Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Ramainya Kirab Lurup Haul Kanjeng Sunan Prawoto ke-45

Desa Prawoto berada di Kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati, Provinsi Jawa Tengah. Untuk memperingati Haul Kanjeng Sunan Prawoto KPH. Raden Bagus Hadi Mu'min ke-45 telah diadakan serangkaian acara. Acara tersebut meliputi ziarah ke makam Kanjeng Sunan Prawoto, kirab Lurup, dan pengajian umum. Ziarah ke makam Kanjeng Sunan Prawoto dilakukan oleh sekolah-sekolah dari mulai TK, RA, MI, SD, SMP, MTS, sampai MA yang dilakukan sesuai jadwal. Pengajian umum dilakukan pada hari Selasa tanggal 7 Februari 2023 di area makam Sunan Prawoto pukul 19.00 WIB sampai selesai. 

Setelah dua tahun tidak diadakan kirab untuk memperingati haul Sunan Prawoto karena COVID-19, akhirnya pada tahun ini diadakan kembali kirab tersebut. Kirab Lurup dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 7 Februari 2023 pukul 13.00 WIB sampai selesai. Lokasi kirab Lurup dimulai dari Balai Desa Prawoto dan berakhir di makam Sunan Prawoto. Peserta yang mengikuti kirab ada 45 rombongan. 

Peserta karnaval kirab Lurup antara lain patroli Polsek Sukolilo, pasukan panji-panji makam sunan Prawoto, pembawa Lurup makam Sunan Prawoto,, tumpengan dan prajurit semut merah, parade mobil JIP, rombongan dari keraton Surakarta, rombongan Bupati dan Muspika, rombongan pengurus makam Sunan Prawoto, rombongan pemangku makam Aulia, dan tumpengan kepala desa Prawoto. Karnaval juga diikuti oleh sekolah-sekolah di Prawoto. TK dan RA mengenakan berbagai pakaian yang unik dan menarik. Karnaval juga dimeriahkan oleh marching band SD, MI, SMP, MTS, dan MA di Prawoto.

Kirab tersebut juga dimeriahkan oleh para pemuda. Dari pemuda-pemuda membuat seperti boneka raksasa dengan berbagai macam bentuk yang kemudian diarak pada kirab tersebut. Ada karnaval leang leong, karnaval kingkong Lembur, karnaval siluman plankton, karnaval celeng ireng, dan lain-lain. Bentuk-bentuk karnaval yang dibuat dapat dilihat pada gambar-gambar di bawah ini.













Acara kirab Lurup berjalan dengan lancar. Warga senang dapat melihat dan ikut berpartisipasi dalam acara kirab Lurup ini. Pedagang juga senang mendapat pemasukan. Acara ini sudah menjadi budaya yang menjadi agenda tahunan. Semoga acara ini dapat terus ada dan berkembang.



 

Deena Setyowati
Deena Setyowati Just wanna write what I want to write . . .

1 comment for "Ramainya Kirab Lurup Haul Kanjeng Sunan Prawoto ke-45 "