Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Bimtek Seri Panduan Belajar: Konsep Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022 untuk Guru

Konsep Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022 untuk Guru


Ibu/Bapak, sebelum kita memahami konsep Panduan Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022 lebih jauh, mari kita mencoba memahami latar belakang Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022 terlebih dahulu.

Pandemi COVID-19 telah mengubah praktik pembelajaran, dari pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh. Kondisi tersebut telah membuat sejumlah peserta didik mengalami kehilangan kesempatan belajar (learning loss). Kehilangan kesempatan belajar (learning loss) tidak hanya dirasakan oleh peserta didik, tetapi juga dirasakan oleh satuan sekolah dan orang tua.


Sebagai guru, apa yang Anda alami dan rasakan? Berikut ini Bapak/Ibu guru akan diajak untuk bersama-sama menyaksikan video yang memberikan gambaran mengenai pembelajaran pada masa pandemi COVID-19. Apakah Anda merasakan keprihatinan yang sama?

Bagaimana pendapat Ibu/Bapak tentang dampak pandemi COVID-19 yang sangat terasa dalam pendidikan kita?


Pengalam-pengalaman yang Anda saksikan hanyalah sepenggal pengalaman yang kita lihat. Tentu masih banyak tantangan-tantangan lain yang dihadapi di lapangan. Untuk itu, pada Tahun Ajaran 2021-2022, sejumlah satuan pendidikan, di setiap daerah yang telah dinyatakan sebagai zona “aman” COVID-19, direkomendasikan untuk mulai menyelenggarakan pembelajaran tatap muka terbatas untuk mengatasi potensi learning loss yang terus berkembang.


Meski demikian, bukan berarti keadaan akan kembali normal seperti sebelum pandemi. Akan terdapat sejumlah penyesuaian terkait tantangan dan kompleksitas yang dihadapi guru dan satuan pendidikan dalam menyelenggarakan pembelajaran pada Tahun Ajaran 2021/2022. Hal ini terutama terkait protokol kesehatan secara langsung dan dampaknya terhadap proses pembelajaran. Karena itu penting adanya pembekalan bagi guru dan kepala satuan pendidikan agar lebih siap dalam merencanakan dan menyelenggarakan pembelajaran di Tahun Ajaran 2021/2022 pada masa pandemi COVID-19.


Landasan Hukum Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022


Setelah Ibu/Bapak mengetahui latar belakang Panduan Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022, lalu landasan hukum apa saja yang menjadikan Panduan Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022 dapat dilaksanakan?


Pelaksanaan Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022 sendiri telah dipertimbangkan pelaksanaannya dengan mengacu pada payung hukum berikut ini:

Landasan Hukum Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022


Bagaimanapun dalam pembelajaran di Tahun Ajaran Baru 2021/2022, kesehatan dan keselamatan semua warga satuan pendidikan merupakan prioritas utama yang wajib dipertimbangkan dalam menetapkan kebijakan pembelajaran pada masa pandemi COVID-19. Berdasarkan SKB 4 Menteri yang ditetapkan pada 30 Maret 2021, terdapat 3 poin penting yang perlu dipertimbangkan dalam Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19, yaitu;


šŸ‘‰Kesehatan dan keselamatan semua warga satuan pendidikan merupakan prioritas utama.

šŸ‘‰Satuan pendidikan telah melakukan vaksinasi.

šŸ‘‰Penerapan protokol kesehatan yang ketat di satuan pendidikan

šŸ‘‰Berdasarkan pertimbangan tersebut Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Di Masa Pandemi COVID- 2019 menetapkan keputusan, yaitu;

šŸ‘‰Penyelenggaraan pembelajaran di masa pandemi COVID-19 dilakukan dengan: 1)pembelajaran tatap muka terbatas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan; dan/atau 2)pembelajaran jarak jauh.

šŸ‘‰Pendidik dan tenaga kependidikan pada satuan pendidikan telah divaksinasi COVID-19 secara lengkap,

šŸ‘‰Orang tua/wali peserta didik dapat memilih pembelajaran tatap muka terbatas atau pembelajaran jarak jauh bagi anaknya.

šŸ‘‰Penyediaan layanan pembelajaran dilaksanakan paling lambat tahun ajaran dan tahun akademik 2021/2022.

šŸ‘‰Pemerintah pusat, pemerintah daerah, kantor wilayah Kementerian Agama provinsi, kantor Kementerian Agama kabupaten/kota sesuai dengan kewenangannya wajib melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan pembelajaran.

šŸ‘‰Bila ditemukan ditemukan kasus konfirmasi COVID-19 di satuan pendidikan. Maka pemerintah pusat, pemerintah daerah, kantor wilayah Kementerian Agama provinsi, kantor Kementerian Agama kabupaten/kota, dan kepala satuan pendidikan, wajib melakukan penanganan kasus yang diperlukan dan dapat memberhentikan sementara pembelajaran tatap muka terbatas di satuan pendidikan.

šŸ‘‰Bila satuan pendidikan belum dapat memenuhi ketentuan penyelenggaraan pembelajaran di masa pandemi COVID-19, maka satuan pendidikan tersebut belum dapat melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas.

šŸ‘‰Bila terdapat kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat untuk mencegah dan mengendalikan penyebaran COVID-19 pada suatu wilayah tertentu, maka pembelajaran tatap muka terbatas dapat diberhentikan sementara sesuai dengan jangka waktu yang ditentukan dalam kebijakan dimaksud.


Tujuan Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022


Tujuan Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022

Semoga dengan memahami tujuan tersebut Bapak/Ibu dapat bersama-sama bergerak melakukan penyesuaian dan memberikan dukungan pembelajaran yang berkualitas untuk semua warga satuan pendidikan, ditengah keterbatasan pada masa pandemi COVID-19.


Manfaat Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022

Bapak/Ibu mempelajari tujuan Pembelajaran di Tahun Ajaran 2021/2022, lalu apa manfaat yang dirasakan dari pelaksanaan pembelajaran ini?


Hasil Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19 diharapkan mampu memberikan manfaat terutama bagi peserta didik. Melalui berbagai protokol kesehatan yang diterapkan, serta perubahan-perubahan praktik pembelajaran peserta didik dapat merasakan manfaat berikut ini:


šŸ‘‰Mendapatkan hak pendidikan

šŸ‘‰Memperoleh layanan pembelajaran yang berkualitas yang mengembangkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan pada masa pandemi COVID-19

šŸ‘‰Bersama warga satuan pendidikan yang lain, peserta didik mendapatkan akses kepada dukungan psikososial pada masa pandemi COVID-19 melalui keberadaan satuan pendidikan.

šŸ‘‰Memiliki lingkungan belajar yang memprioritaskan kesehatan dan keselamatan melalui protokol kesehatan.

Manfaat Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022
Ruang Lingkup Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022 untuk Guru

Pada topik sebelumnya Bapak/Ibu sudah mempelajari tujuan dan manfaat pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022. Lalu pertanyaannya, apa saja yang menjadi ruang lingkup pembahasan dan penyesuaian yang perlu diperhatikan dan diimplementasikan pada Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022?

Ruang Lingkup Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022 untuk Guru


Ukuran Keberhasilan Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022 untuk Guru 

 
Ukuran Keberhasilan Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022 untuk Guru

Ukuran Keberhasilan Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022 untuk Guru

Nah, dengan memahami ukuran keberhasilan pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022 yang dilakukan pada masa pandemi COVID-19, maka Bapak/Ibu dapat menentukan prioritas dan perubahan praktik pembelajaran yang diperlukan secara lebih efektif.

Kumpulan Link Bimtek Seri Panduan Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022

1. Pendaftaran

https://whynoto.blogspot.com/2021/07/bimtek-seri-panduan-pembelajaran-tahun-2020-2021.html

2. Download Panduan Pembelajaran PAUDDIKDASMEN Tahun Ajaran 2021/2022:

https://whynoto.blogspot.com/2021/07/download-panduan-pembelajaran-tahun-2021-2022.html

3. Materi Pengantar Bimtek Seri Panduan Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2020 Untuk Guru :

https://dayanasweet137.blogspot.com/2021/07/bimtek-seri-panduan-belajar-untuk%20guru.html

4. Materi Konsep Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022 untuk Guru :

https://dayanasweet137.blogspot.com/2021/07/materi-dan-jawaban-bimtek-kuis-konsep-pembelajaran.html

5. Jawaban Asesmen Pra Program Seri Panduan Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2020 untuk Guru: 

https://whynoto.blogspot.com/2021/07/asesmen-pra-program-seri-panduan-belajar-tahun-2020-2021.html

6. Jawaban Kuis Konsep Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022 :

https://whynoto.blogspot.com/2021/07/kuis-konsep-pembelajaran-tahun-2021-2022.html

7. Materi Kerangka Dasar Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022 untuk Guru :

https://dayanasweet137.blogspot.com/2021/07/bimtek-seri-panduan-belajar-kerangka.html

8. Jawaban Kuis Kerangka Dasar Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022 untuk Guru:

https://whynoto.blogspot.com/2021/07/kuis-kerangka-dasar-pembelajaran-tahun-2021-2022.html

9.Materi Prinsip dan Strategi Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022 untuk Guru:

https://dayanasweet137.blogspot.com/2021/07/prinsip-dan-strategi-pembelajaran-2021-2022.html

10. Jawaban Kuis Prinsip dan Strategi Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022 untuk Guru:

https://whynoto.blogspot.com/2021/07/jawaban-kuis-prinsip-dan-strategi-pembelajaran.html

11.Materi Kuis Rancangan Pembelajaran Kelas/ Mata Pelajaran Tahun Ajaran 2021/2022:

 

12. Jawaban Kuis Rancangan Pembelajaran Kelas/ Mata Pelajaran Tahun Ajaran 2021/2022:

https://whynoto.blogspot.com/2021/07/kuis-rancangan-pembelajaran-kelas.html

13. Materi Penjaminan Mutu Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022 untuk Guru :

https://whynoto.blogspot.com/2021/07/kuis-rancangan-pembelajaran-kelas.html

14. Kuis Penjaminan Mutu Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022 untuk Guru:

https://dayanasweet137.blogspot.com/2021/07/kuis-penjaminan-mutu-pembelajaran.html

15. Jawaban Asesmen Pasca Program Seri Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2020 untuk Guru:

https://dayanasweet137.blogspot.com/2021/07/jawaban-asesmen-pasca-program-seri-pembelajaran.html 

Deena Setyowati
Deena Setyowati Just wanna write what I want to write . . .

1 comment for "Bimtek Seri Panduan Belajar: Konsep Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022 untuk Guru"

  1. Dengan mengikuti latihan Bimtek Seri Panduan Belajar pengetahuan akan bertambah terutama pembelajaran di masa pandemi covid 19.

    ReplyDelete