Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Soal CPNS SKB Tenaga Pendidik Guru SD SMP SMA

Soal Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) 
Tenaga Pendidik Guru  SD -  SMP - SMA


1. Belajar menurut Bell-Gredler adalah proses manusia untuk memperoleh kemampuan, keterampilan, dan sikap yang dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan. Proses belajar ini berlangsung ...
A. pada saat seseorang sedang bersekolah.
B. dari bayi sampai tua.
C. pada waktu siswa sudah siap.
D. pada waktu seseorang sedang belajar.
JAWABAN
B. dari bayi sampai tua.
Karena manusia mengalami proses belajar sepanjang hayat.



2. Seorang anak yang terbiasa disuapi oleh ibunya, pada waktu ibunya meninggal dunia anak ini tidak mau makan. Kondisi ini disebut extinction atau penghilangan yang dikenal dalam teori ...
A. Clasical conditioning dari Pavlov.
B. Connectionism dari Thorndike.
C. Behaviorism dari Watson.
D. Operant conditioning dari Skinner.
JAWABAN
A. Clasical conditioning dari Pavlov.
Karena dalam teori clasical conditioning ada 3 parameter yang salah satunya adalah extinction atau penghilangan, yang artinya apabila penguatan respons akan menurun atau menghilang.

  • dalam teori belajar connectionism tidak dikenal istilah extintion atau penghilangan.
  • dalam teori belajar behaviorism tidak ada proses penghilangan dalam pembelajaran.
  • dalam teori belajar operant  conditioning tidak dikenal istilah extintion.

3. Pada dasarnya teori belajar behavioristik sangat menekankan pada ...
A. proses belajar.
B. perkembangan siswa.
C. hasil belajar.
D. kepandaian siswa.
JAWABAN
B. perkembangan siswa.
Karena dalam teori belajar behavioristik yang ditekankan adalah perubahan perilaku.
- dalam teori belajar behavioristik yang ditekankan bukan proses belajarnya.
- dalam teori belajar behavioristik bukan hasil belajarnya yang ditekankan.

4. Proses lupa pada diri seseorang menurut Guthrie terjadi secara ...
A. tiba-tiba.
B. tidak terkendali.
C. bertahap.
D. terkendali.
JAWABAN
C. bertahap.
Karena proses lupa dalam diri seseorang mengalami beberapa tahapan.

5. Suatu teori belajar dikembangkan untuk membangun prinsip
ilmiah. Ini merupakan tujuan dari teori belajar ...
A. insight.
B. kognitif.
C. conditioning.
D. connectionism.
JAWABAN
B. kognitif.
Karena dengan membangun prinsip dihasilkan suatu prosedur yang dapat diterapkan dalam kelas untuk mendapatkan hasil yang produktif.

6. Teori belajar kognitif mempunyai perbedaan yang mendasar dengan teori belajar conditioning S-R . Teori belajar kognitif artinya...
A. mempelajari perilaku manusia di masa lalu digunakan untuk memprediksi masa depan.
B. mempelajari perilaku manusia masa lalu untuk mengetahui perilaku manusia masa lampau.
C. mempelajari perilaku manusia masa
D. mempelajari perilaku manusia masa kini untuk dibandingkan dengan perilaku manusia masa lalu.
JAWABAN
C. mempelajari perilaku manusia masa kini untuk keadaan manusia saat ini.
Karena pendekatan masa kini merupakan kognitif.

7. Penerapan teori belajar Bruner dalam pembelajaran, sebaiknya memperhatikan hal – hal berikut ini, kecuali ...
A. membantu siswa agar dapat melihat adanya hubungan konsep yang satu dengan yang lain.
B. memberikan pertanyaan yang memungkinkan siswa untuk mencari jawabannya.
C. mendiskusikan tentang suatu masalah dengan siswa.
D. mendorong siswa untuk menyampaikan pendapatnya.
JAWABAN
C. mendiskusikan tentang suatu masalah dengan siswa.
Karena hal ini bukan satu hal yang harus diperhatikan dalam menerapkan teori belajar Bruner dalam pembelajaran.


8. Dalam proses pembelajaran, informasi yang diterima oleh siswa kadang tidak ada hubungannya dengan pengetahuan atau konsep yang dimilikinya. Cara belajar seperti itu disebut dengan ...
A. belajar bermakna.
B. belajar sendiri.
C. belajar verbal.
D. belajar menghapal.
JAWABAN
D. belajar menghapal.
Karena dalam belajar menghapal, informasi baru dapat diterima atau dipelajari siswa tanpa menghubungkannya dengankonsep/ pengetahuan yang sudah ada.

9. Dari pernyataan di bawah ini, pernyataan manakah yang menunjukkan satu dari sembilan tahap pengolahan (proses) kognitif atau disebut dengan 'fase- fase belajar
A. Sebelum proses pembelajaran berlangsung, diperdengarkan rekaman satu drama sosial kepada siswa.
B. Pada waktu mengajar, Pak Wardi mengharuskan siswanya mengajukan satu pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang dibahas.
C. Pak Anto mengutamakan kualitas, penetapan, dan kegunaan belajar dalam proses pembelajaran.
D. Bu Siska mengharapkan adanya perubahan tingkah laku yang berlainan dari siswanya setelah proses pembelajaran berakhir.
JAWABAN
A.     Sebelum proses pembelajaran berlangsung, diperdengarkan rekaman satu drama sosial kepada siswa.

10. Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan intelektual adalah ekuilibrium. Yang dimaksud dengan ekuilibrium adalah ...
A. pengaruh sosial.
B. proses pengaturan dir
C. proses kematangan pribadi.
D. lingkungan fisik.
JAWABAN
B. proses pengaturan diri.
Karena manusia membutuhkan pengaturan diri agar dapat bertumbuh, berkembang, dan berubah sementara untuk menjadi lebih seimbang.

11. Dalam menerapkan teori belajar sosial yang dapat dijadikan model untuk ditiru adalah sebagai berikut, kecuali ...
A. guru pengajar di kelas.
B. teman satu kelas.
C. pahlawan nasional.
D. alumni.
JAWABAN
D. alumni.
Karena alumni statusnya tidak sama, bukan komunitas, dan tidak sebagai simbol.

12. Untuk mendukung agar ketiga elemen pengaturan diri (pemantauan diri, evaluasi diri, dan reaksi diri) mempunyai dampak positif dan maksimal pada kemampuan pengaturan diri siswa, maka ada  prosedur yang harus dilalui yaitu sebagai berikut, kecuali ...
A. penentuan tujuan.
B. tanggung jawab.
C. pemberian insentif.
D. penilaian atau evaluasi.
JAWABAN
D. penilaian atau evaluasi.
Karena penilaian atau evaluasi merupakan komponen atau elemen dari pengaturan diri.


13. Yang dimaksud dengan multipel intelegensi atau kecerdasan majemuk adalah
berbagai kemampuan yang dimiliki oleh siswa untuk ...
A. menjawab pertanyaan.
B. memecahkan masalah.
C. mengembangkan diri.
D. mengerjakan tugas.
JAWABAN
B. memecahkan masalah.
Karena dengan sejumlah kemampuannya itu maka anak dapat memecahkan masalahnya sesuai dengan konteksnya.

14. Yang tidak termasuk dalam karakteristik kecerdasan interpersonal, adalah ...
A. mampu bermain dalam kelompok.
B. mampu menjadi pemimpin.
C. mudah berkonsentrasi.
D. peka terhadap teman
JAWABAN
C. mudah berkonsentrasi.
Karena mudah berkonsentrasi tidak termasuk dalam karakteristik kecerdasan interpersonal.

15. Pendidikan merupakan suatu upaya untuk membantu manusia agar mampu hidup sesuai dengan martabat kemanusiaannya. Hal ini karena pendidikan bersifat ....
A. humanisasi
B. individualitas
C. sosialitas
D. potensialitas
JAWABAN
A. benar, sebab tujuan dari humanisasi adalah upaya memanusiakan manusia



Halaman Selanjutnya >>






soal skb tenaga pendidik guru sd
contoh soal skb tenaga pendidik dan guru
soal skb guru
download contoh soal skb guru
soal skb formasi guru
soal soal skb guru
soal skb jabatan fungsional guru
soal skb guru sd
soal skb guru tk
latihan soal skb guru
soal skb tenaga pendidik pdf
contoh soal skb tenaga pendidik
download soal skb tenaga pendidik
soal skb tenaga pendidik guru sd
kisi-kisi soal skb tenaga pendidik
contoh soal skb tenaga pendidik dan guru
soal skb guru
soal soal skb guru
download contoh soal skb guru
soal skb guru sd
soal skb formasi guru
latihan soal skb guru
soal skb tenaga kependidikan
contoh soal skb tenaga kependidikan
soal skb guru pai
Deena Setyowati
Deena Setyowati Just wanna write what I want to write . . .

Post a Comment for "Soal CPNS SKB Tenaga Pendidik Guru SD SMP SMA"