Soal Penilaian Tema 9 Kelas 5 Semester 2
Contoh soal PTS/ PAT Tema 9 Kelas 5 K13 ini kami tujukan untuk adik- adik selaku persiapan dalam menghadapi ulangan yang sebetulnya. Dengan terdapatnya soal ini supaya dalam mengerjakan soal nantinya tidak merasa bimbang dan bisa mengerjakan dengan gampang. Selain itu beberapa contoh soal yang mungkin bisa dijadikan sebagai bahan refrensi soal. Soal yang kakak bagikan ini merupakan soal Ulangan Harian atau Penilaian Harian kelas V SD/MI, tentang Tema 9 Kelas 5
Berikut ini merupakan contoh latihan Soal PTS/ PAT Tema 9 Kelas 5 Semester 2 Terkini Tahun Ajaran 2021/ 2022. Mudah- mudahan soal PTS/PAT Tema 9 bisa dijadikan sebagai bahan rujukan belajar buat adik- adik kelas 5 dalam menghadapi PTS/ PAT Semester 2
Berikut ini merupakan contoh latihan Soal PTS/ PAT Tema 9 Kelas 5 Semester 2 Terkini Tahun Ajaran 2021/ 2022. Mudah- mudahan soal PTS/PAT Tema 9 bisa dijadikan sebagai bahan rujukan belajar buat adik- adik kelas 5 dalam menghadapi PTS/ PAT Semester 2
Soal Penilaian Tema 9 Kelas 5 Semester 2
I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c dan d pada lembar jawaban dengan benar !
PPKn KD 3.3
1. Salah satu contoh perilaku yang mencerminkan persatuan dan kesatuan di dalam masyarakat adalah…
A. Sering melewatkan giliran ronda
B. Menjaga kebersihan lingkungan sekolah
C. Membersihkan lingkungan bersama- sama
D. Hanya berteman dengan yang seagama atau yang sesuku saja
2. Perilaku yang dapat mencerminkan persatuan dan kesatuan berikut ini adalah, kecuali….
A. Bergotong royong membangun lingkungan sekitar.
B. Menjenguk salah satu warga yang sakit
C. Bekerja sama dalam menjaga keamanan lingkungan.
D. Mementingkan diri sendiri/ tidak mau bekerja sama
3. Perhatikan gambar berikut ini!
Dengan adanya perbedaan adat dan istiadat dalam masyarakat seperti pada gambar, tidak membuat perpecahan namun dapat menunjukkan adanya …..
A. Kerusuhan
B. Kesatuan
C. Keragaman
D. Kerukunan
4. Kegiatan bekerja sama dan bahu membahu menyelesaikan pekerjaan untuk kepentingan bersama tanpa memandang perbedaan satu sama lain dapat diwujudkan di dalam kegiatan…
A. Hidup berdampingan
B. Jalan sehat
C. Gotong royong
D. Beribadah
5. Persatan dan kesatuan wilayah negara sangat penting karena ...
A. Meramaikan kondisi suatu Negara
B. Menentukan berlangsungnya suatu pemerintahan
C. Menjadikan suatu negara berada dalam kondisi genting
D. Membuat masyarakat suatu negara dalam keadaan bingung
6. Manfaat hidup rukun adalah …
A. Mudah terjadi pertengkaran
B. Kehidupan menjadi tidak tenteram
C. Mudah terkena hasutan orang lain
D. Memperkukuh persatuan dan kesatuan.
7. Makna penting di dalam persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia adalah sebagai berikut ini adalah …
A. Rasa persatuan dan kesatuan menjalin rasa kebersamaan dan saling melengkapi antara satu dengan yang lain
B. Menjalin sikap tidak saling toleransi serta rasa tidak harmonis untuk hidup berdampingan secara rukun dan damai
C. Tidak menjalin rasa persahabatan dan kekeluargaan
D. Mudah terkena hasutan orang lain yang tidak baik
8. Dayu berasal dari suku sunda, Dayu berteman baik dengan Beni yang berasal dari suku betawi, sedangkan Edo pun berasal dari suku betawi. Di sekolah Edo dan Beni bertengkar karena membanggakan sukunya masing-masing. Sikap Beni seharusnya dalam hal ini adalah…
A. Membela Dayu karena Dayu teman baiknya
B. Membela Edo karena berasal dari suku yang sama
C. Menjelaskan kepada Dayu dan Edo bahwa setiap suku mempunyai keunikan masing-masing agar mereka segera berdamai
D. Menjelaskan suku Jawa lebih baik
9. Perhatikan unsur-unsur berikut ini!
1. Nama produk
2. Gambar yang menarik
3. Keunggulan Produk
4. Kelemahan produk
5. Harga produk
Unsur-unsur iklan yang tepat ditunjukkan oleh nomor …
A. 1,2 dan 4
B. 1,3 dan 5
C. 2,3 dan 4 D. 3,4 dan 5
10. Maksud dari iklan tersebut adalah ….
A. Anjuran membeli sayur setiap hari
B. Menu untuk membuat jus dari aneka macam sayur
C. Anjuran mengonsumsi sayur bagi penderita diabetes
D. Pilihan menu sayur untuk dikonsumsi
11. Contoh-contoh media iklan :
1. Radio
2. Majalah
3. Koran
4. Televisi
5. Tabloid
6. Internet
7. Poster
Yang merupakan contoh media iklan elektronik ditunjukkan oleh nomor ….
A. 1, 4, dan 6
B. 2, 3, dan 5
C. 3, 5, dan 6
D. 4, 6, dan 7
12. Berikut ini yang bukan tujuan iklan adalah ….
A. Memberitahukan khalayak ramai tentang suatu produk/jasa
B. Mempengaruhi khalayak ramai tentang suatu produk/jasa
C. Menyarankan seseorang untuk menggunakan produk/jasa yang diiklankan
D. Memaksa khalayak ramai membeli suatu produk/jasa
13. Ciri-ciri iklan yang baik antara lain yaitu ….
A. Komunikatif dan menggunakan istilah asing
B. Informatif dan menggunakan kalimat yang panjang
C. Informatif dan menggunakan bahasa yang singkat
D. Menarik dan provokatif
14. Perhatikan gambar berikut!
Gambar tersebut merupakan contoh iklan ….
A. Iklan elektronik
B. Iklan radio
C. Iklan baris
D. Iklan kolom
15. Isi dari iklan berikut adalah ….
A. Anjuran menghemat air dengan menutup keran saat tidak digunakan
B. Anjuran menggunakan keran di bumi
C. Anjuran menghemat air dengan membuka keran terus-menerus
D. Anjuran menjaga bumi dengan membuka keran saat tidak digunakan
16. Perhatikan kolom contoh iklan berikut!
Pasangan yang tepat dari contoh iklan tersebut adalah ….
A. B = 2 dan C = 3
B. C = 1 dan A = 2
C. B = 3 dan A = 1
D. A = 2 dan C = 3
17. Zat yang komponen penyusunnya hanya terdiri dari satu materi saja disebut zat ….
A. Tunggal
B. Campuran
C. Homogen
D. Heterogen
18. Benda-benda di bawah ini yang termasuk zat tunggal adalah …
A. Gula, kopi dan minyak
B. Lumpur, besi dan kerikil
C. Air, garam dan gula
D. Air, emas dan perak
19. Zat tunggal memiliki satu jenis identitas. Zat tunggal terdiri dari unsur dan senyawa. Berikut ini merupakan contoh dari zat tunggal yang bersifat senyawa adalah ....
A. Besi
B. Kalsium
C. Sulfur
D. Air
20. Berikut ini merupakan contoh unsur logam kecuali …..
A. Besi
B. Emas
C. Nitrogen
D. Tembaga
21. Data beberapa campuran:
1. alkohol dan air
2. air dan solar
3. gula dan air
4. minyak tanah dan solar
Campuran tersebut yang dapat membentuk larutan ditunjukkan nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (4)
D. (3) dan (4)
22. Ridwan membuat minuman dari air, kopi dan susu dalam sebuah gelas. Setelah diaduk rata ternyata nampak endapan kopi di bagian bawah gelas. Dengan demikian campuran antara air, kopi dan susu termasuk zat ….
A. Tunggal homogeny
B. Tunggal heterogen
C. Campuran homogeny
D. Campuran heterogen
23. Perhatikan table di bawah ini!
Berdasarkan tabel di atas komponen yang tercampur dengan sempurna adalah...
A. Air + minyak dan air + pasir
B. Air+ gula dan air + pewarna makanan
C. Air + gula dan air + minyak
D. Air + pewarna makanan dan minyak + gula
24. Budi sedang membuat teh manis. Budi mencampurkan bahan-bahan yang terdiri dari air, teh, dan juga gula. Sifat campuran air, teh, dan gula adalah....
A. Terdiri dari 2 senyawa dan 1 campuran
B. Terdiri dari 2 unsur dan 1 campuran
C. Terdiri dari 1 senyawa dan 1 unsur
D. Terdiri dari 2 senyawa dan 1 unsur
25. Wilayah Indonesia dilalui garis khatulistiwa. Secara astronomis, letak wilayah Indonesia berada pada ….
A. 60LU - 110 LS dan 950 BT – 1410 BT
B. 60LS - 110 LU dan 950 BT – 1410 BT
C. 60LU - 110 LS dan 950 BT – 1410 BB
D. 60LU - 110 LU dan 950 BT – 1410 BB
26. Kecamatan Semarang barat berada pada ketinggian 0-4 meter. Daerah ini memiliki aliran sungai yang bermuara di Pantai Utara Jawa. Kenampakan alam daerah tersebut yaitu ….
A. Perbukitan
B. Pegunungan
C. Dataran tinggi
D. Dataran rendah
27. Perhatikan gambar berikut!
Manfaat kenampakkan alam ditunjukkan oleh gambar yaitu ….
A. Meningkatkan produksi perikanan
B. Memudahkan kegiatan transportasi
C. Meningkatkan kegiatan perdagangan
D. Mengembangkan sumber energi baru
28. Terumbu karang ditemukan dibeberapa perairan di Indonesia. Tidak semua perairan di Indonesai diberkahi terumbu karang yang indah. Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi Tenggara memiliki bawah laut berupa terumbu karang. Pemanfaatan kenampakkan alam berdasarkan bacaan tersebut adalah …
A. Objek wisata
B. Budi daya nila
C. Tambak udang
D. Budi daya bakau
29. Perhatikan eterangan berikut ini!
1. Usaha laundry Indah
2. Bisnis waralaba ayam goreng
3. CV Mulia Perkasa
4. PT Indonusa Jaya
5. Fa Mitra Makmur Jenis usaha yang termasuk badan usaha kelompok ditunjukkan oleh angka …..
A. 1), 2) dan 3)
B. 1), 2) dan 4)
C. 2), 3) dan 4)
D. 3), 4) dan 5)
30. Salah satu manfaat koperasi di sekolah yang dirasakan para siswa adalah sebagai sarana ….
A. Memenuhi kebutuan sekolah
B. Menggeakan kegitan ekonomi
C. Meningkatkan taraf hidup masyarakat
D. Mencari keuntungan sebesar-besarnya
31. SD Handayani memiliki 200 siswa. Di SD tersebut belum ada toko yang menjual barang kebutuhan siswa. Guru meminta siswa membentuk koperasi guna belajar sambil praktik berwirausaha. Jenis usaha bersama yang tepat adalah ….
A. Koperasi produksi
B. Koperasi konsumsi
C. Koperasi serbausaha
D. Koperasi simpan pinjam
32. Perhatikan pernyataan berikut!
1. Menghormati orang yang sedang bekerja
2. Menghargai pekerjaan orang lain
3. Mencela dan merendahkan mata pencaharian orang lain
4. Membiasakan membeli produk-produk lokal
5. Membeli barang-barang luar negera
Cara menghargai keanekaragamana mata pencaharian masyarakat ditunjukkan oleh angka ….
A. 1, 2, 3
B. 2, 3, 4
C. 3, 4, 5
D. 1, 2, 4
33. Berdasarkan urutan tangga nada yang digunakan dalam lagu “Lir-Ilir”, jenis tangga nada pentatonis yang digunakan adalah ….
A. Pelog
B. Slendro
C. Degung
D. Madenda
34. Perhatikan susunan nada berikut ini!
1 – 1 – 1/2 – 1 – 1 – 1 – 1/2
Susunan nada diatas merupakan tangga nada ….
A. Diatonis mayor
B. Diatonis minor
C. Diatonis minor harmonis
D. Diatonis minor melodis
35. Perhatikan gambar dibawah ini !
Gambar diatas menggunakan pola lantai …..
A. Vertikal
B. Horizontal
C. Diagonal
D. Melengkung
36. Fungsi pola lantai dalam tarian adalah …..
A. Mengetahui ciri khas sebuah tarian
B. Menentukan jenis properti tari yang digunakan
C. Membuat posisi dalam ruang gerak sebuah tarian
D. Menentukan jenis tarian yang akan dipentaskan
37. Perhatikan gambar berikut ini !
Gambar diatas merupakan tari ….
A. Gambyong
B. Seudati
C. Piring
D. Saman
38. Ciri-ciri karya seni rupa daerah adalah ….
A. Mengandung simbol simbol bermakna
B. Bersifat umum
C. Corak dan motifnya tidak dipengaruhi oleh geografi daerah
D. Terbuat dari bahan sintetis
39. Berikut ini yang tidak termasuk tahapan membuat batik jumputan adalah ….
A. Merebus air untuk membuat pewarna kain
B. Mmbungkus kelereng dengan kain
C. Mengikat kain menggunakan raffia
D. Menutup pola menggunakan lilin/malam
40. Perhatikan gambar dibawah ini !
Gambar diatas merupakan karya seni rupa daerah, yaitu ….
A. Batik
B. Gerabah
C. Lukisan
D. Ukiran kayu
Keyword: soal ulangan harian kelas 5 tema 9 subtema 2 soal ulangan harian kelas 5 tema 9 dan kunci jawaban tugas online kelas 5 tema 9 soal tema 9 subtema 1 kelas 5 soal kelas 5 tema 9 dan kunci jawaban soal tema 9 kelas 5 pdf soal penilaian harian tema 9 subtema 3 kelas 5 soal tema 9 benda-benda di sekitar kita kelas 5 soal penilaian harian tema 9 kelas 5 soal penilaian harian tema 9 subtema 1 kelas 5 soal penilaian akhir semester kelas 5 tema 9 soal penilaian harian tema 9 subtema 3 kelas 5 soal penilaian harian tema 9 subtema 2 kelas 5 soal penilaian harian tema 9 kelas 5 dan kunci jawaban tugas online kelas 5 tema 9 soal tema 9 subtema 1 kelas 5 soal kelas 5 tema 9 dan kunci jawaban kisi-kisi soal kelas 5 tema 9 subtema 1 soal tema 9 kelas 5 pdf soal ulangan harian kelas 5 tema 9 subtema 2
Post a Comment for "Soal Penilaian Tema 9 Kelas 5 Semester 2 "
Yuk tinggalkan jejak dengan berkomentar