RPP Daring Kelas 5 Tema 1 ST 1 PB 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SD Negeri Puncel 01
Kelas /Semester : 5 / 1
Tema : 1 Organ Gerak hewan dan Manusia
Alokasi Waktu : Daring
A. TUJUAN
- Dengan membaca teks tentang organ gerak hewan dan manusia, siswa dapat menyebutkan alat gerak hewan dan manusia secara benar.
- Dengan kegiatan membaca, siswa dapat menentukan ide pokok setiap paragraf dalam bacaan secara tepat.
- Dengan menulis, siswa dapat mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraf secara runtut.
- Dengan berdiskusi, siswa dapat menebutkan pengertian, fungsi, dan cara menentukan ide pokok bacaan secara percaya diri.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Kelas daring dibuka dengan salam, menyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa secara daring dan menyampaikan kegiatan hari ini.
2. Kelas daring dilanjutkan dengan berdoa dipimpin oleh seorang siswa ( Menghargai kedisiplinan siswa / PPK)
3. Memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat nasionalisme dengan memberi saran untuk tetap belajar di rumah.
4. Mengingatkan untuk terbiasa membaca / menulis/ mendengarkan /berbicara / praktek materi non pelajaran. Sebelum memberikan tugas, guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi.
|
15 menit
|
Kegiatan inti
|
1. Guru memberikan meteri melalui WA grup
2. Siswa mengamati gambar organ gerak hewan
3. Biarkan siswa mengamati dan menganalisa gambar secara cermat
4. Dengan bantuan orang tuanya, siswa mengamati hewan-hewan yang ada di sekitar tempat tinggalnya. Siswa mengidentifikasi organ gerak hewan-hewan tersebut.
| |
Penutup
|
1. Siswa mampu mengemukakan hasil belajar hari ini
2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3. Memberikan pesan tentang bagaimana mencegah penularan Covid-19
|
15 menit
|
B. METODE
Pembelajaran Daring dan Luring
C. MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
Media/Alat : 1. Internet.
2. Smartphone (WA)
3. Lingkungan sekitar.
Bahan : -
Sumber Belajar : 1. Buku Guru dan Buku Siswa Kelas 2, Tema 6: Panas dan Perpindahannya. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
D. PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan daring
Penilaian Pengetahuan : Tes Tulis (Hasil tugas siswa)
Penilaian Keterampilan : Keaktifan dalam melaporkan proses kegiatan
Mengetahui
Kepala SD Negeri Puncel 01
H. SUPRIYADI, S.Pd
NIP.
|
Puncel,30 April 2020
Guru Kelas 2
DEDIK SETIYO WINOTO.S.Pd
NIP. 19890126 201503 1 001
|
LAMPIRAN
Tugas Mandiri Siswa
Halaman Selanjutnya>>
RPP Daring Kelas 5 Semester 1 Tema 1 Subtema 1Pembelajaran 1RPP Daring Kelas 5 Semester 1 Tema 1 Subtema 1Pembelajaran 2
RPP Daring Kelas 5 Semester 1 Tema 1 Subtema 1Pembelajaran 3
RPP Daring Kelas 5 Semester 1 Tema 1 Subtema 1Pembelajaran 4
sayang tidak bisa diunduh atau copypaste
ReplyDelete