Monday, 14 January 2013

Rajawali dan Semut Merah


Di suatu siang yang sangat terik, Rajawali hendak mencari makan. Rajawali kemudian terbang menyusuri hutan berharap ada sedikit makanan yang bisa untuk dimakan. Kemudian tibalah Rajawali di suatu danau yang jernih. Rajawali bertengger di atas pohon untuk istirahat sebentar sambil melihat-lihat kalau ada makanan.
Di tepi danau terlihat seekor semut merah sedang minum sambil bermain-main dengan air. Tiba-tiba semut itu terpeleset ke danau. Semut merah tersebut tidak bisa berenang. Semut pun teriak-teriak, “Tolong . . . ! Tolong . . . !”Rajawali mendengar suara teriakan itu. Kemudian Rajawali mencari sumber suara itu. Dan terlihatlah oleh Rajawali, seekor semut merah yang hampir tenggelam di danau dan berteriak minta tolong.
Rajawali berpikir bagaimana menyelamatkan semut merah tersebut. Ia mempunyai ide. Kemudian diambilnya selembar daun dari pohon. Daun tersebut diletakkannya di dekat semut itu. “Ayo, naiklah !”, kata Rajawali. Dan semut pun naik ke atas daun itu secara perlahan. Rajawali membawa daun yang ada semutnya tersebut ke daratan. “Terima kasih Rajawali”, kata semut. Lalu Rajawali pun melanjutkan kembali perjalanannya untuk mencari makan.
Pada suatu hari, Rajawali kembali terbang untuk mencari makan. Sesekali ia bertengger di atas pohon untuk beristirahat. Ketika sedang beristirahat, ternyata ada seorang pemburu yang hendak membidik dirinya. Tetapi, ia tidak mengetahui hal itu.
Semut yang saat itu sedang mencari makan pula melihat pemburu tersebut sedang membidik seekor Rajawali yang sedang bertengger di atas pohon. Semut teringat kalau Rajawali tersebut adalah Rajawali yang telah menolongnya kemarin. Kemudian semut mencari akal bagaimana menggagalkan pemburu tersebut agar tembakannya tidak mengnai Rajawali.
Semut pun memanggil semua teman-temannya dan bersama-sama menggigit pemburu itu. Pemburu pun merasa kesakitan dan tembakannya pun meleset. Rajawali yang terkejut mendengar tembakan itu lalu terbang. Kemudian melihat dari kejauhan kalu ternyata dari tadi ada pemburu yng sedang mengincar dirinya. Pemburu itu pun kemudian lari. Rajawali menghampiri semut yang telah menolongnya tersebut. Rajawali pun berkata, “Terima kasih semut. Berkat jasamu aku selamat.” Kemudian semut menjawab, “Sama-sama Rajawali, kita hidup memang harus saling tolong menolong. Terima kasih juga karena kemarin kau telah menolongku sehingga aku tidak tenggelam”.

No comments:

Post a Comment

Yuk, tinggalkan jejak dengan berkomentar...