Tuesday, 16 December 2014

Reading Campaign : Cerita Rakyat 33 Provinsi







Kemarin aku membaca buku Kumpulan Cerita Rakyat 33 Provinsi karya Yustitia Angelia yang diterbitkan oleh Lingkar Media. Buku ini aku beli setahun yang lalu saat berada di dalam bus dalam perjalanan pulang kuliah. Sampulnya cukup menarik. Sejak kecil aku suka sekali membaca berbagai macam cerita rakyat. Sekarang pun masih tetap suka. 


Dalam buku ini terdapat 33 cerita rakyat dari Aceh sampai Papua. Buku ini menambah pengetahuanku tentang cerita rakyat di Indonesia, seperti Asal Mula Negeri Lepur, Lahilote, Kutukan Raja Pulau Mintin, dan lain-lain. Beberapa dari cerita rakyat dalam buku ini seperti cerita Sangkuriang dan Timun Emas sudah aku ketahui ceritanya, namun aku rasa masih asyik-asyik saja untuk membacanya. Akan tetapi pada halaman 100, 108, dan 112 terdapat cerita yang terputus dan tidak ada endingnya. 

Seperti yang kita ketahui dalam sebuah cerita rakyat terdapat pesan-pesan moral yang bermanfaat bagi pembacanya. Pesan moral untuk berbakti kepada orang tua, lingkungan, serta bangsa dan negara. Cerita dalam buku ini dapat kita ceritakan kembali kepada anak cucu atau murid-murid kita kelak. Aku juga mempunyai cita-cita suatu saat nanti aku bisa menerbitkan buku yang berisi tentang cerita anak. Cerita yang layak dibaca untuk anak-anak. 

Reading Campaign

2 comments:

  1. wahh.. kayanya noted banget buat di beli ya mak.. buat si hana - chan nantinya klo udah bisa baca. sama kaya saya dulu sering baca buku2 dongeng nusantara. lebih baik mengenalkan bacaan ke anak daripada gadget.
    semoga cita2 mak untuk menerbitkan buku anaknya terealisasi ya... XDD

    ReplyDelete
    Replies
    1. buku2 dongeng juga dapat membantu membentuk karakter anak mak,,,sehingga anak mampu membedakan mana yg baik dan yg buruk,,apalagi bila dalam membaca dongeng ditemani orang tua,,dan orang tua bisa mengeksplor kemampuan anak dengan bertanya sesuai isi cerita dan menghubungkannya dengan berbagai hal,,,, :)

      Delete

Yuk, tinggalkan jejak dengan berkomentar...