Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Soal CPNS Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Pedagogik




Butir Soal 1
Pernyataan di bawah ini merupakan karakteristik perkembangan peserta didik SD/MI ditinjau dari aspek fisik, kecuali ....

a.   menunjukkan variasi yang besar pada tinggi dan berat badan
b.  memiliki keterampilan fisik untuk memainkan permainan
c.   penambahan-penambahan dalam kemampuan motorik halus
d.  memiliki kemampuan dalam mengangkat beban yang berat

Kunci Jawaban       
D

Penjelasan   
Karakteristik perkembangan peserta didik SD/MI ditinjau dari aspek fisik antara lain:  mulai kehilangan gigi bayi, namun tumbuh gigi baru, memiliki dorongan dan energi secara eksplosif, mengulang kembali keterampilan-keterampilan secara tuntas, dan menyenangi olahraga secara kelompok. Jadi memiliki kemampuan dalam mengangkat beban yang berat, bukan merupakan karakteristik perkembangan aspek fisik anak usia SD.

Butir Soal 2
Kreativitas merupakan salah satu karakteristik perkembangan intelektual siswa SD, yang artinya kemampuan untuk ….

a.   memecahkan masalah-masalah dalam kehidupan sehari-hari yang sering dilakukan dan menghasilkan kepuasan kepada dirinya sendiri dan orang lain
 b.  penalaran yang menggunakan logika-logika yang dapat diterima oleh semua orang dan menghasilkan penyelesaian persoalan untuk mengambil keputusan
 c.   berfikir tentang sesuatu dengan suatu cara yang baru dan tidak
biasa serta menghasilkan penyelesaian yang unik terhadap berbagai persoalan
 d.  mengembangkan ide-ide secara cerdas dalam rangka penyelesaian masalah-masalah yang dihadapi dalam kehidupan masa sekarang maupun masa yang akan datang

Kunci Jawaban       
C


Penjelasan   
Kreativitas merupakan salah satu karakteristik perkembangan aspek intelektual siswa SD. Menurut Hurlock, kreativitas adalah kemampuan untuk berfikir tentang sesuatu dengan suatu cara yang baru dan tidak biasa serta menghasilkan penyelesaian yang unik terhadap berbagai persoalan.


Butir Soal 3
Pernyataan di bawah ini yang merupakan karakteristik perkembangan peserta didik SD/MI ditinjau dari aspek sosial adalah ....

a.   mulai menyukai teman sebaya sesama jenis
b.  berperan serta dalam permainan logika
c.   menyukai teman sebaya lawan jenis
d.  dapat bekerja dalam durasi waktu yang lama

Kunci Jawaban       
A

Penjelasan   
Karakteristik perkembangan peserta didik SD/MI ditinjau dari aspek sosial antara lain:  mulai dapat bekerja sama dalam kelompok, memiliki keasyikan sendiri, dapat beradu argumentasi, dan menyukai teman sebaya sesama jenis. Jadi, mulai menyukai teman sebaya sesama jenis, berperan serta dalam permainan logika, dan menyukai teman sebaya lawan jenis bukan merupakan karakteristik perkembangan peserta didik usia SD.




Butir Soal 4
Pernyataan di bawah ini merupakan karakteristik perkembangan peserta didik SD/MI ditinjau dari aspek emosional, kecuali ....

a.   kesulitan memulai sesuatu, tetapi jika berhasil akan bertahan sampai akhir
b.  menampakkan marah apabila mengalami kesulitan di sekolah
c.   mulai muncul perasaan simpati kepada orang yang lebih dewasa
d.  memiliki rasa humor yang diekspresikan dalam lelucon praktis

Kunci Jawaban       
C

Penjelasan   
Menurut Hurlock, karakteristik perkembangan emosional anak usia SD
antara lain: kesulitan memulai sesuatu tetapi jika berhasil akan bertahan sampai akhir, menampakkan marah apabila mengalami kesulitan di sekolah, memiliki rasa humor yang diekspresikan dalam lelucon praktis, dan memiliki rasa sensitif dan mudah tersinggung dalam intensitas yang ringan. Jadi, mulai muncul perasaan simpati kepada orang yang lebih dewasa bukan merupakan karakteristik perkembangan emosional anak usia SD

Butir Soal 5
Perkembangan perilaku moral dan perkembangan konsep moral merupakan fase-fase perkembangan moral yang harus dicapai seorang anak. Pada fase perkembangan perilaku moral, seorang anak belajar melalui cara-cara berikut, kecuali ….

a.   coba-ralat (trial and error)
b.  pendidikan langsung,
c.   identifikasi
d.  observasi

Kunci Jawaban       
D

Penjelasan   
Menurut Hurlock, perkembangan moral anak terdiri atas dua fase, yakni: fase pertama, perkembangan prilaku moral dan fase kedua, perkembangan konsep moral. Metode-metode yang digunakan agar anak mengalami fase perkembangan perilaku moral terdiri atas coba- ralat (trial and error), pendidikan langsung, dan identifikasi.


Butir Soal 6
Pada anak usia sekolah dasar sering disebut ‘usia berkelompok’. Pernyataan tersebut menunjukkan karakteristik perkembangan anak dalam aspek ….

a.   sosial
b.  moral
c.   intelektual
d.  emosional

Kunci Jawaban       
A

Penjelasan   
Hurlock, menyatakan bahwa karakteristik perkembangan aspek sosial anak usia SD, antara lain: anak berminat dalam kegiatan dengan teman sebaya, ingin menjadi bagian dari kelompok yang mengharapkan untuk dapat menyesuaikan diri dengan nilai dan perilaku, serta minat para anggota kelompok. Berdasarkan karakteristik perkembangan sosial tersebut, usia ini disebut juga ‘usia berkelompok’

Butir Soal 7
Pada mata pelajaran PKn, salah satu minat siswa usia sekolah dasar yang dapat teridentifikasi dalam proses pembelajaran adalah minat terhadap ….

a.   masalah sosial
b.  bidang olahraga
c.   tubuh manusia
d.  kesehatan manusia

Kunci Jawaban       
A

Penjelasan   
Menurut Hurlock minat anak usia SD antara lain terdiri atas: minat terhadap tubuh, minat terhadap kesehatan tubuh, minat terhadap sekolah, minat terhadap status dan simbol, minat terhadap penampilan, minat terhadap masalah sosial, dsb. Dalam pembelajaran mata pelajaran PKn merupakan salah satu cara guru untuk mengidentifikasi minat siswa terhadap masalah sosial. Substansi kajian dalam mata pelajaran PKn sangat berhubungan dengan minat-minat siswa terhadap masalah sosial, bukan bidang olahraga, atau kesehatan/tubuh manusia.


Butir Soal 8
Dalam proses pembelajaraan Matematika, khususnya ketika guru mengaitkan materi pelajaran dengan kebutuhan hidup sehari-hari maka guru telah berupaya agar pembelajaran memungkinkan bagi guru untuk mengidentifikasi minat siswa terhadap ….

a.   kesehatan
b.  status
c.   penampilan
d.  pekerjaan

Kunci Jawaban       
D

Penjelasan   
Menurut Hurlock minat siswa antara lain terdiri atas minat terhadap tubuh, minat terhadap kesehatan, minat terhadap sekolah, minat terhadap status, minat terhadap pekerjaan di masa depan, minat terhadap penampilan, minat terhadap masalah sosial, dsb. Pembelajaran mata pelajaran Matematika, khususnya ketika guru mengaitkan konsep atau kegunaan matematikan dengan kehidupan sehari-hari memungkinkan guru untuk mengidentifikasi minat-minat siswa terhadap pekerjaan di masa datang.


Butir Soal 9
Ketika dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, ketika ada siswa yang sangat antusias memerankan  tokoh  dongeng atau cerita rakyat  yang disukai berarti guru telah menyajikan bahan pelajaran dengan menarik, dengan demikian guru dapat mengindentifikasi minat siswa terhadap
….

a.   penampilan
b.  pekerjaan
c.   sekolah
d.  status

Kunci Jawaban       
C

Penjelasan   
Menurut Hurlock minat siswa antara lain terdiri atas minat terhadap tubuh, minat terhadap kesehatan, minat terhadap sekolah, minat terhadap pekerjaan di masa depan, minat terhadap status dan simbol, minat terhadap penampilan, dsb. Dalam proses pembelajaran, Bahasa Indonesia ketika ada siswa yang sangat antusias memerankan tokoh dongeng atau cerita rakyat yang disukai, berarti guru telah menyajikan bahan pelajaran dengan menarik. Dengan demikian, bahan pelajaran yang menarik tersebut dapat mengindentifikasi minat siswa terhadap sekolah. Minat anak terhadap sekolah secara positif cenderung mempengaruhi sikap dan minat anak terhadap sekolah.
Butir Soal 10          
Dalam      proses      pembelajaran      tentang      kompetensi      dasar:
‘mengidentifikasi   kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat (makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat)’, guru tampak dapat mengidentifikasi siswa  yang  selalu  bertanya  dan  mampu  membuat laporan tentang apa saja yang diminatinya dengan sangat baik. Berdasarkan uraian di atas, dapat dikatakan bahwa guru dapat mengidentifikasi minat siswa terhadap …

a.   seks
b.  penampilan
c.   kesehatan
d.  pekerjaan

Kunci Jawaban       
C

Penjelasan   
Menurut Hurlock minat siswa antara lain terdiri atas minat terhadap tubuh, minat terhadap kesehatan, minat terhadap sekolah, minat terhadap pekerjaan di masa depan, minat terhadap status dan simbol, minat terhadap penampilan, minat siswa terhadap masalah sosial, dsb. Dalam pembelajaran mata pelajaran IPA, khususnya tentang kompetensi: ‘mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat (makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat)’, ketika ada siswa yang yang selalu bertanya, kemudian mampu membuat laporan
tentang apa saja yang diminatinya dengan sangat baik maka guru dapat mengidentifikasi minat siswa terhadap kesehatan.




Halaman Selanjutnya >>





soal skb pedagogik pdf
soal skb pedagogik guru sd
soal skb pedagogik guru smp
soal skb pedagogik guru bahasa inggris
soal skb pedagogik guru sma
soal skb pedagogik guru pai
soal skb pedagogik cpns
soal skb pedagogik cpns 2019
soal skb pedagogik guru
contoh soal skb pedagogik
soal pedagogik skb
soal pedagogik skb cpns 2018
soal pedagogik skb cpns pdf
contoh soal skb pedagogik guru
contoh soal skb pedagogik guru sd
contoh soal pedagogik skb cpns 2018
contoh soal skb kompetensi pedagogik
download soal skb pedagogik
download soal skb pedagogik pdf
tes skb pedagogik
soal skb farmasi
soal skb pedagogik guru kelas
soal skb pai
soal soal skb pai
soal skb kompetensi pedagogik
soal skb kompetensi pedagogik guru
soal skb matematika
materi skb pedagogik
materi pedagogik tes skb
soal skb tentang pedagogik
soal tes skb pedagogik
contoh soal pedagogik skb
Deena Setyowati
Deena Setyowati Just wanna write what I want to write . . .

1 comment for "Soal CPNS Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Pedagogik"