Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Menulis Praktik Pembelajaran Jarak Jauh - Tahap 2: Diklat Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19

 

  1. Ingat seluruh pengalaman Anda dalam merancang dan menerapkan pembelajaran jarak jauh. Bagaimana alur pengalaman Anda sejak awal merancang hingga menerapkan pembelajaran jarak jauh? Bagaimana kondisi awal? Apa tantangan yang dihadapi? Apa yang Anda lakukan untuk mengatasi tantangan?

Pertama kali yang saya gunakan yaitu dengan mencari tahu nomer siswa/orang tua yang bisa dihubungi kemudian menanyakan kondisi siswa apakah siswa tersebut memiliki fasilitas yang dibutuhkan untuk kegiatan daring/luring seperti apakah orang tua siswa memiliki smartphone yang memadai dan apakah terjangkau sinyal internet, selain itu apakah orang tua secara ekonomi mampu berlangganan paket internet. Dan tidak lupa juga kemampuan orang tua dalam mendampingi anak belajar di rumah

 

Kemudian dari mencari tahu tersebut ternyata setiap orang tua siswa  memiliki Smartphone, jadi siswa menggunakan smartphone milik orang tuanya, dari segi ekonomi sebagian besar mampu untuk membeli kuota internet. Dari segi mendampingi anak belajar memang sebagian besar orang tua mereka bekerja mulai pagi sampai siang ada juga yang sampai sore sehingga kegiatan belajar anak sering tidak didampingi orang tua, atau bahkan karena smartphone di bawa orang tua bekerja maka anak mengerjakan tugasnya setelah orang tua pulang dari bekerja

 

Dari berbagai kondisi tersebut, guru memberikan tugas melalui WA Grup, dengan mengirimkan beberapa video pembelajaran. Guru juga memberikan tugas yang bisa diambil ke sekolah seminggu sekali. Untuk kuota internet pihak sekolah juga telah memberikan bantuan kuota selain itu juga siswa mendapat bantuan kuota belajar dari pemerintah langsung. Jika smartphone siswa di bawa orang tuanya bekerja, siswa dapat melaporkan tugas setelah orang tuanya pulang kerja

 

  1. Dari pengalaman yang telah Anda jelaskan sebelumnya, bagaimana respon dan komentar dari siswa Anda? Apa usulan siswa untuk pengembangan pembelajaran jarak jauh selanjutnya?

 

Siswa merasa ada keluhan tentang materi belajar yang susah di pahami terutama matematika, karena untuk cara pengerjaannya harus dijelaskan dahulu secara bertahap. Orang tua siswa menginginkan untuk beberapa kali dalam seminggu siswa masuk sekolah 

 

  1. Apa perbedaan praktik pembelajaran jarak jauh yang Anda lakukan antara sebelum dan sesudah mengikuti program Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19? Tuliskan poin perbedaan beserta bukti dan penjelasannya

 

Sebelum mengikuti program Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19 pembelajaran yang saya gunakan terbatas memberi tugas melalu WA grup untuk mengerjakan soal soal yang ada pada buku siswa, tetapi setelah mengikuti program Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19 pembelajaran yang saya gunakan lebih bervariatif seperti menggunakan website rumah belajar, kemudian mencari latihan soal di guru berbagi, dan membuat soal berbentuk kuis pada google form.

 

Poster perbedaan pembelajaran jarak jauh sebelum dan sesudah mengikuti program Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19
 

 
Deena Setyowati
Deena Setyowati Just wanna write what I want to write . . .

Post a Comment for "Menulis Praktik Pembelajaran Jarak Jauh - Tahap 2: Diklat Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19"