Wednesday, 24 December 2014

Asam Manis 2014

Penulis : Fico Fachriza
Penerbit : Bukune
Tahun Terbit : 2014
ISBN : 602-220-138-1
Jumlah Halaman : 178 Halaman

Sinopsis:
“Tes, tes!”

Gue ngecek mic sambil lirik-lirik malu ke penonton.

“Halo nama gue Fico dan ini kali pertama gue open mic.”

Penonton tepuk tangan. Wuisss…, percaya diri gue naik. Gue langsung masuk bit pertama.

"Menurut gue, kecap sering diremehkan. Padahal penting, loh! Kalo nggak ada kecap, bisa-bisa nasi uduk sama nasi goreng ketukar. Kasihan nasi uduk yang sudah dengki banget sama nasi goreng karena lebih dulu go international."

Hening.

Penonton sibuk masing-masing. Ada yang tidur, ada yang baca koran, ada yang nidurin koran, Gue udah kayak loper koran di lampu ijo.

Nggak dianggep dan ditelan asap knalpot.
***
Seperti martabak lezat yang terbuat dari perpaduan bahan masakan, cerita Fico pun dibentuk dari banyak cerita. Telur itu seperti Fico yang lucu dan bundar. Baking powder-lah membuatnya mengembang. Taburan cokelat keju memberi rasa manis dan asin dalam hidupnya. Semua itu dicampur dan diolah menjadi ‘Martabak Asam Manis’ yang gurih-gurih enyoy.

Sekarang, yuk, kita nikmati hidangan ala Deena. Bon appetit!
******


Sepanjang tahun 2014 ini banyak sekali peristiwa yang terjadi. Dari mulai asam, manis, sampai yang pahit sekalipun. Di awal tahun 2014 aku harus berjuang menyusun proposal skripsiku. Butuh waktu dua bulan untuk menyelesaikannya hingga sampai seminar proposal (17 Februari 2014). Satu tanggungan terlewati. Selanjutnya, aku harus berjuang melakukan penelitian dan menyelesaikan laporan skripsiku. Tak mudah. Pelik. Rumit. Suram. Aku hampir menyerah, namun tak kulakukan. 


Maret terlewati, April terlewati, Mei terlewati, dan aku belum juga sidang skripsi. Aku harus mengubur dan merelakan satu mimpiku yaitu bisa wisuda Juni 2014. Aku mundur selangkah. Ya walaupun aku tidak bisa wisuda Juni 2014 setidaknya aku bisa wisuda di tahun 2014. Entah itu pada bulan September atau Desember. 

Akhirnya pada hari Jumat tanggal 20 Juni 2014 aku berhasil lulus dalam sidang skripsi. Hal yang sangat bersejarah bagiku dan keluargaku adalah pada hari Sabtu tanggal 6 September 2014. Pada hari itu aku wisuda dan mendapatkan gelar sarjana. Aku bersyukur mimpiku untuk wisuda di tahun 2014 telah tercapai.

Setelah wisuda aku melengkapi berkas-berkas untuk pendaftaran CPNS. Waktunya mepet sekali. Nasibku benar-benar seperti diujung tanduk. Setiap hari aku selalu berdoa agar pendaftaran CPNS diundur jadi aku bisa ikutan. Doaku terkabul, aku bisa mengikuti tes CPNS pada hari Sabtu tanggal 15 November 2014. 

Senin, 1 Desember 2014, adikku mengalami kecelakaan. Tulang selangkanya patah. Hatiku hancur saat itu. Andai aku melarangnya pergi saat itu mungkin adikku takkan terluka. Adikku yang kusayang harus merasakan luka seperti itu dan pada saat itu adikku akan menghadapi tes semester gasal. Aku cemas sekali. Aku mencoba untuk selalu percaya pada kemampuan adikku. Rasanya campur aduk. Aku juga cemas dengan pengumuman tes CPNS. Tanggal 19 Desember 2014, pengumuman tes CPNS seJateng. Aku diterima di Kabupaten Pati.

Tahun 2014 adalah tahun yang luar biasa. Sebagian impianku di tahun 2014 terwujud dan aku bersyukur diberi kekuatan sehingga bisa melaluinya. Semua tak kan bisa terjadi tanpa ridha dari Allah SWT. Aku berharap Allah selalu memberiku kekuatan untuk menjalani kehidupan ini. Selain itu aku juga berterima kasih kepada semua orang yang berada di dalamnya. Semoga impianku yang lainnya yang belum terwujud di tahun 2014 bisa terwujud di tahun 2015. Aamiin. 


"Mari bersemangat mencapai impian di tahun baru, nikmati prosesnya baik pahit, asam sampai manis."



2 comments:

  1. ah senangnyaaa...pengen ketularan lulus tes cpns juga deh :') selamat yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga cepet ketularan ya mbakkk,,, semangat teruss,,, :)

      Delete

Yuk, tinggalkan jejak dengan berkomentar...