Friday, 18 January 2013

Meningkatkan Kegemaran Membaca


A.    Pengertian Kegemaran Membaca
Membaca adalah suatu cara untuk mendapatkan informasi dari sesuatu yang ditulis. Membaca tidak hanya terbatas pada buku ilmu pengetahuan saja, tetapi semua jenis buku dapat dibaca seperti novel, majalah, cerita humor, komik, koran dan sebagainya. Gemar artinya suka, senang sekali. Perasan suka atau gemar akan sesuatu datang dari kesadaran pribadi bukan paksaan dari orang lain. Jadi, kegemaran membaca merupakan kesenangan untuk mendapatkan informasi yang ditulis.
Membaca harus bisa dibuat menjadi kegiatan mengasyikkan yang mampu memperkaya cita rasa seseorang dalam kehidupan. Kita harus tahu bahwa membaca dapat menjadi kegiatan yang seru. Membaca bukan hanya sekedar membaca tulisan-tulisan di buku.
Gemar membaca adalah seperti makan stroberi. Kita makan mereka karena mereka enak, lupa bahwa mereka juga baik bagi kita, tidak seperti bayam dikukus, yang kita makan hanya karena itu baik untuk kita. Jadi gemar membaca berarti kita menikmati apa yang kita baca tanpa harus diingatkan dan dipaksa.

B.     Alasan  Tidak Gemar Membaca
Alasan kita tidak gemar membaca antara lain:
1.      Kita tidak mengetahui kebutuhan buku yang seharusnya kita baca. Bila yang kita baca adalah bacaan yang terlalu berat untuk kita maka kita akan merasa cepat bosan.
2.      Posisi dan suasana yang tidak nyaman membuat kita cepat bosan ketika membaca.
3.      Masih kurangnya minat untuk membaca dalam diri seseorang.
4.      Kita akan mudah mengantuk apabila buku yang dibacanya terlalu tebal dan mungkin kurang menarik untuk dibaca.

C.    Manfaat Memiliki Kegemaran Membaca
Jika kita memiliki kegemaran membaca, maka banyak manfaat yang akan kita peroleh. Manfaat tersebut antara lain:
1.      Membuka wawasan baru yaitu dari tidak tahu menjadi tahu sehingga pengetahuan kita menjadi luas dan perbendaharaan kata kita pun bertambah.
  1. Membaca dapat digunakan sebagai sarana untuk menghibur diri, karena membaca dapat membuat kita memperoleh ketenangan dan kesenangan pada saat kita membaca.
  2. Membaca buku-buku dengan subyek yang bervariasi akan memperluas pengetahuan daya tarik pribadi kita. Karena membaca dapat meningkatkan kecerdasan intelektual, spiritual, emosional, dan kepercayaan diri yang berpadu dengan kerendahan hati. Semakin banyak membaca, semakin besar kesempatan untuk kita menjadi orang yang lebih bijaksana dalam bertutur kata dan bertindak.
  3. Dengan membaca, kita dapat menemukan kisah orang-orang yang mengalami kegagalan dan kesuksesan. Kedua kisah tersebut dapat menjadi inspirasi bagi kita untuk lebih meningkatkan ilmu yang kita miliki. Selain itu kita juga belajar dari kisah-kisah tersebut sehingga dapat bermanfaat dalam kehidupan kita.

D.    Usaha Meningkatkan Kegemaran Membaca pada Diri Sendiri
Adapun usaha meningkatkan kegemaran membaca pada diri sendiri antara lain:
  1. Menumbuhkan minat baca kita dengan sering pergi ke perpustakaan dan toko buku. Kita bisa meminjam berbagai macam buku di perpustakaan. Dengan sering ke perpustakaan dan toko buku, kita akan terbiasa untuk melihat-lihat buku sehingga menumbuhkan rasa penasaran kita untuk membaca. Sehingga kita akan menjadi lebih senang untuk membaca buku.
  2. Memilih buku-buku yang menurut kita menarik untuk dibaca pada saat ada waktu luang.    
  3. Memanfaatkan waktu luang yang kita miliki untuk membaca buku minimal lima belas menit setiap hari untuk membaca. Dengan demikian membaca menjadi rutinitas sehari-hari dan yang membuat kita senang tanpa harus merasa terbebani untuk membaca.
  4. Membawa buku bersama kita saat pergi. Setiap ada kesempatan kita membaca buku. Misalnya saat menunggu teman, menunggu bus, sedang istirahat, maupun waktu luang lainnya kita dapat mengisinya dengan membaca.
  5. Membuat saat membaca menjadi saat yang menyenangkan dan mengesankan bagi kita. Misalnya kita bisa pergi ke taman atau tempat-tempat yang sejuk untuk membaca. Kita membuat suasana membaca senyaman mungkin. Kita bisa membaca sambil makan makanan ringan. Yang terpenting kita bisa menikmati apa yang kita baca.
  6. Menghargai buku yang kita miliki. Caranya dengan merawatnya secara hati-hati karena mungkin suatu saat kita akan membutuhkan buku itu. Dengan demikian kita akan benar-benar menyayangi dan menyukai buku tersebut. 

No comments:

Post a Comment

Yuk, tinggalkan jejak dengan berkomentar...