Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Contoh Soal Asesmen Kompetensi Minimum Literasi Membaca Kelas 5

 

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua murid untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat. Terdapat dua kompetensi mendasar yang diukur AKM, yaitu literasi membaca dan literasi matematika (numerasi). Baik pada literasi membaca maupun numerasi, kompetensi yang dinilai mencakup keterampilan berpikir logis-sistematis, keterampilan bernalar menggunakan konsep dan pengetahuan yang telah dipelajari, serta keterampilan memilah serta mengolah informasi. AKM menyajikan masalah-masalah dengan beragam konteks yang diharapkan mampu diselesaikan oleh murid menggunakan kompe nsi literasi membaca dan numerasi yang dimilikinya. AKM dimaksudkan untuk mengukur kompetensi secara mendalam, tidak sekedar penguasaan konten.

 Literasi membaca didefinisikan sebagai kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks tertulis untuk mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia serta untuk dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat.

 Numerasi adalah kemampuan berpikir menggunakan konsep,prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia.

 

Contoh Soal AKM Literasi Membaca Kelas 5

 

Ada dua orang sahabat melakukan perjalanan panjang. Ketika di tengah perjalanan mereka terlibat dalam suatu perdebatan. Pertengkaran itu terjadi sampai salah satu dari mereka menampar yang lainnya. Sahabat yang ditampar itu tak berkata apapun tapi menuliskan suatu kata di atas hamparan pasir. Tulisan tersebut berbunyi, “hari ini teman baikku menamparku.”

Walaupun mereka bertengkar, tapi tetap melanjutkan perjalanan bersama. Saat di perjalanan mereka menemukan sebuah sumber air dan memutuskan untuk mandi. Namun malang nasib teman yang ditampar tadi, ia tergelincir dan hampir tenggelam di dalam sumber air tersebut. Melihat itu, tentu saja teman yang menampar tadi menolongnya dan ia pun selamat. “Hari ini teman baikku menyelamatkan nyawaku,” ukirnya pada sebuah batu.

Teman yang telah menampar dan menyelamatkan nyawanya tadi bertanya, “Mengapa saat aku menyakitimu, kamu menulis di atas pasir. Sedangkan saat aku membantu, kamu mengukirnya pada batu?”

Kemudian ia menjawab, “Karena menulis di atas pasir mudah terhapus oleh sapuan angin, sedangkan mengukir di atas batu tidak mudah hilang oleh terpaan angin kencang sekalipun.”

 Pertanyaan

1.Tentukan setiap pernyataan berikut sesuai dengan isi teks ataukah tidak!


 

2. Pilihlah pesan-pesan yang merupakan simpulan dari isi teks !

Jangan mengingat kesalahan orang lain terlalu lama

Pertemanan sejati akan terbentuk setelah melewati masa perkelahian

Persahabatan memerlukan sikap memaafkan dan membalas kebaikan

Jika diberi kebaikan oleh orang lain harus segera membalasnya

3. Cermati pantun berikut!

Jika ada jarum yang patah

jangan disimpan di dalam peti

Kalau ada kata yang salah

jangan disimpan di dalam hati

Apakah isi pantun tersebut sesuai dengan isi teks?

Sesuai

Tidak sesuai

Berikan bagian dari isi teks yang mendukung jawabanmu!

 

Deena Setyowati
Deena Setyowati Just wanna write what I want to write . . .

1 comment for "Contoh Soal Asesmen Kompetensi Minimum Literasi Membaca Kelas 5"