tambahkan sedikit kecap.
3. siap dihidangkan.

Thursday, 3 April 2014

Kepala Ayam Goreng

Bahan:
Kepala ayam
Ketumbar
Bawang putih
Garam
Air
Minyak goreng

Cara membuat:
1. Rebus air, setelah mendidih masukkan kepala ayam. Rebus hingga matang. Angkat dan tiriskan.
2. Haluskan bawang putih, ketumbar dan garam. Setelah halus beri sedikit air.
3. Campurkan bumbu dengan ayam. Campur hingga merata. Diamkan beberapa menit agar bumbu meresap.
4. Panaskan minyak. Gorenga kepala ayam hingga kecoklatan kecoklatan.
5. Kepala ayam goreng siap disantap.

Wednesday, 2 April 2014

Tak Ada Cabai Merica pun Jadi-Telur Dadar Merica Menari

Harga cabai kian melambung. Hingga kemarin kehabisan cabai rawit. Mau beli di warung sampai kehabisan. Sudah menjadi kebiasaan kalau membuat telur dadar diberi irisan cabai rawit merah. Selain menambah rasa dan menambah pedas juga untuk menghilangkan rasa amis. Berhubung kehabisan cabai rawit merah, akhirnya diganti dengan merica. Karena pakai merica dan tidak pakai cabai rawit, bawang merahnya tidak jadi dipakai. Ini dia resepny:

Tuesday, 1 April 2014

Resep Makanan-Martabak Mie Special

Bahan:
Air
1 bungkus mie instan goreng
1 butir telur
2 helai daun bawang, iris tipis
2 siung bawang merah, iris tipis
1 siung bawang putih, iris tipis
garam secukupnya
Minyak goreng
saos sambal
kecap manis

Monday, 31 March 2014

Cara Menulis Blog melalui HP

1. buka aplikasi internet
2. pada address bar ketik www.blogger.com/blog-this.g
3. masukkan alamat email dan password
4. tulis apa yang ingin ditulis
5. klik terbitkan entri untuk menerbitkan

Sunday, 30 March 2014

Orak Arik TElur Simple

Bahan:
3 butir Telur
Minyak goreng
Bawang merah, iris tipis
Bawang putih, iris tipis
Cabai rawit, iris tipis
Daun bawang
Garam secukupnya
Royco secukupnya
kecap manis

Monday, 24 March 2014

Penyuluhan PMS dan HIV AIDS


Sabtu, 22 Maret 2014, mahasiswa Fakultas Kedokteran UNS bekerjasama dengan Puskesmas 1 Wonogiri melakukan penyuluhan PMS (Penyakit Menular Seksual) dan HIV AIDS (Human Immunodeficiency Virus Infection Acquired Immunodeficiency Syndrome ) pada remaja kelurahan Wonoboyo, kecamatan Wonogiri, kabupaten Wonogiri. 

Monday, 17 February 2014

Emak, Akhirnya Seminar Proposal Juga!

Alhamdulillah, setelah beberapa kali ganti judul, selama satu bulan (bulan Desember) ganti-ganti judul, dan hampir dua bulan menyusun proposal, akhirnya, hari ini aku seminar proposal skripsiku.

Sunday, 12 January 2014

Teladan Seorang Tukang Becak

Di sela-sela waktu beliau menunggu penumpang menghampiri, beliau terlihat asyik dengan peluitnya. Apa yang sedang beliau lakukan? Ternyata beliau sedang membantu orang-orang menyebrang. Baik yang jalan kaki maupun yang naik kendaraan. 
sungguh mulia hati tukang becak itu. Tak seperti polisi-polisi cepek yang sering ditampilkan dalam berita-berita di televisi. Beliau tak mendapatkan imbalan apapun. Beliau juga tak pernah mengharap imbalan apapun.