Soal CPNS Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Pedagogik
Butir Soal 1
Pernyataan
di bawah ini merupakan karakteristik perkembangan peserta didik SD/MI ditinjau
dari aspek fisik, kecuali ....
a. menunjukkan variasi yang besar pada tinggi dan
berat badan
b. memiliki keterampilan fisik untuk memainkan
permainan
c. penambahan-penambahan dalam kemampuan
motorik halus
d. memiliki kemampuan dalam mengangkat beban
yang berat
Kunci Jawaban
D
Penjelasan
Karakteristik
perkembangan peserta didik SD/MI ditinjau dari aspek fisik antara lain: mulai kehilangan gigi bayi, namun tumbuh gigi
baru, memiliki dorongan dan energi secara eksplosif, mengulang kembali
keterampilan-keterampilan secara tuntas, dan menyenangi olahraga secara
kelompok. Jadi memiliki kemampuan dalam mengangkat beban yang berat, bukan
merupakan karakteristik perkembangan aspek fisik anak usia SD.
Butir Soal 2
Kreativitas
merupakan salah satu karakteristik perkembangan intelektual siswa SD, yang
artinya kemampuan untuk ….
a. memecahkan masalah-masalah dalam kehidupan sehari-hari
yang sering dilakukan dan menghasilkan kepuasan kepada dirinya sendiri dan
orang lain
b. penalaran yang menggunakan logika-logika yang
dapat diterima oleh semua orang dan menghasilkan penyelesaian persoalan untuk
mengambil keputusan
c. berfikir tentang sesuatu dengan suatu cara
yang baru dan tidak
biasa serta
menghasilkan penyelesaian yang unik terhadap berbagai persoalan
d. mengembangkan ide-ide secara cerdas dalam
rangka penyelesaian masalah-masalah yang dihadapi dalam kehidupan masa sekarang
maupun masa yang akan datang
Kunci Jawaban
C
Penjelasan
Kreativitas
merupakan salah satu karakteristik perkembangan aspek intelektual siswa SD.
Menurut Hurlock, kreativitas adalah kemampuan untuk berfikir tentang sesuatu
dengan suatu cara yang baru dan tidak biasa serta menghasilkan penyelesaian
yang unik terhadap berbagai persoalan.
Butir Soal 3
Pernyataan
di bawah ini yang merupakan karakteristik perkembangan peserta didik SD/MI
ditinjau dari aspek sosial adalah ....
a. mulai menyukai teman sebaya sesama jenis
b. berperan serta dalam permainan logika
c. menyukai teman sebaya lawan jenis
d. dapat bekerja dalam durasi waktu yang lama
Kunci Jawaban
A
Penjelasan
Karakteristik
perkembangan peserta didik SD/MI ditinjau dari aspek sosial antara lain: mulai dapat bekerja sama dalam kelompok,
memiliki keasyikan sendiri, dapat beradu argumentasi, dan menyukai teman sebaya
sesama jenis. Jadi, mulai menyukai teman sebaya sesama jenis, berperan serta
dalam permainan logika, dan menyukai teman sebaya lawan jenis bukan merupakan
karakteristik perkembangan peserta didik usia SD.
Butir Soal 4
Pernyataan
di bawah ini merupakan karakteristik perkembangan peserta didik SD/MI ditinjau
dari aspek emosional, kecuali ....
a. kesulitan memulai sesuatu, tetapi jika
berhasil akan bertahan sampai akhir
b. menampakkan marah apabila mengalami kesulitan
di sekolah
c. mulai muncul perasaan simpati kepada orang
yang lebih dewasa
d. memiliki rasa humor yang diekspresikan dalam
lelucon praktis
Kunci Jawaban
C
Penjelasan
Menurut
Hurlock, karakteristik perkembangan emosional anak usia SD
antara lain:
kesulitan memulai sesuatu tetapi jika berhasil akan bertahan sampai akhir,
menampakkan marah apabila mengalami kesulitan di sekolah, memiliki rasa humor
yang diekspresikan dalam lelucon praktis, dan memiliki rasa sensitif dan mudah
tersinggung dalam intensitas yang ringan. Jadi, mulai muncul perasaan simpati
kepada orang yang lebih dewasa bukan merupakan karakteristik perkembangan
emosional anak usia SD
Butir Soal 5
Perkembangan
perilaku moral dan perkembangan konsep moral merupakan fase-fase perkembangan
moral yang harus dicapai seorang anak. Pada fase perkembangan perilaku moral, seorang
anak belajar melalui cara-cara berikut, kecuali ….
a. coba-ralat (trial and error)
b. pendidikan langsung,
c. identifikasi
d. observasi
Kunci Jawaban
D
Penjelasan
Menurut
Hurlock, perkembangan moral anak terdiri atas dua fase, yakni: fase pertama,
perkembangan prilaku moral dan fase kedua, perkembangan konsep moral.
Metode-metode yang digunakan agar anak mengalami fase perkembangan perilaku
moral terdiri atas coba- ralat (trial and error), pendidikan langsung, dan
identifikasi.
Butir Soal 6
Pada anak
usia sekolah dasar sering disebut ‘usia berkelompok’. Pernyataan tersebut
menunjukkan karakteristik perkembangan anak dalam aspek ….
a. sosial
b. moral
c. intelektual
d. emosional
Kunci Jawaban
A
Penjelasan
Hurlock,
menyatakan bahwa karakteristik perkembangan aspek sosial anak usia SD, antara
lain: anak berminat dalam kegiatan dengan teman sebaya, ingin menjadi bagian
dari kelompok yang mengharapkan untuk dapat menyesuaikan diri dengan nilai dan
perilaku, serta minat para anggota kelompok. Berdasarkan karakteristik
perkembangan sosial tersebut, usia ini disebut juga ‘usia berkelompok’
Butir Soal 7
Pada mata
pelajaran PKn, salah satu minat siswa usia sekolah dasar yang dapat
teridentifikasi dalam proses pembelajaran adalah minat terhadap ….
a. masalah sosial
b. bidang olahraga
c. tubuh manusia
d. kesehatan manusia
Kunci Jawaban
A
Penjelasan
Menurut
Hurlock minat anak usia SD antara lain terdiri atas: minat terhadap tubuh,
minat terhadap kesehatan tubuh, minat terhadap sekolah, minat terhadap status
dan simbol, minat terhadap penampilan, minat terhadap masalah sosial, dsb.
Dalam pembelajaran mata pelajaran PKn merupakan salah satu cara guru untuk
mengidentifikasi minat siswa terhadap masalah sosial. Substansi kajian dalam
mata pelajaran PKn sangat berhubungan dengan minat-minat siswa terhadap masalah
sosial, bukan bidang olahraga, atau kesehatan/tubuh manusia.
Butir Soal 8
Dalam proses
pembelajaraan Matematika, khususnya ketika guru mengaitkan materi pelajaran
dengan kebutuhan hidup sehari-hari maka guru telah berupaya agar pembelajaran
memungkinkan bagi guru untuk mengidentifikasi minat siswa terhadap ….
a. kesehatan
b. status
c. penampilan
d. pekerjaan
Kunci Jawaban
D
Penjelasan
Menurut
Hurlock minat siswa antara lain terdiri atas minat terhadap tubuh, minat
terhadap kesehatan, minat terhadap sekolah, minat terhadap status, minat
terhadap pekerjaan di masa depan, minat terhadap penampilan, minat terhadap
masalah sosial, dsb. Pembelajaran mata pelajaran Matematika, khususnya ketika
guru mengaitkan konsep atau kegunaan matematikan dengan kehidupan sehari-hari
memungkinkan guru untuk mengidentifikasi minat-minat siswa terhadap pekerjaan
di masa datang.
Butir Soal 9
Ketika dalam
pembelajaran Bahasa Indonesia, ketika ada siswa yang sangat antusias
memerankan tokoh dongeng atau cerita rakyat yang disukai berarti guru telah menyajikan
bahan pelajaran dengan menarik, dengan demikian guru dapat mengindentifikasi
minat siswa terhadap
….
a. penampilan
b. pekerjaan
c. sekolah
d. status
Kunci Jawaban
C
Penjelasan
Menurut
Hurlock minat siswa antara lain terdiri atas minat terhadap tubuh, minat
terhadap kesehatan, minat terhadap sekolah, minat terhadap pekerjaan di masa
depan, minat terhadap status dan simbol, minat terhadap penampilan, dsb. Dalam
proses pembelajaran, Bahasa Indonesia ketika ada siswa yang sangat antusias
memerankan tokoh dongeng atau cerita rakyat yang disukai, berarti guru telah
menyajikan bahan pelajaran dengan menarik. Dengan demikian, bahan pelajaran
yang menarik tersebut dapat mengindentifikasi minat siswa terhadap sekolah.
Minat anak terhadap sekolah secara positif cenderung mempengaruhi sikap dan
minat anak terhadap sekolah.
Butir Soal 10
Dalam proses pembelajaran tentang kompetensi dasar:
‘mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat
(makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat)’, guru tampak dapat
mengidentifikasi siswa yang selalu
bertanya dan mampu
membuat laporan tentang apa saja yang diminatinya dengan sangat baik.
Berdasarkan uraian di atas, dapat dikatakan bahwa guru dapat mengidentifikasi
minat siswa terhadap …
a. seks
b. penampilan
c. kesehatan
d. pekerjaan
Kunci Jawaban
C
Penjelasan
Menurut
Hurlock minat siswa antara lain terdiri atas minat terhadap tubuh, minat
terhadap kesehatan, minat terhadap sekolah, minat terhadap pekerjaan di masa
depan, minat terhadap status dan simbol, minat terhadap penampilan, minat siswa
terhadap masalah sosial, dsb. Dalam pembelajaran mata pelajaran IPA, khususnya
tentang kompetensi: ‘mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan
kuat (makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat)’, ketika ada siswa yang
yang selalu bertanya, kemudian mampu membuat laporan
tentang apa
saja yang diminatinya dengan sangat baik maka guru dapat mengidentifikasi minat
siswa terhadap kesehatan.
Halaman Selanjutnya >>
soal skb pedagogik pdf
soal skb pedagogik guru sd
soal skb pedagogik guru smp
soal skb pedagogik guru bahasa inggris
soal skb pedagogik guru sma soal skb pedagogik guru pai
soal skb pedagogik cpns
soal skb pedagogik cpns 2019
soal skb pedagogik guru
contoh soal skb pedagogik
soal pedagogik skb
soal pedagogik skb cpns 2018
soal pedagogik skb cpns pdf
contoh soal skb pedagogik guru
contoh soal skb pedagogik guru sd
contoh soal pedagogik skb cpns 2018
contoh soal skb kompetensi pedagogik
download soal skb pedagogik
download soal skb pedagogik pdf
tes skb pedagogik
soal skb farmasi
soal skb pedagogik guru kelas
soal skb pai
soal soal skb pai
soal skb kompetensi pedagogik
soal skb kompetensi pedagogik guru
soal skb matematika
materi skb pedagogik
materi pedagogik tes skb
soal skb tentang pedagogik
soal tes skb pedagogik
contoh soal pedagogik skb
Mantap
ReplyDelete