Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) DARING Kelas 2 Tema 7 Subtema 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SD Negeri
Kelas /Semester : 2
/ 2 (dua )
Tema : 7. Kebersamaan
Subtema 2 : Kebersamaan di Rumah
Pembelajaran ke- : 1
Alokasi Waktu : 1 hari
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) DARING Kelas 1 Tema 8 Subtema 1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) DARING Kelas 3 Tema 7
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) DARING Kelas 2 Tema 8
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) DARING Kelas 3 Tema 7
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) DARING Kelas 2 Tema 8
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat,
membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di
sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis
dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa
Indonesia
Kompetensi
Dasar
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
3.8 Menggali informasi
dari dongeng binatang (fabel) tentang sikap hidup rukun dari teks lisan dan
tulis dengan tujuan untuk kesenangan
|
3.8.1. Tulisan tegak bersambung
dalam cerita dengan memperhatikan
penggunaan huruf kapital (awal
kalimat, nama bulan dan hari, nama orang) serta mengenal tanda titik pada
kalimat berita dan tanda tanya pada kalimat tanya
|
4.8 Menceritakan
kembali teks dongeng binatang (fabel) yang menggambarkan sikap hidup rukun
yang telah dibaca secara nyaring sebagai bentuk ungkapan diri
|
4.7.1
Menuliskan pengalaman yang berkaitan dengan keselamatan diri di rumah dengan
tulisan tegak bersambung menggunakan huruf kapital dan tanda baca yang tepat
penuh kejujuran
|
Matematika
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.7.1. Membuat bangun datar yang menggambarkan
pecahan ½, 1/3, dan ¼ kemudian mewarnai sesuai keinginan dan membentuknya
menjadi benar
|
|
4.7
Menyajikan pecahan
dan
yang bersesuaian dengan bagian dari keseluruhan suatu benda konkret
dalam kehidupan sehari-hari.
|
4.7.1 Melakukan Pecahan 1/2, 1/3 ,
dan 1/4 menggunakan benda-benda
konkret.
|
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Dengan mengamati gambar yang dikirim lewat WA grup,
siswa dapat menentukan pecahan setengah.
2.
Dengan mengamati gambar yang dikirim lewat WA grup,
siswa dapat menentukan pecahan sepertiga.
3.
Dengan mengamati gambar yang dikirim lewat WA grup,
siswa dapat menentukan pecahan seperempat..
4.
Dengan mendengarkan dongeng, siswa mampu menulis
kata sapaan dalam dongeng dengan benar.
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Kelas daring dibuka dengan salam, menyakan
kabar, dan mengecek kehadiran siswa secara daring dan menyampaikan kegiatan
hari ini.
2.
Kelas daring dilanjutkan dengan berdoa dipimpin
oleh seorang siswa ( Menghargai kedisiplinan siswa / PPK)
3.
Memberikan penguatan tentang pentingnya
menanamkan semangat nasionalisme dengan memberi saran untuk tetap belajar di
rumah.
4.
Mengingatkan untuk terbiasa membaca / menulis/
mendengarkan /berbicara / praktek materi non pelajaran. Sebelum memberikan
tugas, guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi.
5.
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari
pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari
|
15 menit
|
Kegiatan inti
|
1.
Guru memberikan teks pendek dongeng melalui WA
grup kelas
2.
Guru menjelaskan contoh kata sapaan pada dongeng.
3.
Guru menjelaskan secara online tentang kata
sapaan.
Kata sapaan adalah kata yang digunakan untuk menegur sapa
orang yang diajak berbicara (orang kedua) atau menggantikan nama orang
ketiga. Kata sapaan ini harus ditulis dengan huruf kapital, baik dalam
kalimat dialog
4.
Siswa menemukan kata sapaan dalam teks dongeng
tersebut.
5.
Siswa mencoba membuat kartu pecahan dengan
bantuan orangtua di rumah
6.
Siswa mengirimkan foto hasil karyanya melalui
aplikasi WhatsApp.
7.
Siswa menjelaskan mengenai pecahan yang telah
mereka buat
8.
Guru mengirim gambar berbagai pecahan dan soal
yang harus dikerjakan siswa
9.
Siswa memfoto pertanyaan dan jawabannya dan
mengirimkan ke guru melalui WA/Japri
10.
Guru memeriksa hasil pekerjaan siswa dan
memberikan penjelasan jika ada yang masih salah
|
|
Penutup
|
1.
Siswa mampu mengemukakan hasil belajar hari ini
2.
Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3.
Memberikan pesan tentang bagaimana mencegah
penularan Covid-19
|
15 menit
|
D. METODE
Pembelajaran
Daring dan Luring
E. MEDIA/ALAT,
BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
Media/Alat : 1. Smartphone
(WA)
2. Lingkungan sekitar.
Bahan : -
Sumber Belajar : 1. Buku Guru dan Buku
Siswa Kelas 2, Tema 6: Panas dan
Perpindahannya. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
F.
PENILAIAN
Penilaian Pengetahuan : Tes Tulis (Hasil tugas
siswa)
Penilaian Keterampilan : Keaktifan dalam melaporkan proses kegiatan
LEMBAR KERJA
PESERTA DIDIK
Nama :
.....................................
No
|
Kata Sapaan dalam Teks dongeng
|
Pilihlah pecahan berikut sesuai
gambarnya dengan memberi tanda centang (√)!
rpp kelas 2 sd tema 7
rpp k13 kelas 2 sd tema 7
rpp k13 kls 2 tema 7
rpp daring
rpp bdr
rpp kelas 2 tema 7
rpp kelas 2 sd tema7
rpp kelas 2 tema 7 k13
rpp online learning
rpp online gratis
rpp pembelajaran online
rpp online sd
contoh rpp online
rpp guru online
rpp daring sd kelas 5
rpp daring sd kelas 3
contoh rpp daring sd
rpp daring kelas 2 sd
rpp online gratis
rpp online
laporan pembelajaran online guru
laporan pembelajaran online doc
laporan pembelajaran online smp
laporan pembelajaran online sma
contoh laporan pembelajaran online
contoh laporan pembelajaran online sd
contoh laporan pembelajaran online smp
cara membuat laporan pembelajaran online
laporan daring sd kelas 6
laporan daring sd kelas 3
contoh laporan daring sd
laporan pembelajaran daring sd
laporan kbm daring sd
laporan daring guru sd
laporan daring pjok sd
laporan belajar daring sd
contoh laporan pembelajaran daring sd
contoh laporan daring guru sd
contoh laporan pembelajaran daring sd kelas 4
contoh laporan kbm daring sd
contoh laporan pembelajaran daring sd kelas 1
contoh laporan daring pai sd
format laporan pembelajaran daring sd
laporan kegiatan pembelajaran daring sd
laporan daring kelas 2 sd
laporan pembelajaran daring pai sd
contoh laporan pembelajaran daring siswa sd
contoh laporan daring kepala sekolah sd
laporan pembelajaran daring kelas 3 sd
rpp kelas 1 tema 8
rpp kelas 1 sd tema 8
rpp kls 1 tema 8
rpp tematik kelas 1 tema 8
rpp k13 kelas 1 tema 8
rpp kelas 1 tema 8 sub tema 1
rpp kelas 1 tema 8 revisi 2017
rpp kelas 1 sd tema 8
rpp kls 1 tema 8
rpp tematik kelas 1 tema 8
rpp k13 kelas 1 tema 8
rpp kelas 1 tema 8 sub tema 1
rpp kelas 1 tema 8 revisi 2017
rpp daring kelas 2 sd
rpp daring kelas 5 semester 2
rpp daring kelas 5 semester 2
Post a Comment for "Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) DARING Kelas 2 Tema 7 Subtema 2 "
Yuk tinggalkan jejak dengan berkomentar