Friday, 11 January 2013

Jambore Pemuda III Karang Taruna Wonogiri

 

Jambore Pemuda III telah dilaksanakan pada tanggal 30 November – 2 Desember 2012 di Lapangan GOR Giri Mandala, Wonogiri. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan karang taruna tingkat Kabupaten Wonogiri yang diadakan setiap tiga tahun sekali. Kegiatan ini diikuti oleh kontingen-kontingen karang taruna dari seluruh kecamatan yang ada di kabupaten Wonogiri. Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat rasa persatuan pemuda pemudi karang taruna Wonogiri. Adapun acara-acara dalam Jambore ini yaitu:
1.         Lomba Teknologi Tepat Guna
Setiap kontingen mengirimkan wakil-wakilnya untuk mengikuti teknologi tepat guna. Lomba ini bertujuan untuk menggali kreativitas muda-mudi Wonogiri untuk menciptakan alat-alat yang berguna bagi masyarakat. Diharapkan alat-alat yang telah diciptakan dapat dikembangkan sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat luas. Alat-alat yang telah diciptakan dalam jambore ini antara lain kompor dengan bahan bakar minyak jelantah/klentik (minyak bekas untuk menggoreng), alat pemipil jagung, dan lain sebagainya.
2.         Lomba Cerdas Cermat
Lomba Cerdas Cermat (LCC) diikuti oleh tiga orang wakil dari setiap kontingen kecamatan. LCC ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan muda-mudi Wonogiri. Adapun materi LCC yaitu materi tentang karang taruna, sejarah kebangsaan Indonesia, dan empat pilar bangsa Indonesia. LCC dibagi menjadi tiga babak. Babak pertama merupakan babak penyisihan berupa ujian tertulis dengan bentuk soal 100 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian. Diambil 9 peserta untuk mengikuti babak kedua. Babak kedua merupakan babak semifinal. Pertanyaan yang diberikan berupa soal wajib, soal lemparan, dan soal rebutan. Diambil 3 peserta untuk mengikuti babak final.
Adanya LCC ini membuat peserta mempelajari pengetahuan baru yaitu pengetahuan tentang karang taruna. Selama ini mungkin masih banyak muda-mudi Wonogiri yang belum mengetahui tentang seluk beluk karang taruna. Materi karang taruna antara lain tentang lambang karang taruna, tujuan karang taruna, AD ART Karang Taruna dan lain-lain.
3.         Lomba Kreativitas Tenda
Masing-masing kontingen berlomba-lomba menghias tenda sedemikian rupa sesuai kreativitas masing-masing. Selain itu juga menjaga kebersihan dan kerapian tenda.
4.         Pawai
Peserta sebelumnya berkumpul di lapangan Krida Bakti Wonogiri kemudian berjalan dari lapangan tersebut sampai ke GOR Giri Mandala. Perjalanan tersebut diiringi oleh Marching Band dan reog.
5.         Pentas Seni
Dalam pentas seni ini setiap kontingen menampilkan satu pertunjukkan seni. Seni yang ditampilkan antara lai ada yang berupa seni tari, band, drama, dan lain-lain.
6.         Lomba Kelengkapan Administrasi
7.         Sarasehan
8.         Outbond

No comments:

Post a Comment

Yuk, tinggalkan jejak dengan berkomentar...