Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Asesmen Pasca Program Bimtek Guru Belajar Seri AKM Tingkat SMA

1. Pernyataan yang benar mengenai Asesmen Nasional yaitu….

Digunakan sebagai dasar perbaikan kualitas pembelajaran

Digunakan sebagai penilaian untuk penentuan nilai individu

Diberikan di akhir jenjang sebagai penentuan kelulusan siswa

Diberikan untuk menilai prestasi pendidikan setiap daerah

 

2. Dalam Asesmen Nasional pemetaan aspek pendukung kualitas pembelajaran di lingkungan sekolah dilakukanmelalui….

Survei karakter

Survei lingkungan belajar

Asesmen Kompetensi Minimum

Survei kualitas sekolah

 

3. Salah satu instrumen Asesmen Nasional adalah survei karakter. Dalam pelaksanaannya survei karaktermemiliki tujuan utama yaitu….

Mengukur kualitas pembelajaran dan iklim di sekolah yang menunjang pembelajaran siswa

Mengukur hasil belajar non kognitif menyangkut sikap, kebiasaan, dan nilai-nilai pancasila

pancasila Mengukur hasil belajar secara kognitif melalui kompetensi dasar literasi membaca dan

numerasi

Mengukur kemampuan akademik siswa dilihat dari nilai akhir siswa sebagai penentu kualitas

Sekolah

 

4. Perbedaan Asesmen Nasional dengan Ujian Nasional adalah….

Ujian Nasional dilakukan pada siswa kelas V, VII, dan XI sedangkan Asesmen Nasional untuk tingkat

akhir

Ujian Nasional dilakukan selama 1 minggu sedangkan Asesmen Nasional dilakukan selama 4 hari

Ujian Nasional dilakukan pada semua siswa sedangkan Asesmen Nasional pada siswa sampel

Ujian Nasional dilakukan secara daring, luring, dan blended sedangkan Asesmen Nasional dilakukan

secara daring

 

5. Pernyataan yang tepat mengenai ragam butir soal yang digunakan dalam Asesmen Kompetensi Minimumyaitu….

Jumlah butir soal yang diujikan pada semua setiap jenjang sama yaitu sejumlah 30 soal

Semua siswa pada setiap jenjang pendidikan akan mengerjakan soal dengan tingkat kesulitan sama

Soal asesmen terdiri atas pilihan ganda, menjodohkan, isian singkat, dan uraian

Kompetensi mendasar yang dipelajari setiap siswa berbeda sesuai dengan peminatannya

 

6. Dalam pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), konten dalam literasi membaca mencakup….

Teks informasi dan teks fiksi

Teks prosedur dan teks prosedur kompleks

Teks observasi dan teks deskripsi

Teks wacana dan teks argumentasi

 

7. Kompetensi minimum yang dimaksudkan dalam AKM adalah….

Kompetensi dasar siswa untuk mempelajari materi apapun

Kompetensi dasar yang harus dimiliki sekolah

Kompetensi matematika dan Bahasa Indonesia siswa

Kompetensi minimal setara yang harus dimiliki siswa

 

8. Asesmen Kompetensi Minimum dan Ujian Nasional memiliki beberapa perbedaan termasuk dalam kontekssoal. Dari pernyataan berikut manakah yang menunjukkan ciri-ciri soal Asesmen Kompetensi Minimum?

Konteks masalah yang diberikan bersifat rutin dan sederhana

Soal bersifat relevan dengan dunia nyata dan aplikatif

Soal mengacu pada penyelesaian sesuai konsep yang dipelajari

Dalam soal teks yang disajikan pendek namun kurang mendalam

 

9. Manakah dalam pernyataan berikut yang merupakan kelebihan dari Asesmen Kompetensi Minimumdibandingkan dengan soal Ujian Nasional?

Mutu pendidikan diukur dari penilaian konten yang esensial pada mata pelajaran tertentu

Penentuan dan pemetaan kemampuan siswa untuk dapat melanjutkan ke jenjang berikutnya

Kemampuan kognitif menjadi hal utama sehingga lebih menekankan pada penguasaan materi

Menekankan pada penguasaan kompetensi, dan penerapannya dalam berbagai konteks kehidupan

 

10. Dari yang sudah dipelajari mengenai Asesmen Kompetensi Minimum maka dapat disimpulkan bahwa….

Asesmen Kompetensi Minimum akan mempengaruhi penyelenggaraan kegiatan kelulusan siswa

Dengan Asesmen Kompetensi Minimum sekolah tidak lagi melaksanakan Ujian Sekolah (US)

Hasil Asesmen Kompetensi Minimum untuk mengevaluasi di berbagai aspek pembelajaran

Asesmen Kompetensi Minimum dilakukan juga untuk mengukur penguasaan siswa terhadap konten

 

11. Dilakukan pada berapa levelkah asesmen literasi pada jenjang SMA/MA/SMK?

1 level pembelajaran

2 level pembelajaran

3 level pembelajaran

4 level pembelajaran

 

12. Guru Ina mengajarkan mengenai memahami dan menggunakan sifat-sifat peluang kejadian, hal ini termasukdalam konten numerasi yaitu….

Bilangan

Pengukuran dan geometri

Aljabar

Data dan ketidakpastian

 

13. Guru Wahyu memberikan sebuah teks sastra kepada siswanya. Setelah itu Guru Wahyu meminta siswanyamenjelaskan ide pokok dan ide pendukung pada bacaan tersebut, hal ini merupakan salah satu bagian darikemampuan kognitif literasi yaitu….

Menemukan informasi

Memahami informasi

Menyusun inferensi

Mengevaluasi dan merefleksi

 

14. Dijenjang SMA/MA/SMK, asesmen numerasi pada dilakukan pada….

1 level pembelajaran

2 level pembelajaran

3 level pembelajaran

4 level pembelajaran

 

15. Manakah diantara materi berikut yang diujikan pada Asesmen Kompetensi Minimum Numerasi pada tingkatSMA/SMK/MA?

Memahami bilangan cacah

Memahami sifat-sifat bangun datar dan hubungan antara bangun datar

Menyelesaikan pertaksamaan linier satu variabel atau persamaan linier dua variable

Memahami barisan aritmatika dan geometri

 

16. Pada asesmen literasi SMA/SMK/MA, manakah kegiatan yang termasuk dalam konten menemukaninformasi?

Menjelaskan ide pokok dan beberapa ide pendukung pada teks sastra atau teks informasi

Menilai kualitas teks informasi berdasarkan pengalaman pribadinya dalam membaca teks

Menyimpulkan perubahan, kejadian, prosedur, gagasan atau konsep di dalam teks informasi atau

teks sastra

Mengidentifikasi kata kunci yang efektif untuk menemukan sumber informasi yang relevan

pada teks sastra atau teks informasi

 

17. Pernyataan yang tepat mengenai Asesmen Kompetensi Minimumdi tingkat SMA/SMK/MA adalah….

Soal yang diberikan berjumlah 36 soal literasi

Siswa yang mengikuti berjumlah 30 orang

Siswa yang mengikuti tes diambil dari kelas 10

Soal numerasi yang diberikan berjumlah 32 soal

 

18. Manakah diantara kegiatan berikut ini yang menunjukkan hubungan antara numerasi dengan matapelajaran PJOK tingkat SMA/SMK/MA?

Memperkirakan berapa kalori yang dibakar untuk kegiatan fisik tertentu

Membandingkan tingkat pertumbuhan ekonomi di berbagai era Presiden Indonesia

Membuat grafik penggunaan air pribadi dan membandingkannya dengan ketersediaan air di

berbagai daerah di Indonesia

Mengestimasi pertumbuhan makhluk hidup dan menyatakan prediksi dengan membuat bagan

 

19. Asesmen literasi pada jenjang SMA/SMK/MA terdiri atas 2 level pembelajaran. Manakah pernyataan yangtepat mengenai level pembelajaran dan isi konten pembelajaran?

Pada level pembelajaran 1 siswa akan siswa akan mengakses dan mencari informasi, memahami teks

secara literal dan menyusun inferensi, membuat koneksi dan prediksi baik teks tunggal maupun teks

jamak. Menilai format penyajian dalam teks dan merefleksi asumsi, ideologi, atau nilai yang

terkandung dari teks sastra atau teks informasi untuk memahami cara pandang penulis.

 

Pada level pembelajaran 1 siswa akan memahami teks secara literal dan menyusun inferensi,

membuat koneksi dan prediksi baik teks tunggal maupun teks jamak. Menilai format penyajian

dalam teks dan merefleksi isi wacana untuk pengambilan keputusan, menetapkan pilihan, dan

mengaitkan isi teks terhadap pengalaman pribadi.

 

Pada level pembelajaran 2 siswa akan mengakses dan mencari informasi, memahami teks secara

literal dan menyusun inferensi, membuat koneksi dan prediksi baik teks tunggal maupun teks jamak.

Menilai format penyajian dalam teks dan merefleksi isi wacana untuk pengambilan keputusan,

menetapkan pilihan, dan menjustifikasikan pendapat orang lain berdasarkan isi teks.

 

Pada level pembelajaran 2 siswa akan siswa akan mengakses dan mencari informasi,

memahami teks secara literal dan menyusun inferensi, membuat koneksi dan prediksi baik

teks tunggal maupun teks jamak. Menilai format penyajian dalam teks dan merefleksi asumsi,

ideologi, atau nilai yang terkandung dari teks sastra atau teks informasi untuk memahami

cara pandang penulis.

 

20. Bagaimana peran Asesmen Kompetensi Minimum pada jenjang SMA/SMK/MA dapat mempengaruhikelulusan siswa?

Asesmen Kompetensi Minimum merupakan penilaian yang nantinya akan menjadi penentu

kelulusan siswa untuk melanjutkan ke perguruan tinggi

Asesmen Kompetensi Minimum mendorong perbaikan mutu pembelajaran, namun kelulusan

siswa akan diukur melalui ujian sekolah

Asesmen Kompetensi Minimum menggantikan peran Ujian Nasional sehingga tidak ada penilaian lain untuk penentu kelulusan siswa

Asesmen Nasional memetakan sekolah yang bermutu untuk mengirimkan siswa ke perguruan tinggi

 

21. Salah satu ciri pembelajaran berbasis kompetensi adalah….

Berpusat pada materi pembelajaran

Belajar untuk cakupan materi

Belajar untuk pemahaman konsep dan keterampilan

Berorientasi pada nilai akhir

 

22. Berikut adalah beberapa pernyataan mengenai pembelajaran berbasis konten dan pembelajaran berbasiskompetensi:

1. Menunjukkan kinerja dengan menerapkan konsep

2. Pembelajaran terkait dengan konteks kehidupan nyata siswa

3. Belajar untuk cakupan materi yang harus dikuasai

4. Berorientasi pada konteks dan penguasaan kompetensi

5.Berorientasi pada nilai akhir

6.Menjawab serangkaian pertanyaan topik berdasarkan teks

Manakah pernyataan yang menunjukkan pembelajaran berbasis konten?

1), 3), 5)

2), 4), 5)

3), 5), 6)

1), 4), 6)

 

23. Dari hasil AKM ditemukan bahwa siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan yang dimiliki dalam konteksyang lebih beragam maka siswa tersebut dapat dikategorikan dalam kelompok….

Perlu intervensi khusus

Dasar

Cakap

Mahir

 

24. Guru Cleo memberikan soal teks dan ditemukan siswa

mampu mengintegrasikan beberapa informasi tekspada bacaan yang berbeda maka siswa tersebut dapat dikategorikan dalam kelompok….

Perlu intervensi khusus

Dasar

Cakap

Mahir

 

25. Bagaimana keterkaitan antara Asesmen Kompetensi Minimum dengan standar kurikulum secarakeseluruhan?

Asesmen Kompetensi Minimum terikat secara erat dengan konten kurikulum

Asesmen Kompetensi Minimum mengukur penguasaan siswa atas konten kurikulum secara

keseluruhan

Asesmen Kompetensi Minimum memperhatikan apa yang seharusnya diajarkan oleh guru

pada tiap kelas

Asesmen Kompetensi Minimum terlepas dari keseluruhan kurikulum sekolah

 

26. Soal dalam asesmen literasi menggunakan proses kognitif yang lebih baik dibandingkan Ujian Nasionalkarena terdapat proses baru yaitu….

Mencari, mengakses, serta menemukan informasi dari bacaan

Memahami informasi tersirat maupun tersurat dari bacaan

Memadukan interpretasi (pemahaman) pada bagian teks untuk menghasilkan kesimpulan

Mengevaluasi dan merefleksikan isi teks dengan hal lain diluar teks maupun pengalamannya

 

27. Bagaimana hasil Asesmen Kompetensi Minimum (literasi dan numerasi) dapat digunakan untuk menyusunstrategi pembelajaran yang efektif dan berkualitas terhadap pembelajaran lain?

Menyesuaikan pembelajarannya sesuai tingkat kompetensi siswa

Melakukan penilaian mandiri untuk mata pelajaran lain

Menyusun pembelajaran sesuai konten materi pada asesmen

Menyesuaikan pembelajaran dengan tingkat kompetensi terendah siswa

 

28. Dalam asesmen numerasi siswa dituntut untuk bernalar menggunakan konsep matematika dan memberikansolusi yang lebih aplikatif sehingga soal yang diberikan akan mendorong siswa untuk….

Menyelesaikan soal sesuai konsep matematika

Mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari

Memahami data dalam bentuk tabel maupun grafik

Memahami fakta, prosedur, serta alat matematika

 

29. Apa tindak lanjut yang dapat diambil oleh sekolah terkait hasil AKM?

Memetakan pencapaian siswa dalam AKM yang dapat digunakan untuk seleksi masuk ke jenjang

sekolah yang lebih tinggi

Menyusun dan melaksanakan program pengayaan untuk mendorong prestasi belajar siswa lebih

baik lagi

Mendorong siswa untuk mendapatkan skor tinggi dan mengesampingkan pelajaran yang tidak

relevan dengan AKM

Merefleksi hasil AKM dalam pembelajaran sehingga guru-guru dapat membangun

kompetensi serta karakter siswa

 

30. Bagaimana keterkaitan antara pelaksanaan AKM dan tantangan pembelajaran berbasis kompetensi yangdihadapi guru?

Pelaporan hasil Asesmen Kompetensi Minimum dirancang untuk memberikan informasi

mengenai tingkat kompetensi siswa pada kompetensi dasar literasi membaca dan numerasi

Pelaporan hasil Asesmen Kompetensi Minimum berupa nilai yang sejalan dengan karakteristik

utama dari pembelajaran berbasis kompetensi yang berfokus capaian hasil akhir berupa nilai

Pelaporan Asesmen Kompetensi Minimum akan membantu guru mempersiapkan materi

pembelajaran untuk digunakan oleh siswa sesuai dengan pembelajaran berbasis kompetensi

Pelaporan hasil Asesmen Kompetensi Minimum akan memberikan standar penguasaan yang harus

dimiliki oleh siswa sehingga semua siswa akan mencapai level mahir bersamaan

 

bimtek akm smabimtek akm gurucara mendaftar bimtek akmbimtek akm kemdikbudbimtek akm guru belajarbimtek akm adalahbimtek pubimtek lkibimtek artinyabimtek itbimtek aksibimtek penyusunan rencana aksi pokja pugbimtek mk bimtek asesmen nasionalbimtek asesmen kompetensi minimumasesmen pelatihanbimtek itbimtek onlinebimtek pubimtek pmpbimtek apabimtek lkibimtek jogjabimtek guru belajar seri asesmen kompetensi minimumbimtek artinya

Deena Setyowati
Deena Setyowati Just wanna write what I want to write . . .

Post a Comment for "Asesmen Pasca Program Bimtek Guru Belajar Seri AKM Tingkat SMA"