Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Membuat Patung dari Bubur Kertas – Teklek Cinderella yang Hilang


Alat dan Bahan:
  • Tang
  • Kawat kasa
  • Gunting
  • Kertas Koran
  • Air
  • Tepung Kanji
  • Waskom
  • Cat Semprot
  • Papan alas (triplek)




Langkah-langkah:
  1. Siapkan alat dan bahan.
  2. Rendam koran dalam air.
  3. Sambil menunggu koran lunak, buatlah kerangka dari kawat. Di sini saya menggunakan kawat kasa sebagai kerangkanya. Kawat kasa dapat dipotong dengan menggunakan gunting.
  4. Remas-remas koran yang telah direndam hingga menjadi seperti bubur. Semakin lama koran direndam maka akan semakin lunak.
  5. Buat lem dengan menggunakan tepung kanji.
  6. Rebus tepung kanji dengan air secukupnya. Aduk terus secara merata sampai menjadi lem. Bila tidak diaduk terus secara merata maka lem yang dihasilkan akan menggumpal.
  7. Campurkan lem kanji dan bubur kertas. Campur sampai merata. Terlalu banyak lem kanji akan membuat patung tidak cepat kering. Bila lem kanjinya kurang maka akan membuat patung mudah retak.
  8. Penuhi kerangka dengan campuran tersebut.
  9. Tunggulah sampai kering. Jangan dijemur karena bila dijemur akan mudah retak.
  10. Setelah kering, semprot dengan cat semprot berwarna hitam sebagai  warna dasar.
  11. Setelah kering semprot dengan cat warna gold, sehingga akan terlihat patung terbuat dari tembaga. Sebaiknya dalam menyemprot yang gold tidak terlalu full gold karena akan mengurangi nilai artistik.

Saya membuat sebuah teklek. Teklek adalah sandal kayu. Inspirasi saya adalah cerita Cinderella. Jadi saya beri judul patung bubur kertas ini “Teklek Cinderella yang Hilang”. Memang sederhana sekali tapi sarat akan filosofi. Setiap kali melihat sandal ini pasti orang akan bertanya di mana sandal yang satunya lagi.
Waktu penilaian pak dosen sudah langsung bisa menebak apa hasil karya saya. “Cinderella?”. Hasil kerja keras sampai tangan sakit semua kena kawat terbayarkan sudah. Terima kasih buat temenku yang sudah bantuin ngecat sepatuku. Mungkin kalau aku yang mengecat tak bisa dapat nilai sebagus itu.
Bubur Kertas

Kerangka

Sebelum di cat

Teklek Cinderella yang Hilang

Deena Setyowati
Deena Setyowati Just wanna write what I want to write . . .

1 comment for "Membuat Patung dari Bubur Kertas – Teklek Cinderella yang Hilang"