Minggu, 09 Juni 2013

Sebenarnya Sekarang Musim Apa?

      Indonesia hanya mengenal dua musim. Musim penghujan dan musim kemarau. Musim penghujan biasanya terjadi pada bulan Oktober sampai Maret. Musim penghujan disebabkan karena angin muson barat yang bertiup dari barat ke timur. Dari Asia ke Australia. Angin muson barat ini membawa banyak air. Akibatnya terjadi musim penghujan. Musim kemarau biasanya terjadi pada bulan April sampai September. Musim kemarau disebabkan karena angin muson timur yang bertiup dari timur ke barat. Dari Australia ke Asia. Angin muson timur ini membawa sedikit air.


        Itu teori yang seharusnya terjadi pada musim di Indonesia. Kita lihat saat ini. Apakah demikian sudah terjadi sebagaimana mestinya? Jawabnya TIDAK. Ini sudah memasuki bulan April. Seharusnya sudah memasuki musim kemarau tetapi masih saja hujan. Terkadang hujan tetapi matahari masih bersinar. Terkadang panas, kemudian selanjutnya hujan lebat. Ini merupakan contoh perubahan iklim. Hal ini merupakan salah satu dampak dari pengaruh pemanasan global. Semakin mengerikan saja ini dunia.

       Pemanasan global yang terjadi sudah semakin parah. Kita harus berusaha untuk mengurangi pemanasan global. Mulailah dari diri sendiri. Gunakan listrik seperlunya, jangan gunakan spray yang berlebihan, gunakan AC yang ramah lingkungan, perbanyak menanam pohon, hindari pemakaian kantong plastik berlebih, kurangi bepergian dengan menggunakan kendaraan pribadi, dan lain sebagainya.
        
       

2 komentar:

  1. ya bener....hehe..akhir akhir ini malah jadi musim penghujan padhl sharusnya kemarau ya mbak:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya,,,,jadi sering sakit kalo ga ati2 jaga kesehatan

      Hapus

Yuuk kasih comment :D