Soal CPNS SKB Tenaga Pendidik Guru SD SMP SMA
Soal Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)
Tenaga Pendidik Guru SD - SMP - SMA
1. Belajar menurut Bell-Gredler adalah
proses manusia untuk memperoleh kemampuan, keterampilan, dan sikap yang
dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan. Proses belajar ini berlangsung ...
A. pada saat seseorang sedang
bersekolah.
B. dari bayi sampai tua.
C. pada waktu siswa sudah siap.
D. pada waktu seseorang sedang belajar.
JAWABAN
B.
dari bayi sampai tua.
Karena
manusia mengalami proses belajar sepanjang hayat.
2. Seorang anak yang terbiasa disuapi
oleh ibunya, pada waktu ibunya meninggal dunia anak ini tidak mau makan.
Kondisi ini disebut extinction atau penghilangan yang dikenal dalam teori ...
A. Clasical conditioning dari Pavlov.
B. Connectionism dari Thorndike.
C. Behaviorism dari Watson.
D. Operant conditioning dari Skinner.
JAWABAN
A.
Clasical conditioning dari Pavlov.
Karena dalam teori clasical conditioning
ada 3 parameter yang salah satunya adalah extinction atau penghilangan, yang
artinya apabila penguatan respons akan menurun atau menghilang.
- dalam teori belajar connectionism tidak dikenal istilah extintion atau penghilangan.
- dalam teori belajar behaviorism tidak ada proses penghilangan dalam pembelajaran.
- dalam teori belajar operant conditioning tidak dikenal istilah extintion.
3. Pada dasarnya teori belajar
behavioristik sangat menekankan pada ...
A. proses belajar.
B. perkembangan siswa.
C. hasil belajar.
D. kepandaian siswa.
JAWABAN
B.
perkembangan siswa.
Karena dalam teori belajar behavioristik
yang ditekankan adalah perubahan perilaku.
- dalam teori belajar behavioristik yang
ditekankan bukan proses belajarnya.
- dalam teori belajar behavioristik
bukan hasil belajarnya yang ditekankan.
4. Proses lupa pada diri seseorang
menurut Guthrie terjadi secara ...
A. tiba-tiba.
B. tidak terkendali.
C. bertahap.
D. terkendali.
JAWABAN
C.
bertahap.
Karena proses lupa dalam diri seseorang
mengalami beberapa tahapan.
5. Suatu teori belajar dikembangkan
untuk membangun prinsip
ilmiah. Ini merupakan tujuan dari teori
belajar ...
A. insight.
B. kognitif.
C. conditioning.
D. connectionism.
JAWABAN
B.
kognitif.
Karena dengan membangun prinsip dihasilkan
suatu prosedur yang dapat diterapkan dalam kelas untuk mendapatkan hasil yang
produktif.
6. Teori belajar kognitif mempunyai
perbedaan yang mendasar dengan teori belajar conditioning S-R . Teori belajar
kognitif artinya...
A. mempelajari perilaku manusia di masa
lalu digunakan untuk memprediksi masa depan.
B. mempelajari perilaku manusia masa
lalu untuk mengetahui perilaku manusia masa lampau.
C. mempelajari perilaku manusia masa
D. mempelajari perilaku manusia masa
kini untuk dibandingkan dengan perilaku manusia masa lalu.
JAWABAN
C.
mempelajari perilaku manusia masa kini untuk keadaan manusia saat ini.
Karena pendekatan masa kini merupakan kognitif.
7. Penerapan teori belajar Bruner dalam
pembelajaran, sebaiknya memperhatikan hal – hal berikut ini, kecuali ...
A. membantu siswa agar dapat melihat
adanya hubungan konsep yang satu dengan yang lain.
B. memberikan pertanyaan yang
memungkinkan siswa untuk mencari jawabannya.
C. mendiskusikan tentang suatu masalah
dengan siswa.
D. mendorong siswa untuk menyampaikan
pendapatnya.
JAWABAN
C.
mendiskusikan tentang suatu masalah dengan siswa.
Karena hal ini bukan satu hal yang harus
diperhatikan dalam menerapkan teori belajar Bruner
dalam pembelajaran.
8. Dalam proses pembelajaran, informasi
yang diterima oleh siswa kadang tidak ada hubungannya dengan pengetahuan atau
konsep yang dimilikinya. Cara belajar seperti itu disebut dengan ...
A. belajar bermakna.
B. belajar sendiri.
C. belajar verbal.
D. belajar menghapal.
JAWABAN
D.
belajar menghapal.
Karena dalam belajar menghapal,
informasi baru dapat diterima atau dipelajari siswa tanpa menghubungkannya
dengankonsep/ pengetahuan
yang sudah ada.
9. Dari pernyataan di bawah ini,
pernyataan manakah yang menunjukkan satu dari sembilan tahap pengolahan
(proses) kognitif atau disebut dengan 'fase- fase belajar
A. Sebelum proses pembelajaran
berlangsung, diperdengarkan rekaman satu drama sosial
kepada siswa.
B. Pada waktu mengajar, Pak Wardi
mengharuskan siswanya mengajukan satu pertanyaan yang berkaitan dengan materi
yang dibahas.
C. Pak Anto mengutamakan kualitas,
penetapan, dan kegunaan belajar dalam proses pembelajaran.
D. Bu Siska mengharapkan adanya perubahan
tingkah laku yang berlainan dari siswanya setelah proses pembelajaran berakhir.
JAWABAN
A. Sebelum
proses pembelajaran berlangsung, diperdengarkan rekaman satu drama sosial
kepada siswa.
10. Salah satu faktor yang mempengaruhi
perkembangan intelektual adalah ekuilibrium. Yang dimaksud dengan ekuilibrium adalah
...
A. pengaruh sosial.
B. proses pengaturan dir
C. proses kematangan pribadi.
D. lingkungan fisik.
JAWABAN
B.
proses pengaturan diri.
Karena manusia membutuhkan pengaturan
diri agar dapat bertumbuh, berkembang, dan berubah sementara untuk menjadi
lebih seimbang.
11. Dalam menerapkan teori belajar sosial
yang
dapat dijadikan model untuk ditiru adalah
sebagai berikut, kecuali ...
A. guru pengajar di kelas.
B. teman satu kelas.
C. pahlawan nasional.
D. alumni.
JAWABAN
D.
alumni.
Karena
alumni statusnya tidak sama, bukan komunitas, dan tidak sebagai simbol.
12. Untuk mendukung agar ketiga elemen
pengaturan diri (pemantauan diri, evaluasi diri, dan reaksi diri) mempunyai
dampak positif dan maksimal pada kemampuan pengaturan diri siswa, maka ada prosedur yang harus dilalui yaitu sebagai
berikut, kecuali ...
A. penentuan tujuan.
B. tanggung jawab.
C. pemberian insentif.
D. penilaian atau evaluasi.
JAWABAN
D.
penilaian atau evaluasi.
Karena penilaian atau evaluasi merupakan
komponen atau elemen dari pengaturan diri.
13. Yang dimaksud dengan multipel
intelegensi atau kecerdasan majemuk adalah
berbagai kemampuan yang dimiliki oleh
siswa untuk ...
A. menjawab pertanyaan.
B. memecahkan masalah.
C. mengembangkan diri.
D. mengerjakan tugas.
JAWABAN
B.
memecahkan masalah.
Karena dengan sejumlah kemampuannya itu
maka anak dapat memecahkan masalahnya sesuai dengan konteksnya.
14. Yang tidak termasuk dalam
karakteristik kecerdasan interpersonal, adalah ...
A. mampu bermain dalam kelompok.
B. mampu menjadi pemimpin.
C. mudah berkonsentrasi.
D. peka terhadap teman
JAWABAN
C.
mudah berkonsentrasi.
Karena mudah berkonsentrasi tidak
termasuk dalam karakteristik kecerdasan interpersonal.
15. Pendidikan merupakan suatu upaya
untuk membantu manusia agar mampu hidup sesuai dengan martabat kemanusiaannya.
Hal ini karena pendidikan bersifat ....
A. humanisasi
B. individualitas
C. sosialitas
D. potensialitas
JAWABAN
A.
benar, sebab tujuan dari humanisasi adalah upaya memanusiakan manusia
Halaman Selanjutnya >>
soal skb tenaga pendidik guru sd
contoh soal skb tenaga pendidik dan guru
soal skb guru
download contoh soal skb guru
soal skb formasi guru
soal soal skb guru
soal skb jabatan fungsional guru
soal skb guru sd
soal skb guru tk latihan soal skb guru
soal skb tenaga pendidik pdf
contoh soal skb tenaga pendidik
download soal skb tenaga pendidik
soal skb tenaga pendidik guru sd
kisi-kisi soal skb tenaga pendidik
contoh soal skb tenaga pendidik dan guru
soal skb guru
soal soal skb guru
download contoh soal skb guru
soal skb guru sd
soal skb formasi guru
latihan soal skb guru
soal skb tenaga kependidikan
contoh soal skb tenaga kependidikan
soal skb guru pai
Post a Comment for "Soal CPNS SKB Tenaga Pendidik Guru SD SMP SMA"
Yuk tinggalkan jejak dengan berkomentar