Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Lirik dan Makna Lagu Lesung Jumengglung dari Jawa Tengah

Lirik Lagu Lesung Jumengglung

Lesung jumengglung
Sru imbal imbalan
Lesung Jumengglung
Maneter mangungkung
Ngumandang ngebeki sakjroning padesan
Tok tok tek tok Tok gung tok Tok tek tok tek tok gung
Tok tok tek tok Tok gung tok Tok tek tok tek tok gung

Cipt. Ki Narto Sabdo

Untuk lebih jelasnya lihat video di bawah ini:



Makna lagu Lesung Jumengglung:
Lesung adalah alat tradisional untuk menumbuk gabah (padi) untuk menjadi beras. Dengan lesung dapat memisahkan kulit gabah sehingga menjadi beras. Lesung terbuat dari kayu yang berbentuk seperti perahu dan sebuah tongkat.
Ketika menumbuk padi menggunakan lesung akan mengeluarkan bunyi yang nyaring. Apalagi jika dilakukan bersama-sama. Bunyi yang terdengar seperti bersahutan. Bunyi yang bersahutan tersebut menambah semarak pedesaan. Itulah makna lagu Lesung Jumengglung.

Deena Setyowati
Deena Setyowati Just wanna write what I want to write . . .

1 comment for "Lirik dan Makna Lagu Lesung Jumengglung dari Jawa Tengah"

  1. perkenankan saya tambahkan, saya orang jawa asli. sebelum tahun 1974an, belum ada selepan padi. untuk mendapatakan beras dari panen sendiri, simbok2 NUTU (menumbuk padi) pada lesung seperti pada gambar dia di atas. betul memakai semecam tongkat, namanya ALU. Hasil dari NUTU yaitu beras, menir (beras kecil2), dan katul. NUTU itu biasanya dilakukan oleh simbok2. Kaum lelaki jarang yang NUTU. Padahal NUTU itu butuh tenaga yang eksttra kuat. Demikian tambahan saya sebagai orang jawa terkait dengan LESUNG dan ALU. Monggo juga dipun browse LAGU LUMBUNG DESA.

    ReplyDelete