Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Asesmen Pasca Program Guru Belajar Seri AKM Tingkat SD

 Jawaban Asesmen Pasca Program Guru Belajar Seri AKM Tingkat SD

1. Pernyataan yang benar mengenai Asesmen Nasional yaitu….

Digunakan sebagai dasar perbaikan kualitas pembelajaran

Digunakan sebagai penilaian untuk penentuan nilai individu

Diberikan di akhir jenjang sebagai penentuan kelulusan siswa

Diberikan untuk menilai prestasi pendidikan setiap daerah

Correct

Asesmen Nasional diberikan untuk mengukur kualitas pembelajaran di setiap satuan pendidikan, bukan untuk mengukur capaian hasil belajar siswa.

2. Dalam Asesmen Nasional pemetaan aspek pendukung kualitas pembelajaran di lingkungan sekolah dilakukan melalui….

Survei karakter

Survei lingkungan belajar

Asesmen Kompetensi Minimum

Survei kualitas sekolah

Correct

Survei lingkungan belajar dilakukan untuk mengevaluasi dan memetakan aspek pendukung kualitas pembelajaran.

3. Salah satu instrumen Asesmen Nasional adalah survei karakter. Dalam pelaksanaannya survei karakter memiliki tujuan utama yaitu….

Mengukur kualitas pembelajaran dan iklim di sekolah yang menunjang pembelajaran siswa

Mengukur hasil belajar non kognitif menyangkut sikap, kebiasaan, dan nilai-nilai pancasila

Mengukur hasil belajar secara kognitif melalui kompetensi dasar literasi membaca dan numerasi

Mengukur kemampuan akademik siswa dilihat dari nilai akhir siswa sebagai penentu kualitas sekolah

Correct

Survei karakter dirancang untuk mengukur capaian siswa  dari hasil belajar sosial-emosional yang mencakup  karakter (sifat, kebiasaan, dan nilai-nilai pancasila).

4. Perbedaan Asesmen Nasional dengan Ujian Nasional adalah….

Ujian Nasional dilakukan pada siswa kelas V, VII, dan XI sedangkan Asesmen Nasional untuk tingkat akhir

Ujian Nasional dilakukan selama 1 minggu sedangkan Asesmen Nasional dilakukan selama 4 hari

Ujian Nasional dilakukan pada semua siswa sedangkan Asesmen Nasional pada siswa sampel

Ujian Nasional dilakukan secara daring, luring, dan blended sedangkan Asesmen Nasional dilakukan secara daring

Correct

Siswa yang mengikuti Asesmen Nasional adalah siswa pada tingkat kelas 5, 8, dan 11, dan tidak dilakukan pada semua siswa, sedangkan ujian nasional diwajibkan bagi semua siswa pada tingkat akhir.

Asesmen Nasional dilakukan selama 2 hari sedangkan ujian nasional dilakukan 4 hari

5. Pernyataan yang tepat mengenai ragam butir soal yang digunakan dalam Asesmen Kompetensi Minimum yaitu….

Jumlah butir soal yang diujikan pada semua setiap jenjang sama yaitu sejumlah 30 soal

Semua siswa pada setiap jenjang pendidikan akan mengerjakan soal dengan tingkat kesulitan sama

Soal asesmen terdiri atas pilihan ganda, menjodohkan, isian singkat, dan uraian

Kompetensi mendasar yang dipelajari setiap siswa berbeda sesuai dengan peminatannya

Correct

Siswa pada jenjang SD/MI akan diberikan 30, sedangkan siswa jenjang SMP/MTS dan SMA/SMK/MA akan diberikan 36 soal.

AKM dilaksanakan secara adaptif, sehingga setiap siswa akan menempuh soal yang sesuai dengan kemampuan siswa itu sendiri.

AKM mengukur kompetensi mendasar yang perlu dipelajari semua siswa tanpa membedakan peminatannya.

6. Dalam pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), konten dalam literasi membaca mencakup….

Teks informasi dan teks fiksi

Teks prosedur dan teks prosedur kompleks

Teks observasi dan teks deskripsi

Teks wacana dan teks argumentasi

Correct

Dalam pelaksanaan AKM konten literasi terdiri atas teks fiksi (cerita) dan teks informasi (berisi informasi fakta).

7. Kompetensi minimum yang dimaksudkan dalam AKM adalah….

Kompetensi dasar siswa untuk mempelajari materi apapun

Kompetensi dasar yang harus dimiliki sekolah

Kompetensi matematika dan Bahasa Indonesia siswa

Kompetensi minimal setara yang harus dimiliki siswa

Correct

Dalam penilaiannya asesmen literasi dan numerasi, mengukur konten tertentu yang didasarkan pada kompetensi dasar yang harus dimiliki siswa untuk mempelajari materi apapun.

8. Asesmen Kompetensi Minimum dan Ujian Nasional memiliki beberapa perbedaan termasuk dalam konteks soal. Dari pernyataan berikut manakah yang menunjukkan ciri-ciri soal Asesmen Kompetensi Minimum?

Konteks masalah yang diberikan bersifat rutin dan sederhana

Soal bersifat relevan dengan dunia nyata dan aplikatif

Soal mengacu pada penyelesaian sesuai konsep yang dipelajari

Dalam soal teks yang disajikan pendek namun kurang mendalam

Correct

Asesmen Kompetensi Minimum melihat bagaimana siswa mampu mengaplikasikan konten pembelajaran ke dalam kehidupan sehari-hari, sehingga konteks soal yang diberikan harus relevan dengan dunia nyata. Sedangkan Ujian Nasional memberikan soal yang lebih menekankan pada bagaimana penguasaan konten untuk mengerjakan soal yang diberikan.

9. Manakah dalam pernyataan berikut yang merupakan kelebihan dari Asesmen Kompetensi Minimum dibandingkan dengan soal Ujian Nasional?

Mutu pendidikan diukur dari penilaian konten yang esensial pada mata pelajaran tertentu

Penentuan dan pemetaan kemampuan siswa untuk dapat melanjutkan ke jenjang berikutnya

Kemampuan kognitif menjadi hal utama sehingga lebih menekankan pada penguasaan materi

Menekankan pada penguasaan kompetensi, dan penerapannya dalam berbagai konteks kehidupan

Correct

Asesmen Kompetensi Minimum menekankan pada penguasaan kompetensi dan pengaplikasian dalam kehidupan sehari-hari, sedangkan Kompetensi yang diukur pada Ujian Nasional sudah sampai pada level interpretasi (pemahaman) namun kurang mengevaluasi maupun merefleksi.

10. Dari yang sudah dipelajari mengenai Asesmen Kompetensi Minimum maka dapat disimpulkan bahwa….

Asesmen Kompetensi Minimum akan mempengaruhi penyelenggaraan kegiatan kelulusan siswa

Dengan Asesmen Kompetensi Minimum sekolah tidak lagi melaksanakan Ujian Sekolah (US)

Hasil Asesmen Kompetensi Minimum untuk mengevaluasi di berbagai aspek pembelajaran

Asesmen Kompetensi Minimum dilakukan juga untuk mengukur penguasaan siswa terhadap konten

Correct

Hasil pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum untuk mengevaluasi berbagai bidang pembelajaran. Asesmen Kompetensi Minimum  tidak dilakukan  untuk penentuan kelulusan siswa, dan bukan untuk mengukur penguasaan konten tetapi mengukur kemampuan bernalar siswa.  Meskipun telah dilaksanakan asesmen, ujian sekolah tetap akan dilaksanakan.

11. Perhatikan komponen berikut:

(a)  Konten

(b)  Proses kognitif

(c)   Proses non kognitif

(d)  Konteks

Manakah yang mencakup tiga komponen penilaian asesmen literasi membaca?

(a), (b), (c)

(a), (b), (d)

(a), (c), (d)

(b), (c), (d)

Correct

Komponen AKM literasi membaca yaitu pertama, konten yang terkait teks informasi dan teks fiksi. Kedua, proses kognitif terkait menemukan informasi, interpretasi dan integrasi, serta evaluasi dan refleksi. Ketiga, konteks yang terkait personal, sosial budaya, dan saintifik.

12. Guru Anwar memberikan soal teks bacaan sederhana pada siswanya dengan menggunakan pertanyaan siapa, mengapa, dan dimana. Kompetensi apakah yang akan diukur oleh Guru Anwar?

Menemukan informasi tersurat

Membandingkan hal-hal utama dalam teks

Menilai kesesuaian antara ilustrasi dengan isi teks

Mengidentifikasi kejadian yang dihadapi tokoh cerita

Correct

Pertanyaan siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana digunakan untuk menemukan informasi tersurat pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya.

13. Pada soal-soal literasi yang diberikan, Guru Rani memberikan bacaan fiksi mengenai bayi komodo. Guru Rani membuat pertanyaan “Apa yang membuat bayi komodo takut ketika melihat bayi komodo lain?” Kompetensi apakah yang akan diukur oleh Guru Rani?

Menilai kesesuaian antara ilustrasi dengan isi teks

Menyimpulkan perasaan dan sifat tokoh pada teks

Mengidentifikasi kejadian yang dihadapi tokoh cerita

Menyusun inferensi (kesimpulan) terkait isi teks

Correct

Kata takut, gembira, sedih, dan kata sifat lainnya mengenai perasaan seseorang atau sesuatu merupakan kompetensi untuk menyimpulkan perasaan dan sifat tokoh pada teks sastra sesuai jenjangnya.

14. Guru Aziz meminta siswa untuk memilih setiap kalimat yang menyatakan latar tempat dalam bacaan. Kompetensi apakah yang ingin diukur oleh Guru Aziz melalui pertanyaan tersebut?

Menyimpulkan perasaan dan sifat tokoh serta elemen intrinsik lain

Membandingkan hal-hal utama dalam teks sastra

Merefleksi pengetahuan baru yang diperoleh dari teks

Mengidentifikasi perubahan dalam elemen intrinsik pada teks

Correct

Mengidentifikasi perubahan dalam elemen intrinsik (kejadian/karakter/setting/konflik/alur cerita) pada teks sastra sesuai jenjangnya.

15. Pada asesmen numerasi tingkat SD, hal yang akan diujikan dalam konten geometri dan pengukuran level pembelajaran 2 yaitu….

Mengenal segi empat, segitiga, segi banyak, dan lingkaran

Mengenal limas kerucut dan bola

Mengenal prisma dan tabung

Mengenal balok dan kubus

Correct

Segi empat, segitiga, segi banyak, dan lingkaran, balok dan kubus merupakan level pembelajaran awal  karena dipelajari sebelum mempelajari prisma dan tabung. Sedangkan bangun limas dan bola termasuk dalam asesmen numerasi level 3 karena dipelajari setelah mempelajari tabung dan prisma.

16. Menyelesaikan soal mengenai persamaan linear merupakan merupakan salah satu konten dalam asesmen numerasi yaitu….

Bilangan

Geometri dan pengukuran

Aljabar

Data dan ketidakpastian

Correct

Salah satu pokok mengenai pembelajaran aljabar adalah persamaan, baik persamaan sederhana maupun persamaan linear.

17. Asesmen literasi membaca tingkat SD dilaksanakan dalam….

1 level pembelajaran

2 level pembelajaran

3 level pembelajaran

4 level pembelajaran

Correct

Asesmen literasi untuk jenjang SD/MI dilaksanakan dalam 3 level pembelajaran yaitu level 1 (kelas 1 dan 2), level 2 (kelas 3 dan 4), dan level 3 (kelas 5 dan 6).

18. Analisis soal berikut dan temukan manakah yang termasuk dalam soal Asesmen Kompetensi Minimum!

Andi memiliki 200 gram gula pasir dan 1,2 kilogram tepung terigu. Saat dicampurkan maka beratnya menjadi …. kilogram.

Perhatikan kemasan minuman sari buah berikut! Jika dituliskan dalam bentuk pecahan paling sederhana, berapakah kandungan sari buah apel?

KPK dari 85, 90, dan 125 dalam bentuk faktorisasi utama adalah….

Diketahui sebuah kubus dengan panjang sisi 40 cm. Berapa volume kubus tersebut?

Correct

Jawaban soal (b) lebih mencerminkan persoalan yang terkait dengan kehidupan sehari-hari.

19. Bagaimana dampak Asesmen Kompetensi Minimum pada siswa SD yang diketahui tidak ada Ujian Nasional sebelumnya?

Asesmen Kompetensi Minimum memiliki konsekuensi pada siswa SD sehingga akan menjadi beban tambahan

Asesmen Kompetensi Minimum akan menjadi seleksi siswa SD untuk memasuki jenjang SMP

Asesmen Kompetensi Minimum lebih baik karena menjadi tolak ukur untuk menilai pencapaian siswa

Asesmen Kompetensi Minimum tidak menjadi beban karena tidak menilai pencapaian siswa, melainkan berfokus pada proses

Correct

Asesmen baru ini dirancang agar tidak memiliki konsekuensi bagi siswa. Karena itu, Asesmen Kompetensi Minimum tidak menjadi tolak ukur untuk mengukur pencapaian siswa atau sebagai seleksi untuk memasuki jenjang berikutnya, melainkan untuk pemetaan mutu pendidikan.

20. Pada tingkat SD asesmen literasi maupun numerasi terdapat 3 level pembelajaran, manakah yang menunjukkan penjelasan yang tepat mengenai setiap level tersebut?

Pada level pembelajaran 3, siswa akan merepresentasi, mengurutkan dan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan. Mengenal bangun geometri dan pengukurannya. Mempelajari persamaan dan pertidaksamaan bilangan serta relasi dan fungsi bilangan.

Pada level pembelajaran 2, siswa akan merepresentasi, mengurutkan dan operasi penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian dengan bilangan bulat ataupun desimal. Mengenal bangun geometri dan pengukurannya. Persamaan dan pertidaksamaan bilangan, relasi dan fungsi bilangan, juga rasio dan proporsi. Mempelajari data dengan representasinya.

Pada level pembelajaran 1, siswa akan merepresentasi, mengurutkan dan operasi penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian dengan bilangan bulat ataupun desimal. Mengenal bangun geometri dan pengukurannya. Mempelajari persamaan dan pertidaksamaan bilangan, relasi dan fungsi bilangan, juga rasio dan proporsi. Mempelajari data dengan representasinya serta ketidakpastian dan peluang.

Pada level pembelajaran 3, siswa akan merepresentasi, mengurutkan dan operasi penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian dengan bilangan bulat ataupun desimal. Mengenal bangun geometri dan pengukurannya. Persamaan dan pertidaksamaan bilangan, relasi dan fungsi bilangan, juga rasio dan proporsi. Mempelajari data dengan representasinya.

Correct

Pada level pembelajaran 1 siswa belum mendapatkan konten mengenai data dan ketidakpastian, sedangkan pada level 2 dan 3 terdiri atas konten bilangan, geometri dan pengukuran, aljabar, serta data dan ketidakpastian. Selain itu yang membedakan antara level 2 terdapat penentuan kejadian dan peluang, sedangkan level 3 tidak terdapat materi tersebut.

21. Salah satu ciri pembelajaran berbasis kompetensi adalah….

Berpusat pada materi pembelajaran

Belajar untuk cakupan materi

Belajar untuk pemahaman konsep dan keterampilan

Berorientasi pada nilai akhir

Correct

Pada pembelajaran berbasis kompetensi, siswa diharapkan memiliki penguasaan konsep, keterampilan dan pengetahuan sebagai proses pembelajaran. Pembelajaran berbasis kompetensi berpusat pada kebutuhan dan berorientasi pada proses  dan penguasaan kompetensi.

22. Berikut adalah beberapa pernyataan mengenai pembelajaran berbasis konten dan pembelajaran berbasis kompetensi:

Menunjukkan kinerja dengan menerapkan konsep

Pembelajaran terkait dengan konteks kehidupan nyata siswa

Belajar untuk cakupan materi yang harus dikuasai

Berorientasi pada konteks dan penguasaan kompetensi 

Berorientasi pada nilai akhir

Menjawab serangkaian pertanyaan topik berdasarkan teks 

Manakah pernyataan yang menunjukkan pembelajaran berbasis konten?

1), 3), 5)

2), 4), 5)

3), 5), 6)

1), 4), 6)

Correct

Pernyataan nomor 1, 2, dan 4 menunjukkan karakteristik pembelajaran berbasis kompetensi, sedangkan pernyataan nomor 3, 5, dan 6, menunjukkan karakteristik pembelajaran berbasis konten.

23. Dari hasil AKM ditemukan bahwa siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan yang dimiliki dalam konteks yang lebih beragam maka siswa tersebut dapat dikategorikan dalam kelompok….

Perlu intervensi khusus

Dasar

Cakap

Mahir

Correct

Siswa dikategorikan ‘cakap’ apabila mampu mengaplikasikan pengetahuan yang dimiliki dalam konteks yang lebih beragam sedangkan kategori ‘mahir’  jika mampu bernalar untuk menyelesaikan masalah berdasarkan konsep literasi mau pun numerasi yang dimilikinya.

24. Guru Cleo memberikan soal teks dan ditemukan siswa mampu mengintegrasikan beberapa informasi teks pada bacaan yang berbeda maka siswa tersebut dapat dikategorikan dalam kelompok….

Perlu intervensi khusus

Dasar

Cakap

Mahir

Correct

Siswa dikategorikan ‘mahir’ apabila mampu mengintegrasikan beberapa informasi lintas teks; mengevaluasi isi, kualitas, cara penulisan suatu teks, dan bersikap reflektif terhadap isi teks.

25. Bagaimana keterkaitan antara Asesmen Kompetensi Minimum dengan standar kurikulum secara keseluruhan?

Asesmen Kompetensi Minimum terikat secara erat dengan konten kurikulum

Asesmen Kompetensi Minimum mengukur penguasaan siswa atas konten kurikulum secara keseluruhan

Asesmen Kompetensi Minimum memperhatikan apa yang seharusnya diajarkan oleh guru pada tiap kelas

Asesmen Kompetensi Minimum terlepas dari keseluruhan kurikulum sekolah

Correct

Asesmen Kompetensi Minimum tidak terikat erat dengan konten kurikulum. Namun, dari sisi konten, memperhatikan apa yang (seharusnya) diajarkan oleh guru pada tiap kelas dan jenjang pendidikan. 

26. Soal dalam asesmen literasi menggunakan proses kognitif yang lebih baik dibandingkan Ujian Nasional karena terdapat proses baru yaitu….

Mencari, mengakses, serta menemukan informasi dari bacaan

Memahami informasi tersirat maupun tersurat dari bacaan

Memadukan interpretasi (pemahaman) pada bagian teks untuk menghasilkan kesimpulan

Mengevaluasi dan merefleksikan isi teks dengan hal lain diluar teks maupun pengalamannya

Correct

Kompetensi yang diukur pada Ujian Nasional sudah sampai pada level interpretasi (pemahaman) namun belum sampai pada tahap mengevaluasi maupun merefleksi isi teks. Hal ini baru diterapkan pada Asesmen Kompetensi Minimum.

27. Bagaimana hasil Asesmen Kompetensi Minimum (literasi dan numerasi) dapat digunakan untuk menyusun strategi pembelajaran yang efektif dan berkualitas terhadap pembelajaran lain?

Menyesuaikan pembelajarannya sesuai tingkat kompetensi siswa

Melakukan penilaian mandiri untuk mata pelajaran lain

Menyusun pembelajaran sesuai konten materi pada asesmen

Menyesuaikan pembelajaran dengan tingkat kompetensi terendah siswa

Correct

Fokus asesmen adalah kompetensi berpikir sehingga hasil pengukuran tidak sekedar mencerminkan prestasi akademik pelajaran Bahasa Indonesia dan matematika saja. Literasi dan numerasi justru bisa dan seharusnya memang dikembangkan melalui berbagai mata pelajaran, termasuk IPA, IPS, kewarganegaraan, agama, seni, dan mata pelajaran lainnya.

Pelaporan tingkat kompetensi dapat dimanfaatkan guru berbagai mata pelajaran untuk menyusun strategi pembelajaran yang efektif dan berkualitas sesuai dengan tingkat kompetensi siswa.

28. Dalam asesmen numerasi siswa dituntut untuk bernalar menggunakan konsep matematika dan memberikan solusi yang lebih aplikatif sehingga soal yang diberikan akan mendorong  siswa untuk….

Menyelesaikan soal sesuai konsep matematika

Mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari

Memahami data dalam bentuk tabel maupun grafik

Memahami fakta, prosedur, serta alat matematika

Correct

Melalui soal AKM, siswa melatih kemampuan bernalar dan mengaplikasikan konsep matematika yang telah dipelajari sehingga mampu menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari.

29. Apa tindak lanjut yang dapat diambil oleh sekolah terkait hasil AKM?

Memetakan pencapaian siswa dalam AKM yang dapat digunakan untuk seleksi masuk ke jenjang sekolah yang lebih tinggi

Menyusun dan melaksanakan program pengayaan untuk mendorong prestasi belajar siswa lebih baik lagi

Mendorong siswa untuk mendapatkan skor tinggi dan mengesampingkan pelajaran yang tidak relevan dengan AKM

Merefleksi hasil AKM dalam pembelajaran sehingga guru-guru dapat membangun kompetensi serta karakter siswa

Correct

Seperti yang sering dijelaskan sebelumnya bahwa tujuan Asesmen Nasional bukan untuk memetakan prestasi siswa namun mendorong mutu pendidikan dan peningkatan prestasi siswa sehingga hasil Asesmen Kompetensi Minimum dapat digunakan untuk refleksi dan melakukan perbaikan pembelajaran di sekolah untuk membangun kompetensi dan karakter siswa.

30. Bagaimana keterkaitan antara pelaksanaan AKM  dan tantangan pembelajaran berbasis kompetensi yang dihadapi guru?

Pelaporan hasil Asesmen Kompetensi Minimum dirancang untuk memberikan informasi mengenai tingkat kompetensi siswa pada kompetensi dasar literasi membaca dan numerasi

Pelaporan hasil Asesmen Kompetensi Minimum berupa nilai yang sejalan dengan karakteristik utama dari pembelajaran berbasis kompetensi yang berfokus capaian hasil akhir berupa nilai

Pelaporan Asesmen Kompetensi Minimum akan membantu guru mempersiapkan materi pembelajaran untuk digunakan oleh siswa sesuai dengan pembelajaran berbasis kompetensi

Pelaporan hasil Asesmen Kompetensi Minimum akan memberikan standar penguasaan yang harus dimiliki oleh siswa sehingga semua siswa akan mencapai level mahir bersamaan

Correct

Tantangan pembelajaran berbasis kompetensi bagi guru antara lain adalah kemampuan untuk mengidentifikasi tahapan kompetensi dasar siswa termasuk literasi dan numerasi. Laporan hasil AKM dapat membantu memetakan tahapan kompetensi siswa.

 

Asesmen Pasca Program Guru Belajar Seri AKM

Deena Setyowati
Deena Setyowati Just wanna write what I want to write . . .

3 comments for "Asesmen Pasca Program Guru Belajar Seri AKM Tingkat SD"