Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

LIRIK DAN MAKNA LAGU CUBLAK CUBLAK SUWENG

 LIRIK LAGU CUBLAK CUBLAK SUWENG

Cublak-cublak suweng

Suwenge teng gelenter,

Mambu ketundhung gudel,

Pak empong lera-lere,

Sopo ngguyu ndhelikake,

Sir-sir pong dhele kopong,

 

Makna deskriptif:

Tembang ini diciptakan oleh Sunan Giri. Biasanya anak-anak bermain cublak-cublak suweng dengan kawan sebayanya terutama anak putri. Memang Sunan Giri dan Sunan Kalijaga adalah dua penyebar agama Islam dengan pendekatan seni budaya, sehingga banyak berkarya dalam bidang seni budaya.

Adapun arti kata-kata dalam tembang: Cublak adalah sebuah wadah, suweng itu perhiasan/ anting wanita. Suwengnya berserakan, baunya seperti bau anak kerbau, orang tua ompong itu menoleh ke kiri kanan tampak bingung mencari sesuatu. Siapa yang gembira dialah yang ketempatan suweng. Sedangkan yang diam berarti tidak membawa suweng tersebut atau kosong.

 

Makna filosofis/ amanat:

Tempat kebahagiaan sejati yang dilambangkan cublak suweng berada pada diri setiap orang, dan ada dimana-mana. Untuk mencapainya orang sering tertipu oleh fatamorgana nafsu melakukan sesuatu yang tampaknya sebagai sumber kebahagiaan, tetapi sebenarnya bukan. Setelah mengumbar nafsu justru bukan kebahagiaan yang diperoleh tetapi kebingungan, itulah orang yang bodoh. Kebahagiaan sejati berada pada orang yang bersyukur. Dalam menemukan kebahagiaan perlu ketepatan memilih.

 

Deena Setyowati
Deena Setyowati Just wanna write what I want to write . . .

Post a Comment for "LIRIK DAN MAKNA LAGU CUBLAK CUBLAK SUWENG"