Contoh Soal dan Jawaban Pretest PPG Tahun 2022
SOAL PRETEST PPG DAN JAWABAN
PILIHLAH DENGAN JAWABAN YANG BENAR DENGAN MEMBERI TANDA SILANG (X) PADA HURUF A, B, C, ATAU D!
PILIHLAH DENGAN JAWABAN YANG BENAR DENGAN MEMBERI TANDA SILANG (X) PADA HURUF A, B, C, ATAU D!
1) Kemampuan bahasa anak mulai berkembang, pemikiran masih statis, belum dapat berfikir abstrak, dan kemampuan persepsi waktu dan ruang masih terbatas merupakan perkembangan anak pada tahap ...
A. Tahap sensorimotorik
B. Tahap praoperasional
C. Tahap operasional konkrit
D. Tahap operasional konkrit
2) Seorang anak dengan kemampuan menggunakan kata secara efektif baik lisan (pendongeng, orator, penerjemah, dsb), maupun tertulis/tulisan (sastrawan, penulis skenario drama/film, fonologi atau bunyi bahasa, semantik atau makna bahasa, dimensi pragmatik atau penggunaan praktis bahasa) menurut Howard Gardner anak tersebut mempunyai kecerdasan ...
A. Kecerdasan Bahasa (linguistic)
B. Kecerdasan Logika Matematika (logic-mathematical)
C. Kecerdasan Ruang (spatial)
D. Kecerdasan Gerak Tubuh
3) Untuk mengetahui kemampuan awal peserta didik, seorang pendidik dapat melakukan ... A. pengayaan materi pelajaran
B. refleksi
C. latar belakang peserta didik
D. tes awal (pre-test)
4) Dalam mengidentifikasi kasus kesulitan belajar dapat dilakukan dengan metode criterion referenced. Yang bukan merupakan tahap metode criterion referenced adalah ...
A. Menetapkan angka nilai kualitatif minimal yang dapat diterima, misalnya 5,0 atau 6,0.
B. Membandingkan prestasi dari setiap siswa dengan angka nilai batas lulus tersebut. Secara teoritis, mereka yang angka nilai prestasinya berada di bawah lulus sudah dapat diduga sebagai siswa yang mengalami kesulitan belajar.
C. Menganalisis kemampuan peserta didik
D. Menghimpun siswa yang diduga mengalami kesulitan belajar serta mencari siswa yang mengalami gejala terparah ( yang nilainya jauh dibawah siswa penderita kesulitan belajar lainnya )
5) Dalam kompetensi pedagogik guru mengusai teori belajar dan prinsip prinsip pembelajaran yang mendidik. Dalam prinsip pembelajaran yang mendidik guru harus ...
A. Melaksanakan Proses Pembelajaran sesuai jadwal
B. Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu.
C. Menggunakan strategi pembelajaran
D. Hanya menggunakan teknik pembelajaran
6) Salah satu unsur strategi pembelajaran adalah Mengidentifikasi dan menetapkan spesifikasi dan kualifikasi hasil (out put) dan sasaran (target) yang harus dicapai, dengan mempertimbangkan aspirasi dan selera masyarakat yang memerlukannya. (Newman dan Logan (Abin Syamsuddin Makmun, 2003)
Penerapan dari unsur strategi di atas dalam konteks pembelajaran adalah ...
A. Menetapkan spesifikasi dan kualifikasi tujuan pembelajaran yakni perubahan profil perilaku dan pribadi peserta didik.
B. Mempertimbangkan dan memilih sistem pendekatan pembelajaran yang dipandang paling efektif.
C. Mempertimbangkan dan menetapkan langkah-langkah atau prosedur, metode dan teknik pembelajaran.
D. Menetapkan norma-norma dan batas minimum ukuran keberhasilan atau kriteria dan ukuran baku keberhasilan
7) Yang ditekankan di dalam strategi pembelajaran interaktif adalah...
A. membangun inisiatif individu, kemandirian, dan peningkatan diri
B. diskusi dan sharing diantara peserta didik
C. pembelajaran didominasi arahan dari guru
D. proses penyampaian materi secara verbal
8) Pada Kurikulum 2013, penyusunan kurikulum dimulai dengan menetapkan SKL berdasarkan kesiapan siswa, tujuan pendidikan nasional, dan kebutuhan. Setelah kompetensi ditetapkan kemudian ditentukan kurikulumnya yang terdiri dari kerangka dasar kurikulum dan struktur kurikulum. Ada beberapa faktor yang harus dikembangkan antara lain ……
A. Tantangan internal dan Eksternal
B. Responsibility
C. Reinforced
D. Enriched
9) Kurikulum 2013, proses pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik, Artinya yaitu ……..
A. kurikulum harus mengandung hal-hal barusehingga dapat membantu siswa untuk , dapat mengembangkan setiap potensi yang dimilikinya
B. Menyeleksi nilai dan budaya, mana yang perlu dipertahankan, dan mana yang harus dimiliki oleh siswa
C. Pembelajaran yang mendorong siswa lebih mampu dalam mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi/menalar, dan mengomunikasikan
D. Mengembangkan Kompetensi Dasar berdasar pada prinsip akumulatif, saling memperkuat (reinforced) dan memperkaya (enriched) antar-mata pelajaran
10) Pengembangan kurikulum pemangku kepentingan ( sttka dilakukan dengan melibatkan pemangku ( stakeholders ) untuk menjamin relevansi pendidikan dengan kebutuhan kehidupan, termasuk di dalamnya kehidupan kemasyarakatan, dunia usaha/industri dan dunia kerja. Pernyataan tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum:
A. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi,dan seni B. Relevan dengan kebutuhan kehidupan
C. Menyeluruh dan berkesinambungan
D. Beragam dan terpadu
11) Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi sentral untuk mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang beriman dan berakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa , berakhlak mulia, sehat,berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Pernyataan tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum ……….
A. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi,dan seni
B. Relevan dengan kebutuhan kehidupan
C. Menyeluruh dan berkesinambungan
D. Beragam dan terpadu
12) Upaya guru dalam memberikan kesempatan kepada siswa untuk merefleksikan pengalaman belajar yang telah dialami yang paling optimal adalah dengan cara ……..
A. Guru memberikan tes atau pekerjaan rumah setiap akhir pelajaran
B. Guru menggunakan pertanyaan terarah maupun pertanyaan bersifat penelusuransaat pembelajaran berlangsung
C. Guru mewawancarai tiap siswa tentang capaian atau masalah belajar yang dihadapi siswa dalam belajar
D. Guru menugaskan siswa untuk menuliskan kesulitan siswa dalam belajar
13) Upaya merancang pengayaan bagi peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut ……………
A. Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda
B. Memberikan tes tambahan dengan tingkat kesukaran yang lebih tinggi
C. Memberikan tambahan sumber baaan tambahan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument tesnya yang sesuai
D. Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari penerbit yang berbeda
14) Yang di maksud dengan penilaian adalah
A. Pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik.
B. Proses yang di lakukan untuk mengambil keputusan berdasaarkan evaluasi. C. Membandingkan hasil pengamatan dengan suatu kriteria.
D. Proses interaksi antara peserta didik dan pendidik
15) Bentuk penilaian yang menghendaki peserta didik menampilkan sikap menggunakan pengetahuan yang di peroleh dalam pembelajaran dalam melaksanakan tugas di sebut penilaian
A. Pre test
B. post test
C. Autentik
D. Non Autentik
16) Pendidik melakukan penilaian kompetensi sikap melalui observasi penilaian diri, penilaian “teman sejawat” (peer evaluation) oleh peserta didik. Adapun instrumen yang di gunakan dalam penilaian tersebut adalah :
A. Skala penilaian (rating scole)
B. rubrik
C. jurnal
D. Soal tes
17) Lingkup penilaian hasil belajar mencakup kompetensi beberapa kompetensi yaitu;
A. kompetensi spiritual, kompetensi sikap.
B. kompetensi inti, kompetensi dasar
C. kompetensi sikap spiritual, kompetensi sikap sosial, kompetensi keterampilan, kompetensi pengetahuan.
D. kompetensi sikap sosial
18) Aspek yang di nilai dalam pembelajaran matetamatika sebagai berikut kecuali ; A. Pemahaman konsep
B. Menggunakan grafik
C. melakukan prosedur
D. pemecahan masalah dan sikap
19) Konsep menyodorkan berbagai situasi kepada siswa dan mendorong siswa untuk menyelidiki, mencari jawabannya adalah konsep dan strategi.....
A. Juscovery learning
B. Induktif learning
C. Inquiry learning
D. Cooperatif learning
20) Guru memebentuk kelompok kelompok belajar dan memeberikan tugas kepada tiap kelompok . Setiap anggota dari suatu kelompok memberikan tugas dan fungsi tertentu sehingga jika salah satu tidak menjalankan tugasnya maka pekerjaan kelompok tersbut tidak dapat di selesaikan . karakteristik dari strategi pembelajaran tersebu adalah ;
A. Tugas kelompok
B. Diskusi kelompok kecil
C. Pengajaran langsung (direct teaching)
D. belajar kooperatf (cooperatf learning)
21) Teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran memiliki tiga fungsi utama yang di gunakan dalam kegiatan pembelajaran kecuali
A. Teknologi sebagai alat bantu bagi siswa dalam pembelajaran
B. Teknologi sebagai ilmu pengetahuan (science)
C. Teknologi sebagai bahan dann alat bantu pembelajaran (literacy)
D. Teknologi sebagai alat pengembangan produk
22) Bu Ani mengajak siswa kelas V ke ladang jagung milik petani untuk mengamati tanaman jagung yang siap di panen muda. Selanjutnya ibu Ani memeriksa laporan hasil observasi siswa. Dari hasil klasifikasi kecenderungan gaya belajar siswa di peroleh peringkat hasil belajar peringkat terbaik dari pembelajaran berupa observasi di luar kelas menunjukkan siswa memeiliki kecenderungan gaya belajar berhasil baik melalui.....
A. Visual (pandangan mata)- Auditif (pendengaran)
B. Visual (pandangan mata ) – Kinestik (gerak )
C. Auditif (pendengaran )- Kinestetik (gerak)
D. Auditif Visual dan kinestetik
23) Upaya membimbing siswa untuk mengembang ketrampilan pengetahuan terlihat dalam upaya guru:
A. memberi contoh penting toleransi
B. mendiskusikan bagaimana mengubah permasalahan disekitar siswa
C. melatih bagaimana mempersiapkan kesehatan diri dan lingkungan sekitar
D. melatih siswa membuat keputusan yang diambil berdasarkan informasi
24) Upaya guru menggunakan hasil analisis untuk menentukanketuntasan belajar antara lain sebagai berikut ………
A. menentukan kreteria keberhasilan belajar
B. mengklasifikasi siswa berdasarkan hasil capaian belajarnya
C. mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kreteria keberhasilan yang diharapkan
D. merencanakan pengajaran remidi
25) Kegemaran anak akan dongeng /cerita yang bersifat kritis seperti kisah perjalanan riwayat para pahlawan dan sebagainya merupakan ciri-ciri anak berusia……...
A. 3-5tahun
B. 6-8 tahun
C. 10-12 tahun
D. 15-18 tahun
26) Beberapa siswa memiliki kecenderungan belajar berupa mengerjakan soal atau tugas dengan cepat tetapi hasilnya banyak kesalahan .Gaya belajar para siswa tersebut adalah…….
A. implusive
B. reflektif
C. gaya berfikir terikat
D. gaya berfikir bebas
27) Hal yang mengandung makna Pancasila sebagai kaidah dasar Negara bersifat…….
A. jujur dan adil
B. mengikat dan memaksa
C. sementara dan selamanya
D. sebenarnya dan sejujunya
28) Penilaian yang didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur ,hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang ……
A. Adil
B. Obyektif
C. Valid
D. Sistematis
29) Jika roda pertama berputar 3 kali, dan roda kedua berputar 9 kali, berapakalikah roda kedua akan berputar jika roda pertama berputar 10 kali
A. 30
B. 21
C. 27
D. 18
30) Serangkaian kegiatan yang sistematik untuk dapat menentukan manfaat atau kegunaan suatu obyek atau program adalah ….
A. Pengukuran
B. Evaluaasi
C. Penilaian
D. Penilaian
31) Proses mendengarkan yang dilakukan dengan sungguh-sungguh disebut….. A. Membaca intensif
B. Membaca langsung
C. Membaca deduktif
D. Membaca sekilas
32) Etika Pancasila adalah …..
A. Ketuhanan, kemanusiaan dan keadilan
B. Keagamaan, social dan kerakyatan
C. Kebangsaan , kedaerahan dan kebudayaan
D. Ketuhanan, kerakyatan dan kebangsaan
33) Dalam kaitannya dengan upaya untuk memotivasi belajar siswa dan agar proses pembelajaran berlangsung efektif, maka guru perlu mengacu pada....
A. Metode pembelajaran
B. Pendekatan pembelajaran
C. Strategi pembelajaran
D. Gaya pembelajaran
34) Manfaat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah (1) meningkatkan proses belajar mengajar, (2) menggunakan rancangan yang bersifat siklus di mana setiap siklus memperhatikan perubahan langkah demi langkah, dan (3) mencakup proses refleksi dan partisipatif, kecuali....
A. Meningkatkan proses belajar mengajar
B. Menggunakan rancangan yang bersifat siklus
C. Mencakup proses refleksi
D. Menggunakan metodelogi terbaru
35) Pada suatu hari dalam perjalanan menumpangi mobil angkot. Dua penumpang yang masih muda belia tertawa, tetapi tidak terdengar mereka melakukan interaksi. Karena penasaran, saya mencoba memperhatiakan apa yang mereka lakukan. Ternyata mereka adalah siswa-siswa tuna rungu sedang asyik berkomunikasi, akan tetapi komunikasi
yang dilakukan tidak menggunakan bahasa. Mereka menggunakan jari-jari tangan untuk berkomunikasi. Dengan demikian mereka menggunkan bahasa isyarat. Dari ilustrasi di atas, bahasa termasuk komunikasi.....
A. Verbal
B. Nonverbal
C. Inverbal
D. Sistimatik
36) Seorang bayi mulai berinteraksi dengan mengeluarkan bunyi-bunyi yang tidak beraturan ketika diperlihatkan sebuah maianan dan diajak bicara. Seorang ibu seringkali memberi kesempatan kepada bayi untuk ikut dalam komunikasi sosial dengannya. Bayi mengangkat-angkat badannya seolah-olah memberi tanda untuk minta digendong. Ketika itulah bayi pertama kali mengenal sosialisasi dan merasakan bahwa dunia ini tempat orang saling berbagi rasa. Proses anak mulai mengenal komunikasi dengan lingkungannya secara verbal disebut dengan....
A. Pemerolehan bahasa
B. Pemerolehan isyarat anak
C. Pemecahan bahasa anak
D. Karakteristik anak
37) Penggunaan huruf kapital di bawah ini yang benar adalah....
A. “kapan bapak berangkat?” tanya dirman
B. Presiden jokowi berkunjung ke blora.
C. Dari Ave Maria ke Jalan Lain ke Roma
D. teluk bone sungguh indah dan mengagumkan.
38) Bahasa Indonesia Baku adalah bahasa Indonesia yang mengikuti kaidah atau pola bahasa Indonesia yang sedang berlaku.
Penggunaan huruf miring pada kalimat di atas digunakan untuk....
A. Menulis judul buku
B. Menjelaskan atau mengkhususkan huruf, bagian kata, atau kelompok kata C. Menuliskan kata nama-nama ilmiah
D. Menuliskan nama majalah
39) Masyarakat Indonesia terdiri dari berbagai suku dengan bahasa yang berbeda-beda, maka akan sulit berkomunikai kecuali ada satu bahasa pokok yang digunakan. Maka dari itu digunakanlah Bahasa Indonesia. Hal ini Bahasa Indonesia memiliki kedudukan dan fungsi....
A. Sebagai lambang kebanggaan kebangsaan
B. Sebagai alat pemersatu bangsa
C. Sebagai alat perhubungan
D. Sebagai lambang identitas nasional
40) Untuk menunjang kegiatan pembelajaran dan segala hal dalam konteks pendidikan digunakanlah Bahasa Indonesia. Hal tersebut merupakan fungsi Bahasa Indonesia sebagai....
A. Alat perhubungan tingkat nasional
B. Alat pengembangan kebudayaan dan IPTEK nasional
C. Bahasa yang digunakan dalam peristiwa kenegaraan
D. Bahasa pengantar di lembaga pendidikan
41) Model pembelajaran yang cocok dengan mata pelajaran matematika adalah.... A. Model Inquiry Learning
B. Model Discovery Learning
C. Model Problem Based Learning
D. Model Project Based Learning
42) Teman-teman, pernah punya pengalaman seperti Fikri, nggak? Sewaktu dia bermain di sungai bersama teman-temannya, dia mnginjak batu sungai yang licin. Akibatnya dia terpeleset dan byuurrr... jatuh deh ke sungai. Waah... asyik, ya, bermain di sungai. Eh, teman-teman tahu nggak, mengapa batu di sungai halus dan licin sedangkan batu-batu di darat banyak yang kasar? Begini penjelasannya, simak ya....
Dalam bacaan di atas menggunakan ragam bahasa....
A. Resmi
B. Baku
C. Tidak baku
D. Daerah
43) Peggunaan tanda baca yamg benar dibawah ini adalah ............
A. Kita sekarang memerlukan meja. kursi. dan lemari.
B. Kita, sekarang memerlukan meja, kursi, dan lemari !
C. Kita sekarang memerlukan meja, kursi dan lemari.
D. Kita sekarang memerlukan meja kursi dan lemari ?
44) Menyimak sebagai sebuah keterampilan berbahasa , Karena .........
A. Menyimak sambil melakukan aktivitas lain tidak mampu menanggapi secara tepat
B. Menyimak sambil melakukan aktifitas lain mampu menanggapi secara tepat
C. Membaca sambil menyimak mampu menangkap pembicaraan secara benar
D. Menyimak sambil menyanyi , ternyata dapat menanggapi secara tepat
45) Dalam pembelajaran membaca permulaan, ada beberapa metode yang dapat digunakan kecuali ............
A. Metode Kupas rangkai suku kata
B. Metode kata lembaga
C. Metode SAS
D. Metode Cerita
46) Berikut diberikan studi kasus :
Mula – mula diberikan kalimat secara keseluruhan. Kalimat itu diuraikan atas kata – kata yang mendukungnya. Dari kata – kata itu kita ceraikan atas suku – suku katanya dan akhirnya atas huruf – hurufnya.Kemudian huruf – huruf itu kita sintetiskan kembali menjadi suku kata, suku kata menjadi kata dan kata menjadi kalimat. Berdasarkan studi kasus metode membaca permulaan yang tepat digunakan adalah .........
A. Metode Alfabet
B. Metode Suku Kata
C. Metode SAS
D. Metode Cerita
47) Memilihberbagai metode menulis permulaan
1). Menulis permulaan
2). Merangkaikan huruf lepas menjadi suku kata
3). Merangkaikan suku kata menjadi kata
4). Menyusun kata menjadi kalimat
Tahapan diatas adalah teknik menulis permulaan dengan metode ............
A. Metode Eja
B. Metode Kata Lembaga
C. Metode SAS
D. Metode Global
48) Merancang berbagai kegiatan menulis di kelas tinggi
Berikut adaah kegiatan menulis lanjutan di kelas tinggi,kecuali....
A. Menulis tentang berbagai topik
B. Menulis pengumuman
C. Menulis pantun
D. Menulis memo
49) Kegiatan mementaskan lakon atau cerita biasanya guru dan siswa mempersiapka naskah dan skenario,perilaku dan perlengkapan.kegiatan tersbut mengekpesikan perasaan dan pikiran siswa dalam bentuk bahasa lisan.hal tersebut termasuk hakekat berbicara jenis.....
A. Bercerita
B. Cerita berantai
C. Bermain peran
D. Dramatisasi
50) 1) Warna batunya merah menyala seperti api, bila terkena sinar matahari akan menyilaukan mata.
2) Ayah memiliki batu akik yang sangat-sangat ia sukai.
3) Batu akik ini sungguh ajaib karena seakan menyala saat lampu mati. 4) Tidak salah jika Ayah sangat suka dengan batu akiknya ini.
Urutan kalimat-kalimat di atas agar menjadi paragraf yang padu adalah ...
A. 1 – 4 – 2 – 3
B. 1 – 3 – 2 –4
C. 2 – 1 – 3 – 4
D. 2 – 3 – 4 – 1
51) Hakekat karya sastra apapun bentuknya tetap sama yakni .....
A. Pengalaman kemanusiaan dalam segala wujud dan dimensinya.
B. Pengalaman kemanusiaan dalam segala wujud dan waktunya.
C. Pengalaman kemanusiaan dalam segala hal.
D. Pengalaman kemanusiaan dalam segala aspek kehidupan.
52) Sastra Indonesia terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu ...
A. Puisi, prosa, sajak
B. Puisi, pantun, drama
C. Puisi, prosa, drama
D. Puisi, drama, sajak
53) Pagiku hilang sudah melayang Hari mudaku sudah pergi Sekarang petang datang membayang
Larik bermajas yang tepat untuk melengkapi puisi diatas yaitu ...
A. Batang usiaku sudah tinggi
B. Aku telah menjelang ajal
C. Aku lalai di hari pagi
D. Akhh, untuk apa ku sesalkan
54) Pada suatu pagi, beberapa anak burung berkumpul di tengah hutan sambil bergurau. Mereka adalah burung Merak, Burung Beo, Burung Murai Batu, Burung Elang, dan Burung Gereja.
Burung Merak, Burung Beo, Burung Murai Batu, dan Burung Elang memamekan diri kepada Burung Gereja. Burung Merak memamerkan bulunya yang indah. Burung Beo memarkan suaranya yang indah. Burung Murai Batu memamerkan kicauannya yang merdu. Burung Elang memamerkan kegagahannya.
Burung Gereja sedih. Tak ada dalam dirinya yang bisa dibanggakan. Bulunya tidak indah. Suaranya juga tidak merdu. Badannya pun tidak gagah. Lalu, burung Gereja pulang ke rumah dan bertemu dengan ibunya. Ia menceritakan kesedihannya. Ibu burung Gereja menghibur anaknya.
Suatu hari, burung Gereja berjalan-jalan ke hutan. Ia ingin sekali menemui teman temannya. Tetapi tidak satupun temannya yang terlihat. Ia lalu berjalan ke tepi hutan. Di tempat Pak Tani, Burung Gereja melihat Burung Merak, Burung Beo, Burung Murai Batu, dan Burung Elang dalam perangkap Pak Tani. Mereka bercerita hendak dijual kekota. Burung Merak, Burung Beo, Burung Murai Batu, dan Burung Elang sedih. Mereka menyesali kesombongannya.
Amanat yang dapat kita petik dari cerita tersebut adalah ...
A. Kita tidak boleh menyombongkan kelebihan yang kita miliki.
B. Kita tidak boleh memamerkan kekurangan kita.
C. Kesabaran dan ketabahan hati akan mendatangkan kebaikan.
D. Kita harus membanggakan diri sendiri supaya percaya diri.
55) Perhatikan cuplikan dialog berikut !
Bu guru : “ Ibu mint kalian berdua jujur ! Kenapa isi tugas kalian bisa sama persis, bahkan titik dan komanya sekalipun “
Aline : “ Saya mengerjakan karya tulis itu sendiri bu.”
Chelsea : “ Saya juga mengerjakan karya tulus saya
sendiri.”
Bu guru : ” Lalu, bagaimana dengan ulangan tadi. Mengapa isi dari jawaban ulangan kalian tidak sama dengan isi karya tulis kalian? Bisa menjelaskan ke ibu? ( lama Aline dan Chelsea terdiam )
Bu guru : “ Baiklah kalau kalian tidak mau mengaku, ibu anggap kalian tidak mengerjakan tugas karya tulis dan tidak mengikuti ulangan tadi.”
Karakter Bu Guru dalam drama di atas adalah ...
A. Galak
B. Tegas
C. Pemaaf
D. Bijaksana
56) Berapakah FPB dan KPK dari 126 dan 198 ...
A. 9 dan 1386
B. 18 dan 1386
C. 18 dan 1368
D. 9 dan 1368
57) Diketahui fungsi f : dan fungsi f ditentukan dengan rumus f (x) = x2 + 1, jika f (a) = 10, hitunglah nilai a yang mungkin.
A. a = 3 atau a = -3
B. a = -3 atau a = 3
C. a = -3 atau a = -3
D. a = 3 atau a = 3
59) Harga 2 koper dan 5 tas adalah Rp 600.000,00, sedangkan harga 3 koper dan 2 tas adalah Rp 570.000,00. Harga sebuah koper dan tas adalah ...
A. Rp 240.000,00
B. Rp270.000,00
C. Rp 330.000,00
D. Rp 390.000,00
60) Jumlah dua buah bilangan sama dengan 20. Jika hasil kali kedua bilangan itu sama dengan 75, maka bilangan-bilangan tersebut adalah ...
A. 4 dan 16
B. 5 dan 15
C. 6 dan 14
D. 8 dan 12
61) Nugraha membeli 3kg jeruk dan 2kg jambu dan ia harus membayar Rp. 16.000 sedangkan Dewi membeli 6kg mangga dan 1kg jambu dengan harga Rp. 26.000. Berapakah harga 10kg jeruk dan 5kg?
A. Rp. 30.000
B. Rp.32.000
C. Rp. 40.000
D. Rp. 50.000
63) Perhatikan sifat-sifat bangun datar berikut !
1) mempunyai dua pasang sisi yang sama panjang
2) mempunyai diagonal yang saling tegak lurus
3) mempunyai sudut siku-siku
4) mempunyai 2 pasang sisi sejajar
5) mempunyai sepasang sudut sama besar
Dari sifat-sifat di atas yang merupakan sifat laying-layang adalah ….
A. 1), 2), 3)
B. 1), 3), 4)
C. 1), 3), 5)
D. 1), 2), 5)
65) Novi mengendarai mobil dari Kota Semarang menuju Blora dengan kecepatan 40 km/jam, sedangkan Ima mengendarai mobil dari Blora menuju Semarang dengan kecepatan 60 km/jam. Jika jarak Kota Semarang dengan Blora adalah 125 km dan mereka berangkat pada pukul 07.00 maka pada pukul berapa mereka akan berpapasan?
A. 08.00
B. 08.15
C. 08.25
D. 08.30
66) Data nilai siswa kelas VI berturut turut adalah 8, 7, 6, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 7. Dari data tersebut berapakah mediannya?
A. 8
B. 7,5
C. 7
D. 6,5
67) Bus Trans Jakarta berisi penumpang berangkat dari terminal ke pasar, di halte pertama turun 4 orang, di halte kedua naik 2 orang sampai di pasar ternyata ada 15 orang. Berapa banyak penumpang yang naik pada terminal?
A. 17
B. 15
C. 13
D. 11
68) Suatu lapangan berbentuk persegi panjang dengan luas 120 m2. Panjang lapangan tersebut adalag 12 m. Berapakah kelilingnya?
A. 22 m
B. 24 m
C. 42 m
D. 44 m
69) Suku ke-4 dan suku ke-9 suatu barisan aritmatika berturut-turut adalah 110 dan 150. Suku ke 30 barisan tersebut adalah ….
A. 308
B. 318
C. 326
D. 344
71) Menerapkan pengetahuan, konseptual, prosedural, danketerkaitankeduanya dalam konteksmateri Geometri
Dari barisan geometri diketahui bahwa U3 = 4 dan U9 = 256, maka tentukan U12!
A. 2048
B. 2049
C. 2047
D. 2046
72) Menerapkan pengetahuankonseptual, prosedural, danketerkaitankeduanya dalam konteksmateri pengukuran
Sebuah bak mandi diisi air mulai pukul 07.20 sampai dengan pukul 07.50 dengan debit air 10 liter/menit. Berapa liter volume air dalam bak mandi tersebut?
A. 3000 liter
B. 300 liter
C. 30 liter
D. 30000 liter
73) Menggunakan pengetahuankonseptual, prosedural, danketerkaitankeduanya dalam konteksmateri Statistika. Nilai rata-rata ulangan matematika dari 7 siswa adalah 6,50. Ketika nilai satu orang siswa ditambahkan, maka rata-ratanya menjadi 6,70. Nilai siswa yang ditambahkan adalah ….
A. 9,10
B. b. 8,10
C. 7,10
D. 6,10
74) Menggunakan pengetahuankonseptual, prosedural, danketerkaitankeduanya dalam konteks materi Logika/Penalaran Matematika Dari pernyataan berikut ini, manakah yang merupakan ingkaran dari pernyataan Jakarta Ibukota RI.
A. Jakarta bukanibukota RI
B. Jakarta adalahibukota RI
C. Benarbahwa Jakarta Ibukota Jakarta
D. Benarbahwa Jakarta bukanIbukotadari RI
75) Menentukan alat peragadalam pembelajarannbilangan
Bu Ani ingin mengajarkan kepada anak – anak kelas 1 tentang nilai tempat suatu bilangan (satuan, puluhan, ratusan, dan ribuan), Media yang tepat digunakan Bu Ani dalam Pembelajaran tersebut adalah…
A. Kartu bilangan
B. Blok dienes
C. Loncat katak
D. Papan berpaku
76) Mengklasifikasikan alatperaga dalam pembelajaranGeometri dan pengukuran Pak Arief ingin mengajarkan cara mengukur luas halaman sekolah dengan satuan meter.Alat peraga yang sebaiknya digunakan supaya pembelajaran menarik adalah…
A. Pita garis bilangan, mistar, tangga garis
B. Blok dienes, mistar, pita garis bilangan
C. Mistar, uang logam, blok dienes
D. Tangga garis, blok dienes, tangga garis
77) Menentukan alat ukur dalam pembelajaranbgeometri dan pengukuran Ketidakpastian yang ada pada pengukuran tunggal ditetapkan sama dengan setengah skala terkecil dari alat ukur yang digunakan.Jika kita menggunakan mistar atau penggaris, maka ketidakpastiannya adalah sama dengan….
A. 0,05 cm
B. 0,01 cm
C. 0,1 cm
D. 1 cm
78) Memecahkan PembelajaranIPS SD (diberikan kasus dalam pembelajaran, peserta dapat menyimpulkan pembelajaran dalam kasus tersebut Bu,fitri adalah guru SD Negeri 2 Sukamakmur,mengajar dikelas Beliau memberikan pelajaran IPS,dengan materi “ Menceritakan Pengalaman Diri. Sebelum memulai pelajaran, anak – anakberbaris didepankelas,kemudian diperiksa kebersihannya, terutama kuku tangandantelinga.Sambil diperiksa anak masuk kedalam kelas satu persatu. Anak- anakdiajak berdoadan kemudian mengucapkan salam.
Sebelum memberikan materi, memberi motivasi kepada anak, saya bertanya “siapa tadi yang tidak mandi” anak – anak terdiam. Mari kita nyanyikan lagu bangun tidur kuterus mandi,tidak lupa menggosokgigi, habis mandi kutolong ibu, membersihkan tempat tidurku. Kesimpulan daripembelajaran IPS yang dilakukan bu Fitri adalah …
A. Guru kurang memotivasi anak dalam pembelajaran
B. Guru mengajak siswa bernyanyi untuk memotivasi anak
C. Anak – anak hanya diam saja saat diberi pertanyaan dalam pembelajaran karena guru kurang memotivasi anak
D. Guru memberikan motivasi kepada siswa dalam pembelajaran
79) Menegaskan Fokus utamakajian pembelajaran IPS diSD (diberikan kasus contoh Hari selasa, saat pelajaran IPS pak Sunarto akan memberikan materi pada anak anak tentang silsilah keluarga. Waktu pelajaran adalah 2 x 35 menit. Setelah mengutarakan tujuan yang akan dibahas hari ini, pak Sunarto mengajukan pertanyaan pada para siswa untuk mengawali pelajaran.
“ Anak- anak tentunya kalian mempunyai keluaga di rumahkan,,?”
“ iya pak, punya.” Jawab semua siswa srentak.
“ Coba kalian sebutkan siapa saja yang dirumah kalian yang masuk dalam anggota keluarga !”
“ Ada ayah, ibu, adik, kakak, kakek, nenek” Jawab para siswa bersahut- sahutan. Kemudian pak Sunarto menempelkan bagan dan foto silsilah keluarga. Anak- anak mengamati sambil menyimak penjelasam dari pak sunarto. Sesekali pak sunarto melemparkan pertanyaan kepada siswa dan pertanyaan dijawab dengan benar. Pak Sunarto mengakhiri penjelasan dengan memberikan pertanyaan pada siswa “ apakah kalian sudah mengerti semua tentang silsilah keluarga yang sudah bapak jelaskan,,?” Tanya pak Sunarto.
“ Sudah pak”, jawab anak- anak serentak.
“ kalau masih ada yang kurang jelas atau bingung, anak- anak boleh bertanya ” “ tiadak ada pak”, jawab anak- anak lagi secara serentak.
Pak sunarto memberikan tugas kepada siswa agar dikerjakan sendiri- sendiri. Pak sunarto yakin, pasti nialai anak- anak memuaskan karena anak- anak berhasil menjawab pertanyaan yang tadi di lemparkan. Tugas yang diberikan juga sama dengan tugas yang di jelaskan pak sunarto, hanya saja diganti nama- nama pada bagan silsilah keluarrga.
Setelah semuanya selesai, pekerjaaan di kumpulkan dan setelah di koreksi ternyata hasilnya mengecewakan, hampir 60% siswa mendapatkan nilai hasil evaluasinya di bawah rata- rata.
Apa kelemahan pembelajaran yang dilakukan pak sunarto, kecuali…..
A. Pemakaina metode pembelajaran terkesan masih bersifat Konvesional (ceramah dan penugasan
B. Alat peraga kurang lengkap sehingga membingngungkan siswa
C. Penyampaian materi kurang jelas
D. Guru sudah menyampaikan tujuan pembelajaran
80) Membedakan pengertian IPSdan Ilmu social
Apa perbedaan antara Ilmu-Ilmu Sosial (IIS) dengan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dilihat dari tujuannya (purposes) ?
A. Ilmu-Ilmu sosial menetapkan kebenaran Ilmiah sebagai focus tujuanya, sedangkan pada Ilmu Pengetahuan Sosial mengarah pada penanaman BASK (Behavior, attitude, Skill, dan Knowledge).
B. Ilmu Pengetahuan Sosial menetapkan kebenaran Ilmiah sebagai focus tujuanya, sedangkan pada Ilmu-Ilmu sosial mengarah pada penanaman BASK (Behavior, attitude, Skill, dan Knowledge).
C. Ilmu-Ilmu Sosial adalah bersifat disipliner sesuai dengan kehidupan yang menjadi obyek studi berdasrkan bidang Ilmu masing-masing, sedangkan pada pendekatan Ilmu Pengetahuan Sosial bersifat intensdisipliner
D. Ilmu-Ilmu Sosial (IIS) diberikan di tingkat perguruan tinggi/universitas, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) diberikan di tingkat sekolah.
81) Mengurutkan ruang lingkup pembelajaran IPS SD Ruang lingkup pembelajaran IPS SD yaitu. . .
A. Masyarakat, Norma, Budaya, Waktu
B. Manusia, Waktu, SistemSosialdanBudaya, PerilakuEkonomidanKesejahteraan C. Manusia, Kerja, Nilai dan Norma, Peningkatan Kesejahteraan
D. Masyarakat, Kerja, Perilaku Ekonomi dan Kesejahteraan, Waktu
82) Mengklasifikasikan tujuan IPS dalam pembelajaran di SD Apa tujuan IPS dalam pembelajaran di SD?
A. Menolongsiswauntukmengembangkanbakatnya
B. Membantu siswa dalam menentukan cita-cita yang ingin diraihnya di masa mendatang C. Menyediakankesempatankepadasiswauntukberekspresi lingkungan masyarakat D. MemberikankepadaSiswapengetahuantentangpengalamanmanusiadalamkehidupanbe r masyarakatpadamasalalu, sekarangdanmasaakandatang
83) Menganalisis nilai kegunaan mempelajari sejarah bagi siswa Bagi siswa mempelajari sejarah memiliki beberapa manfaat. Berikut yang bukan merupakan manfaat mempelajari sejarah bagi siswa yaitu. . .
A. Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya waktu dan tempat yang merupakan proses dari masa lampau, masa kini, dan masa depan
B. Menumbuhkan pemahaman peserta didik terhadap landasan sikap yang akan ditempuhnya
C. Melatih daya kritis peserta didik untuk memahami fakta sejarah secara benar dengan didasarkan pada pendekatan ilmiah dan metodologi keilmuan
D. Menumbuhkan apresisasi dan penghargaan peserta didik terhadap peninggalan sejarah sebagai bukti peradaban bangsa Indonesia di masa lampau
84) Mengurutkan perkembangaran sejarah di Indonesia
Bagaimana keadaan Indonesia setelah adanya perjanjian KMB?
A. Indonesia terbagi menjadi 8 provinsi
B. Ibukota negara Indonesia dipindahkan ke Yogyakarta
C. Indonesia menjadi negara serikat (RIS)
D. Irian Barat berintegrasi dengan Indonesia
85) Menjelaskan hubungan pembelajaran sejarah dengan antropologi. (diberikansoal kasus)
Antropologi sebagai salah satu dari ilmu sosial memiliki kaitan dan sumbangan kepada ilmu sejarah begitu juga sebaliknya. Dalam penulisan sejarah, sejarawan tidak jarang menggunakan teori dan konsep antropologi. Berikut konsep antropologi yang sering digunakan sejarawan, kecuali. . .
A. enkulturasi
B. primitif
C. folklore
D. prasasti
86) Menemukan makna Bhineka Tunggal Ikka dalam kehidupan sehari-hari Eko adalah siswa kelas V SD Bumi Pertiwi. Pada suatu hari Pak Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok. Eko mendapat kelompok dengan Togar, Lusi, Intan dan Rully. Bagaiman sebaiknya sikap Eko?
A. Eko bersedia satu kelompok dengan Togar karena Togar orang Batak sedangkan di orang Jawa
B. Eko tidak bersedia satu kelompok dengan Rully karena Rully bukan temandekatnya C. Eko bersedia berkelompok dengan mereka karena mereka semua pandai D. Eko bersedia berkelompok dengan siapun karena semua adalah teman
87) Menggali pengalaman butir-butir Pancasila Mengembangkan perbuatan yang luhur, yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan kegotongroyongan, merupakan pengalaman Pancasila sila ke- . . .
A. Satu
B. Dua
C. Tiga
D. Lima
88) Mengemukakan suku bangsa yang ada di Indonesia.(diberikan kasus salah satu suku bangsa di Indonesia)
Bangsa Indonesia memiliki ratusan suku bangsa beserta adat dan budayanya. Masing masing suku mempunyai keunikan tersendiri yang merupakan kekayaan budaya nasional. Berikutciri-cirisalahsatusuku yang ada di pulauJawa :
- Tidakdiperkenankanmenggunakankendaraanuntuksaranatransportasi
- Tidakdiperkenankanmenggunakan alas kaki
- Laranganmenggunakanalatelektronik
- Pinturumahharusmenghadaputara/selatan
Sukutersebutadalah. . .
A. Suku Asmat
B. Suku Bugis
C. Buku Badui
D. Suku Dayak
89) Membuktikan potensi sumber daya alam di Indonesia. (diberikan soal kasus) Negara Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah, salah satunya yaitu timah. Daerah yang menghasilkan lebih dari 20% produksi timah putih dunia adalah . . .
A. Pulau Bangka, Belitung, dan Singkep
B. Kepulauan Natuna
C. Pulau Bali, Lombok, Nusa Penida
D. Pulau Kalimantan
90) Merencanakan penggunaan ICT dalam pembelajaran IPS SD Pada pemebelajaran IPS kelas V dengan materi Perjuangan Bangas Indonesia Melawan Penjajah, Pak Ridwan ingin menyajikan pemebelajaran yang menyenangkan dan mudah diingat serta dimengerti oleh anak didiknya. Media apa yang harus digunakan pak Ridwan?
A. Video
B. Slide
C. Corel draw
D. Radio
91) Mempelajari sejarah setiap masyarakat menjadi lebih baik. Pernyataan tersebut adalah manfaat mempelajari sejarah dalam hal ...
A. Sejarah dapat memberikan kesenangan dan kegembiraan
B. Sejarah dapat digunakan sebagai pedoman bagi suatu bangsa
C. Sejarah dapat dijadikan sebagai profesi
D. Sejarah dapat mengetahui kejadian masa lampau
92) Apakah persamaan hubungan antara sejarah dengan antropologi..
A. Menempatkan manusia sebagai subyek dan obyek dalam kajiannya
B. Keduanya menunjukkan proses yang mencakup keterlibatan para pelaku
C. Terlibat dalam faktor-faktor eksternal yang bersifat sosiologis
D. Berorientasi terhadap pandangan hidup para pelakunya
93) Negara Kesatuan Republik Indonesia terdiri atas beraneka ragam budaya, bahasa, ras, agama, dan kepercayaan. Yang semuanya diikat dalam satu pedoman Bhinneka Tunggal Ikan dengan lambang negara Garuda Pancasila. Kedua hal tersebut diatur dalam Undang- Undang Negara nomor..
A. UU no 15 tahun 2006
B. UU no 17 tahun 2006
C. UU no 24 tahun 2009
D. UU no 38 tahun 2009
94) Kekayaan sumber daya alam Indonesia telah dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan bangsa Indonesia. Sebagian lainnya masih berupa potensi yang belum dimanfaatkan karena berbagai keterbatasan.
Sesuai perkembangan jaman langkah yang tepat bagi kita untuk mengolah potensi sumber daya yang ada yaitu...
A. Mengolah sumber daya yang ada dengan mendatangkan tenaga kerja asing B. Mengekspor sumber daya yang masih berupa bahan mentah
C. Mengirim tenaga kerja Indonesia ke luar negeri untuk mendapatkan pembelajaran dan pelatihan
D. Mengelola sumber daya yang ada dengan teknologi canggih
95) Lingkungan di sekitar kita terbagi atas 2 macam yaitu lingkungan alam dan lingkungan buatan. Dimana keduanya memiliki manfaat dan tujuan yang sama yaitu... A. Untuk memenuhi kebutuhan manusia
B. Melestarikan lingkungan masyarakat
C. Sebagai sumber pengetahuan dan teknologi
D. Sebagai sumber kekayaan alam
96) Dibawah ini yang bukan termasuk gejala alam biotik yaitu...
A. Metamorfosis
B. Fotosintesis
C. Penyerbukan
D. Erosi
97) Metamorfosis adalah suatu proses perkembangan biologi pada hewan yang melibatkan perubahan penampilan fisik setelah kelahiran atau penetasan. Dibawah ini adalah contoh serangga yang tidak mengalami metamorfosis yaitu...
A. Belalang
B. Nyamuk
C. Lalat
D. Semut
98) Katak mengalami metamorfosis sempurna. Dalam perkembangannya pada fase berudu, bernapas menggunakan...
A. Trakhea
B. Paru-paru
C. Insang
D. Kulit
99) Untuk menjaga kelestarian lingkungan salah satunya adalah dengan melakukan reboisasi atau penghijauan dengan tujuan...
A. Memperindah susunan kota
B. Menjaga tanah dan mencegah erosi
C. Memperoleh kayu yang berlimpah
D. Meningkatkan pendapatan
100) Limbah atau sampah terpisah menjadi sampah basah dan sampah kering. Hal yang paling tepat untuk mengatasi limbah sampah kering adalah...
A. Dibakar habis
B. Di daur ulang
C. Dikubur didalam tanah
D. Dibiarkan ditempat terbuka
KUNCI JAWABAN
Soal Pretest PPG 2022
Soal nomor 1
Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah ….
A. kemampuan berkomunikasi
B. kemampuan untuk memecahkan masalah
C. kemampuan berinteraksi
D. kemampuan untuk mengintegrasikan diri
Kunci jawaban : B
Soal nomor 2
Perkembangan kognitif merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam perkembangan peserta didik. Faktor utama yang mempengaruhi perkembangan kognitif anak adalah ....
A. inspirasi
B. budaya
C. inspirasi
D. pengasuhan dan lingkungan
Kunci jawaban : D
Soal nomor 3
Kemampuan berfikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika tapi masih terkait dengan objek-obkek bersifat konkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia ....
A. 0 - 2 tahun
B. 2 - 7 tahun
C. 7 - 11/12 tahun
D. 11/12 - 14/15 tahun
Kunci jawaban : C
Soal nomor 4
Menggunakan potongan sapu lidi, kelereng, globe, gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran IPA serta IPS sebagai media adalah sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir anak yang dikenal sebagai tahapan ....
A. anak memahami bilangan dan angka tetapi masih terkait dengan obyek bersifat
kongkrit (operasional konkrit)
B. pengamatan dan penginderaan yang intensif terhadap lingkunganya (sensomotor)
C. dominasi pengamatan bersifat egosentris
D. kemampuan mengoperasikan kaidah logika yang tidak terikat lagi dengan obyek yang bersifat konkrit (operasional formal)
Kunci jawaban : A
Soal nomor 5
Kemampuan peserta didik untuk membina hubungan dan kemampuan memotivasi diri termasuk kecerdasan ….
A. kognitif
B. sosial
C. emosional
D. moral
Kunci jawaban : C
Soal nomor 6
Seorang peserta didik mampu mengendalikan diri dengan baik dalam berbagai situasi dan mampu menjalin kerjasama yang baik dengan teman-temannya, dan mampu memposisikan diri di lingkungan dengan baik. Peserta didik tersebut memiliki kecerdasan .…
A. moral
B. spiritual
C. sosial emosional
D. kognitif
Kunci jawaban : C
Soal nomor 7
Seorang peserta didik selalu ingin mendominasi dalam suatu kelompok belajar. Dia tidak memberi kesempatan anggota lain untuk mengemukakan pendapat. Jika teman lain yang memimpin dan mengendalikan jalannya diskusi, dirinya memisahkan diri dan cenderung belajar sendiri.
Peserta didik tersebut mengalami permasalahan dalam perkembangan ....
A. sosial-emosional
B. kognitif
C. moral
D. spritual
Kunci jawaban : A
Soal nomor 8
Peserta didik telah memiliki yang memiliki moralitas benar-benar diinternalisasikan dan tidak didasarkan pada standar-standar orang lain. Dia mengenal tindakan moral alternatif, menjajaki pilihan-pilihan, dan kemudian memutuskan berdasarkan suatu kode moral pribadi.
Hal ini merupakan contoh perilaku moral-spritual pada tahapan ....
A. penalaran pascakonvensional
B. penalaran konvensional
C. penalaran prakonvensional
D. penalaran interkonvensional
Kunci jawaban : A
Soal nomor 9
Individu memandang apa yang diharapkan oleh keluarga, kelompok, masyarakat dan bangsa serta setia mendukung aturan social bukan hanya untuk ketenangan tetapi disadari sebagai sesuatu yang berharga.
Pernyataan tersebut merupakan tahapan perkembangan moral ....
A. Prakonvensional
B. Konvensional
C. Pascakonvensional
D. Interkonvensional
Kunci jawaban : C
Soal nomor 10
Memaksimalkan kegiatan ekstrakurikuler, melakukan rekreasi dengan guru, dan melakukan kegiatan informal lainnya memiliki fungsi untuk mengatasi kesulitan belajar dalam hal ….
A. mengemukakan gagasan
B. mengaktualisasikan diri
C. penciptaan hubungan yang baik
D. menformulasikan tindakan
Kunci jawaban : C
Soal nomor 11
Tindakan yang paling tepat dilakukan pada saat siswa mengalami kesulitan memahami pelajaran yang sedang diajarkan adalah ....
A. mengulang kembali bahan yang diajarkan
B. memberikan tugas agar siswa mempelajari bahan yang belum dipahami
C. memberikan buku sumber untuk dipelajari siswa
D. membantu setiap siswa yang mengalami kesulitan
Kunci jawaban : D
Soal nomor 12
Seorang peserta didik mampu mendengarkan informasi yang disampaikan oleh guru, tetapi pada saat ditanya tidak mengerti apa yang ia dengar. Peserta didik tersebut mengalami kesulitan atau gangguan belajar dalam hal ....
A. kesulitan akademis
B. gangguan simbolik
C. gangguan nonsimbolik
D. gangguan sosial
Kunci jawaban : B
Soal nomor 13
Perbedaan antara konseling dan wawancara terletak pada maksud dan tujuannya. Tujuan konseling adalah ....
A. membantu siswa agar dapat memecahkan masalah pribadinya
B. membantu siswa agar dapat melakukan penyesuaian diri dengan lingkungannya
C. membantu siswa agar dapat mengatasi kesulitan belajar
D. membantu siswa agar memperoleh informasi tertentu
Kunci jawaban : C
Soal nomor 14
Cara yang yang paling cepat dan akurat yang digunakan untuk mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik yang bersumber dari faktor sosial adalah ….
A. sosiometri
B. angket
C. wawancara
D. brainstorming
Kunci jawaban : A
Soal nomor 15
Apabila Anda sebagai guru menemukan peserta didik mengalami kesulitan memahami materi pelajaran yang diberikan, tindakan apa yang akan dilakukan adalah .....
A. memindahkan tempat duduk peserta didik ke meja yang paling depan
B. mengulangi penjelasan bahan ajar kepada seluruh peserta didik
C. memberikan bantuan belajar kepada peserta didik yang bersangkutan
D. menugaskan seluruh peserta didik membaca buku sumber
Kunci jawaban : C
Soal nomor 16
Peserta didik banyak meluangkan waktu untuk bermain dengan teman-temannya. Dia rela menghabiskan waktunya untuk teman daripada belajar. Ketika hasil tes dibagikan, serta didik mendapat nilai yang kurang memuaskan. berusaha menyadarkan siswa. Hal tersebut merupakan penyadaran kesulitan belajar yang bersumber dari faktor ....
A. keluarga
B. sosial
C. kondisi fisik
D. intelektual
Kunci jawaban : B
Soal nomor 17
Teori ini memandang belajar sebagai hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan balasan dari siswa (response) yang dapat diamati. Semakin sering hubungan (bond) antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya (law of exercise).
Teori belajar yang dimaksud adalah .…
A. Behaviorisme
B. Humanistik
C. Sibernetik
D. Kontruktivisme
Kunci jawaban : A
Soal nomor 18
Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu.
Hal ini merupakan penerapan teori belajar….
A. Sibernetik
B. Humannistik
C. Behaviorisme
D. Konstruktivisme
Kunci jawaban : D
Soal nomor 19
Menurut teori ini, peranan guru dalam pembelajaran adalah sebagai fasilitator, motivator, dan memberikan kesadaran mengenai makna kehidupan pada siswa. Teori belajar ini berusaha memahami perilaku belajar dari sudut pandang pelakunya bukan dari sudut pandang pengamatnya.
Teori belajar ini adalah ….
A. Humanistik
B. Konstruktivisme
C. kognitivisme
D. Nativisme
Kunci jawaban : A
Soal nomor 20
Pada masa kini siswa dituntut untuk dapat belajar setiap saat dan bisa terjadi di manapun. Hal ini terjadi karena kemajuan teknologi yang memungkinkan belajar jarak jauh dalam jaringan atau online.
Pernyataan di atas sejalan dengan teori belajar ….
A. Sibernetik
B. Konstruktivisme
C. Behaviorisme
D. Kognitivisme
Kunci jawaban : A
Soal nomor 21
Pendapat yang menyatakan bahwa pengetahuan atau pengalaman yang baru dapat terkait dengan pengetahuan lama yang sudah ada di dalam struktur kognitif seseorang adalah teori belajar .…
A. Behaviorisme
B. Konstruktivisme
C. Kognitivisme
D. Sibernatik
Kunci jawaban : C
Soal nomor 22
Tujuan pembelajaran yang menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensinya dimuat dalam ....
A. Silabus
B. RPP
C. Silabus dan RPP
D. SKL
Kunci jawaban : B
Soal nomor 23
Komponen rancangan pelaksanaan pembelajaran terdiri dari ....
A. identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah
pembelajaran, evaluasi
B. identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, indikator,materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
C. identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, sumber belajar, media pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
D. identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, evaluasi, langkah-langkah pembelajaran
Kunci jawaban : A
Soal nomor 24
Silabus dan RPP sama-sama sebagai rencana proses pembelajaran, perbedaannya adalah sebagai berikut ....
A. Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan rpp mengarahkan kegiatan belajar
untuk mencapai kompetensi dasar
B. Silabus bersumber dari standar isi dan standar lulusan, sedangkan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan
C. RPP dibuat oleh setiap guru, sedangkan silabus dibuat oleh tim guru
D. RPP dan silabus keduanya disusun oleh setiap satuan pendidikan
Kunci jawaban : A
Soal nomor 25
Salah satu prinsip dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah ....
A. materi atau bahan ajar berbasis kompetensi
B. pembelajaran dirancang dengan berpusat pada peserta didik
C. RPP bersumber dari silabus
D. alokasi waktu sesuai dengan jadwal pada setiap satuan pendidikan
Kunci jawaban : B
Soal nomor 26
Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) disusun untuk setiap KD yang dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih dijabarkan dari ....
A. Silabus untuk pembuatan indikator dan tujuan pembelajaran dalam upaya mencapai KD
B. Silabus untuk pembuatan tujuan pembelajaran dan materi dalam upaya mencapai KD
C. Silabus untuk pembuatan ndikator dan penilaian dalam upaya mencapai KD
D. Silabus untuk mengarahkan kegiatan belajar peserta didik dalam upaya mencapai
KD
Kunci jawaban : D
Soal nomor 27
Perhatikan beberapa komponen dari RPP untuk mata pelajaran bahasa Indonesia adalah sebagai berikut.
1) Kompetensi dasar : Mengenal kegiatan bermusyawarah
2) Indikator : Menyebutkan dua ciri kegiatan bermusyawarah
3) Tujuan Pembelajaran : Setelah pelaksanaan pemilihan ketua kelas siswa dapat menyebutkan dua ciri kegiatan musyawarah dengan benar
Berdasarkan komponen-komponen RPP tersebut, prinsip digunakan adalah ....
A. memberikan umpan balik dan tindak lanjut
B. mendorong partisipasi aktif peserta didik
C. memperhatikan perbedaan individu peserta didik
D. keterkaitan dan keterpaduan
Kunci jawaban : D
Soal nomor 28
Di dalam mengunakan media dan alat bantu mengajar, guru sebaiknya memperhatikan beberapa faktor di bawah ini, kecuali ....
A. metode mengajar yang digunakan guru
B. karakteristik bahan ajar
C. waktu yang tersedia untuk kegiatan pembelajaran
D. buku sumber yang digunakan dalam pembelajaran
Kunci jawaban : C
Soal nomor 29
Seorang guru melakukan aktivitas pembelajaran sebagai berikut,
1) Membekali murid tidak hanya dengan fakta-fakta, melainkan diarahkan pada kemampuan penguasaan dalam proses berfikir dan berkomunikasi.
2) Berperan sebagai fasilitator dan pembimbing belajar peserta didik.
3) Melakukan penilaian yang mencakup cara-cara penyelesaian masalah dengan berpatokan pada aturan yang berlaku, seperti peta konsep, diagram ven, portopolio, uji kompetensi, dan ujian komprehensif.
Berdasarkan aktivitas tersebut, guru dapat dikatakan menggunakan pembelajaran yang berbasis ....
A. Kognitivisme
B. Behaviorisme
C. Konstructivisme
D. Humanisme
Kunci jawaban : C
Soal nomor 30
Menurut Piaget, periode perkembangan operasi kongkrit pada siswa usia peserta didik antara 7 – 12 tahun. Dengan demikian, proses pembelajaran dikelas harus lebih menekankan .…
A. penggunaan media, alat peraga termasuk sumber belajar
B. pemberian tugas yang terstruktur
C. penggunaan metode bervariasi
D. menekankan berfikir ktiris dan pemecahan masalah
Kunci jawaban : A
Soal nomor 31
Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut ....
A. ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi
B. ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, sĆntesis, dan evaluasi
C. ingatan, pemahaman, sĆntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi
D. ingatan, pemahaman, analisis, aplikasi, evaluasi, dan sĆntesis
Kunci jawaban : B
Soal nomor 32
Taksonomi Anderson dan Krathwol menyempurnakan taksonomi Benjamin S. Bloom
mengembangkan ranah kognitif dengan urutan ....
A. ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi
B. ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, sĆntesis
C. ingatan, pemahaman, sĆntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi
D. ingatan, pemahaman, aplikasi,analisis, evaluasi, dan, mencipta
Kunci jawaban : D
Soal nomor 33
Model pembelajaran yang mempunyai keunggulan antara lain; berpikir dan bertindak kreatif, memecahkan masalah yang dihadapi secara realistis, merangsang perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan tepat, adalah ….
A. Role Playing
B. Inquiry
C. Problem Solving
D. Picture and Picture
Kunci jawaban : C
Soal nomor 34
Faktor yang penting dipertimbangkan guru dalam melaksanakan diskusi pemecahan masalah proses pembelajaran adalah ....
A. waktu yang tersedia untuk melaksanakan diskusi
B. rumusan masalah yang harus didiskusikan
C. Jumlah peserta didik yang mengikti pembelajaran
D. motivasi belajar siswa
Kunci jawaban : B
Soal nomor 35
Kemampuan yang paling penting dimiliki guru tentang media dan alat bantu pembelajaran adalah ....
A. memilih bahan untuk membuat media atau alat bantu
B. membuat media dan alat bantu sederhana
C. menggunakan media dan alat bantu
D. merawat media dan alat bantu
Kunci jawaban : B
Soal nomor 36
Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda dalam ….
A. pencapaian standar kompetensi
B. pencapaian kompetensi dasar
C. pencapaian tujuan pembelajaran
D. pencapaian standar kelulusan
Kunci jawaban : D
Soal nomor 37
Tindakan yang paling tepat dilakukan pada saat siswa mengalami kesulitan memahami pelajaran yang sedang diajarkan adalah ....
A. mengulang kembali bahan yang diajarkan
B. memberikan tugas agar siswa mempelajari bahan yang belum dipahami
C. memberikan buku sumber untuk dipelajari siswa
D. membantu setiap siswa yang mengalami kesulitan
Kunci jawaban : D
Soal nomor 38
Jika Anda sebagai guru menemukan peserta didik mengalami kesulitan memahami materi pelajaran yang diberikan, tindakan yang akan Anda dilakukan adalah ....
A. memindahkan tempat duduk peserta didik ke meja yang paling depan
B. mengulangi penjelasan bahan ajar kepada seluruh peserta didik
C. memberikan bantuan belajar kepada peserta didik yang bersangkutan
D. menugaskan seluruh peserta didik membaca buku sumber
Kunci jawaban : C
Soal nomor 39
Tindakan yang paling tepat dilakukan guru, jika seorang peserta didik tidak memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan adalah ....
A. menunjuk peserta didik lain untuk menjawab pertanyaan tersebut
B. memberikan kritik agar peserta didik berusaha menjawab meskipun salah
C. menyederhanakan isi pertanyaan agar mudah dipahami peserta didik
D. menjawab sendiri pertanyaan tersebut
Kunci jawaban : A
Soal nomor 40
Prinsip sistematis sebagai salah satu prinsip pengembangan silabus, artinya ....
A. cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spritual peserta didik
B. adanya hubungan yang konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian
C. cakupan indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber
belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar
D. Komponen-komponen silabus saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi
Kunci jawaban : C
Soal nomor 41
Ciri-ciri kelas yang menggunakan pembelajaran CTL adalah sebagai berikut, kecuali ....
A. sharing dengan teman
B. guru kreatif
C. pengalaman nyata
D. menggunakan satu sumber
Kunci jawaban : D
Soal nomor 42
Di dalam memilih dan mengembangkan materi pembelajaran, Ibu Murni Nugroho selalu menyeleksi materi pembelajaran yang telah teruji kebenarannya, tidak ketinggalan jaman dan memberikan kontribusi untuk pemahaman ke depan. Kriteria penyeleksian dan pemilihan materi pembelajaran tersebut memenuhi kriteria ….
A. sahih
B. kebermanfaatan
C. layak dipelajari
D. menarik minat
Kunci jawaban : A
Soal nomor 43
Ibu Rossa menyiapkan materi pelajaran dengan cara dimulai dari materi-materi yang dikenal siswa kemudian menuju hal-hal baru dan dianggap lebih mendalam. Bentuk pengembangan materi yang disusun Ibu Rossa mengikuti pola ....
A. kausal
B. spiral
C. kronologis
D. inquiri
Kunci jawaban : B
Soal nomor 44
Memilih media pembelajaran hendaknya tidak boleh sembarangan tetapi harus didasarkan pada kriteria tertentu. Misalnya, apakah untuk belajar individual, kelompok kecil, kelompok besar atau massal.
Pernyataan tersebut dalam pemilihan media termasuk ke dalam kriteria ....
A. tujuan
B. sasaran didik
C. ketersediaan
D. konteks penggunaan
Kunci jawaban : D
Soal nomor 45
Pada saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru dapat menyusun strategi pembelajaran dan menentukan media yang akan digunakan dalam pembelajaran tersebut. Kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang pendidik terkait dengan keterampilan memilih media pembelajaran adalah .…
A. pendidik harus mengetahui latar sosial budaya siswa dan sekolah
B. pendidik harus memahami karakteristik dari media pembelajaran tersebut
C. pendidik harus menyesuaikan diri dengan kemampuan sekolah
D. pendidik menyesuaikan dengan materi pembelajaran
Kunci jawaban : B
Soal nomor 46
Pada saat menyiapkan pembelajaran seorang guru harus dapat menentukan jenis media yang tepat sesuai dengan materi. Di lihat dari kemampuan jangkauannya, media dapat dibedakan menjadi ....
A. media yang memiliki daya liput yang luas dan media yang memiliki daya liput
terbatas
B. media yang dpat didengar saja dan media yang dapat dilihat
C. media tradisional dan media berbasis TIK
D. media dua dimensi dan media tiga dimensi
Kunci jawaban : A
Soal nomor 47
Di dalam ruang media tersedia berbagai macam media yang sudah berdebu dan agak usang. Sebagai seorang pendidik yang kreatif, sebaiknya Anda dapat memanfaatkan media dan memilih media mana yang akan digunakan. Anda memiliki beberapa pertimbangan dalam hal ini.
Pertimbangan Anda dalam memilih media pembelajaran yang harus diperhatikan adalah ....
A. tujuan, sasaran didik, karakteristik media, waktu pengoperasian, biaya,
ketersediaan,konteks penggunaan, dan mutu teknis
B. sasaran didik, karakteristik media, waktu mengoperasikan, tujuan, misi visi sekolah dan konteks penggunaan
C. tujuan, sasaran didik, karakteristik media, visi sekolah dan konteks penggunaan
D. kultur sekolah, tujuan, waktu pengoperasiaan dan karakteristik media
Kunci jawaban : A
Soal nomor 48
Seorang guru harus mampu memanfaatkan media pembelajaran dan sumber belajar untuk mencapai tujuan pembelajaraan utuh. Pernyataan berikut yang benar terkait dengan media pembelajaran adalah ....
A. media pembelajaran yang paling baik adalah media yang berbasis TIK
B. sebuah media dapat digunakan untuk semua kegiatan pembelajaran
C. media dapat digunakan sebagai pembawa pesan dalam suatu kegiatan
pembelajaran
D. memilih media tidak perlu banyak pertimbangan agar tidak merepotkan
Kunci jawaban : C
Soal nomor 49
Setiap materi pembelajaran memiliki tingkat kesukaran yang bervariasi. Untuk memudahkan peserta didik memahami materi yang memiliki tingkat kesukaran tinggi guru sering memanfaatkan media pembelajaran. Misalnya, media gambar atau tayangan video yang berisi sistem peredaran darah.
Fungsi media pada pernyataan tersebut adalah ....
A. menampilkan objek yang terlalu besar
B. membuat konkrIt konsep yang abstrak
C. menampilkan objek yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang
D. membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar
Kunci jawaban : B
Soal nomor 50
Media memiliki fungsi dan manfaat bagi pembelajaran. Hal ini dirasakan juga oleh guru dalam membantu pembelajaran menjadi lebih efisien dan efektif. Misalnya saat guru ingin menjelaskan suatu konsep atau objek yang luas dan besar, dia tinggal menggunakan medianya saja.
Berikut ini salah satu fungsi dari media pembelajaran sesuai kondisi tersebut adalah ....
A. menampilkan objek yang terlalu besar, misalnya pasar dan candi
B. membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar
C. membuat konkret konsep yang abstrak, misalnya untuk menjelaskan peredaran darah
D. menampilkan objek yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang
Kunci jawaban : A
Keyword:
prediksi soal ppg 2022 soal pretest ppg pai 2022 pretest ppg kemendikbud 2022 soal-soal ppg pgsd latihan soal pretest ppg online soal materi profesional ppg contoh soal tpg kisi-kisi soal pretest ppg 2022 prediksi soal ppg 2022 soal pretest ppg pai 2022 pretest ppg kemendikbud 2022 soal-soal ppg pgsd latihan soal pretest ppg online soal materi profesional ppg
Post a Comment for "Contoh Soal dan Jawaban Pretest PPG Tahun 2022"
Yuk tinggalkan jejak dengan berkomentar