Asesmen Pra Program Tahap 1: Bimtek Guru Belajar seri Masa Pandemi Covid-19 (KUIS)
Kunci Jawaban Asesmen Pra Program Tahap 1
Question 1 of 50
Salah satu prinsip utama Pembelajaran Jarak Jauh yang harus dipahami oleh guru adalah…
Memberikan tugas sesuai target capaian kurikulum
PJJ dilakukan melalui penggunaan teknologi sebagai sumber utama
Memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi peserta didik
Menyamaratakan kondisi, minat dan fasilitas belajar peserta didik
Question 2 of 50
Dalam menghadapi situasi darurat wabah Covid-19, Pembelajaran Jarak Jauh harus dilakukan. Dalam pelaksanaannya, banyak kendala atau kesulitan terjadi. Oleh karena itu hal penting yang harus dilakukan adalah…
Menyediakan telepon genggam dan laptop untuk guru dan peserta didik
Mendorong kolaborasi orang tua, guru, dan peserta didik
Memastikan orang tua mendampingi peserta didik selama kelas online berlangsung
Meminta peserta didik untuk mengerjakan dan mengumpulkan semua tugas tepat waktu
Question 3 of 50
Ketika Pembelajaran Jarak Jauh mulai diterapkan, hal pertama yang harus dilakukan oleh guru adalah…
Menyiapkan aktivitas dan tugas belajar
Membangun kesepakatan dengan orangtua dan peserta didik
Mengumpulkan informasi mengenai kesiapan orangtua dan peserta didik
Menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran
Question 4 of 50
Melakukan kolaborasi antara guru, orangtua, dan peserta didik termasuk dalam cara 5M…
Memanusiakan hubungan
Memahami konsep
Memberdayakan konteks
Memilih tantangan
Question 5 of 50
Pekan lalu, guru Adit memberikan tugas membuat laporan kepada peserta didik yang dapat mereka kerjakan dari rumah. Dari laporan yang sudah terkumpul, guru Adit memberikan komentar dan masukan untuk masing-masing peserta didik. Cara 5M yang diterapkan guru Adit adalah…
Membangun keberlanjutan
Memahami konsep
Memilih tantangan
Memberdayakan konteks
Question 6 of 50
Perhatikanlah daftar dibawah ini;
Memberikan komentar atau masukan dari tugas yang dikerjakan peserta didik
Membuat instruksi tugas yang mudah dipahami orangtua dan peserta didik
Memperbanyak asesmen formatif untuk membantu peserta didik memahami materi pelajaran
Tergolong dalam cara 5M manakah pernyataan-pernyataan di atas?
Membangun keberlanjutan
Memahami konsep
Memilih tantangan
Memberdayakan konteks
Question 7 of 50
Selain memanusiakan hubungan, melibatkan orang tua dalam pembelajaran jarak jauh dapat dilakukan melalui cara memilih tantangan. Dari pilihan di bawah ini, manakah cara memilih tantangan yang tepat untuk direkomendasikan kepada orang tua?
Berdiskusi tentang tujuan pembelajaran
Menyusun jadwal belajar bersama anak
Bertanya tantangan belajar kepada anak
Menjadi narasumber untuk topik belajar yang relevan
Question 8 of 50
Hasil asesmen diagnosis yang dilakukan Guru Roni menunjukkan bahwa peserta didiknya merasa bosan belajar dari rumah. Mengetahui hal tersebut, Guru Roni berdiskusi dengan orang tua dan peserta didiknya untuk mencari solusi. Berdasarkan pernyataan diatas, cara 5M yang dilakukan Guru Roni adalah…
Membangun keberlanjutan
Memahami konsep
Memanusiakan hubungan
Memberdayakan konteks
Question 9 of 50
Sebelum melaksanakan pembelajaran jarak jauh, Guru Aben terlebih dahulu berkomunikasi dengan orang tua murid. Di beberapa kesempatan, guru Aben menjelaskan mengenai tujuan dan proses pembelajaran jarak jauh lewat video tutorial dan infografis kepada orang tua murid. Apa yang dilakukan guru Aben ini tergolong dalam cara 5M…
Memberdayakan konteks
Memilih tantangan
Memahami konsep
Membangun keberlanjutan
Question 10 of 50
Kurikulum dalam kondisi khusus merupakan…
Kurikulum yang baru untuk masa pandemi
Penyederhanaan dari kurikulum nasional
Gabungan kurikulum nasional dengan kurikulum yang dibutuhkan
Penjabaran dari kurikulum nasional yang dirasa perlu
Question 11 of 50
Pembelajaran yang berfokus pada pendidikan kecakapan hidup adalah salah satu prinsip Pembelajaran Jarak Jauh. Anda dapat menerapkan prinsip tersebut dengan memberikan aktivitas…
Pembelajaran materi penjumlahan dan pengurangan dengan melakukan transaksi membeli dan menjual barang
Pembelajaran penjumlahan dan pengurangan dengan menggunakan alat makan
Pembelajaran materi menulis surat resmi dengan mengirim surat kepada Gubernur
Pembelajaran materi organ pencernaan dengan melakukan interview bersama dokter
Question 12 of 50
Berikut ini yang merupakan tujuan utama dari pendidikan adalah…
Konsep
Keterampilan
Konteks
Kompetensi
Question 13 of 50
Empat kemampuan yang menandai penguasaan kompetensi pada siswa adalah ….
Menalar, siap hidup, kemandirian, ujian bermakna
Kemandirian, keahlian, menalar, ujian bermakna
Menalar, kemandirian, keterampilan, ujian bermakna
Kemandirian, menalar, kecerdasan, ujian bermakna
Guru Adi memberikan tugas proyek secara berkelompok dengan jangka waktu pengerjaan 1 bulan. Selama proyek berlangsung, guru Adi meminta peserta didik untuk memberikan laporan setiap minggu. Guru Adi juga memberikan komentar dan masukan di laporan mingguan peserta didik.
Dari cerita diatas, dapat diketahui bahwa pembelajaran yang dilakukan guru Adi berbasis…
Konten
Konsep
Kompetensi
Topik
Question 15 of 50
Kompetensi 3 (Pengetahuan) |
Kompetensi 4 (Keterampilan) |
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah |
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis,dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia |
Kompetensi Dasar |
Kompetensi Dasar |
3.1 Menggali informasi tentang cara-cara perawatan tumbuhan dan hewan melalui wawancara dan/atau eksplorasi lingkungan. |
4.1 Menyajikan hasil wawancara tentang cara-cara perawatan tumbuhan dan hewan dalam bentuk tulis dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif. |
Tabel diatas merupakan KI dan KD kelas 3 mata pelajaran Bahasa Indonesia. Setelah menentukan tujuan kompetensi yang menggabungkan pengetahuan dan keterampilan pada KD 3 dan 4, apa langkah selanjutnya yang harus dilakukan?
Menetapkan indikator yang mengukur capaian kompetensi siswa
Menentukan cakupan materi dan bahan pembelajaran siswa
Membuat aktivitas pembelajaran yang menyenangkan siswa
Melakukan asesmen untuk mengukur keberhasilan belajar siswa
Question 16 of 50
Mengapa KI dan KD perlu diselaraskan?
Agar memudahkan guru dalam mengajar
Untuk memenuhi persyaratan kurikulum nasional
Agar sejalan dengan kebutuhan/kondisi murid
Agar asesmen mudah dilakukan
Question 17 of 50
Kompetensi Inti 3 (Pengetahuan) |
Kompetensi Inti 4 (Keterampilan) |
3. Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain |
4. Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia |
Kompetensi Dasar |
Kompetensi Dasar |
3.5 Mengidentifikasi komponen listrik dan fungsinya serta menjelaskan cara menghasilkan, menyalurkan, dan menghemat energi listrik |
4.5 Menyajikan karya tentang berbagai cara melakukan penghematan energi dan usulan sumber alternatif energi listrik |
Guru Prima akan mengajar materi listrik untuk kelas VI sesuai dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar dalam tabel di atas. Sebelumnya, guru Prima melakukan asesmen diagnosis dan mendapat informasi bahwa ada orang tua murid yang bekerja di Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan memiliki waktu luang. Dari informasi tersebut, manakah aktivitas pembelajaran yang cocok diterapkan guru Prima?
Memberi tugas menulis makalah tentang cara kerja listrik
Membuat acara talkshow bersama orang tua murid yang bekerja di PLN
Mengajak murid menghitung meteran listrik di rumah
Meminta murid belajar mandiri dari Youtube
Question 18 of 50
Selama pembelajaran jarak jauh, guru Dinda menerima banyak keluhan dari orang tua yang mengalami kesulitan mendampingi anak belajar. Selain itu, setiap kelas daring, guru Dinda merasa bahwa peserta didiknya bosan dan kesulitan memahami materi. Permasalahan tersebut dapat dihindari jika guru Dinda melakukan…
Asesmen formatif
Asesmen kognitif
Asesmen diagnosis awal
Asesmen sumatif
Question 19 of 50
Tujuan dari asesmen diagnosis di awal pembelajaran adalah…
Memonitor kegiatan belajar siswa selama masa pandemi
Memonitor perkembangan non-kognitif dan kognitif siswa untuk memenuhi target capaian belajar
Memonitor keterlibatan orang tua selama pembelajaran jarak jauh
Memonitor perkembangan emosi dan psikologis siswa
Question 20 of 50
Dari pilihan berikut ini, manakah siklus asesmen di awal pembelajaran yang tepat?
Evaluasi – Asesmen kognitif – Asesmen non kognitif – Tindak lanjut
Asesmen kognitif – Evaluasi – Tindak Lanjut – Asesmen non kognitif
Evaluasi dan tindak lanjut – Asesmen kognitif – Asesmen non kognitif
Asesmen non kognitif – Asesmen kognitif – Tindak lanjut dan evaluasi
Question 21 of 50
Dalam melakukan persiapan asesmen diagnosis non kognitif awal, anda dapat memberikan pertanyaan kunci seperti..
Apa yang kamu lakukan apabila tidak mengikuti sesi kelas online?
Apa yang orang tuamu lakukan untuk membantumu belajar dari rumah?
Apa saja kegiatan yang kamu lakukan selama belajar dari rumah?
Apa tugas yang paling sulit dikerjakan selama belajar dari rumah?
Guru Johnny mengajar di kelas 1 SD. Di awal pertemuan, guru Johnny menanyakan perasaan dan keadaan siswanya. Dari pernyataan tersebut dapat diketahui bahwa guru Johnny sedang melakukan tahap…
Persiapan asesmen diagnosis kognitif awal
Pelaksanaan asesmen diagnosis kognitif awal
Persiapan asesmen diagnosis non kognitif awal
Pelaksanaan asesmen diagnosis non kognitif awal
Question 23 of 50
Di tahun ajaran baru, guru Wendy ditugaskan menjadi wali kelas 4 SD. Sebelum tahun ajaran dimulai, guru Wendy mempersiapkan banyak hal untuk pembelajaran jarak jauh. Salah satunya adalah soal-soal yang terdiri dari materi pelajaran kelas 4 semester 1 dan beberapa materi dari kelas 3 dan 2. Yang dilakukan Guru Wendy merupakan tahapan…
Persiapan asesmen diagnosis kognitif awal
Pelaksanaan asesmen diagnosis kognitif awal
Persiapan asesmen diagnosis non kognitif awal
Pelaksanaan asesmen diagnosis non kognitif awal
Question 24 of 50
Guru Tya telah melakukan asesmen diagnosis kognitif dan non-kognitif awal. Adit, seorang siswanya, memiliki nilai tinggi pada asesmen diagnosis kognitif. Namun, pada asesmen diagnosis non-kognitif, Adit mengatakan bahwa dirinya tidak menyukai kegiatan pembelajaran jarak jauh yang gurunya berikan.
Dari cerita diatas, tindak lanjut yang dapat Guru Tya lakukan adalah…
Membentuk kelompok belajar bagi siswanya untuk mendukung pembelajaran jarak jauh
Berdiskusi dengan Adit dan orang tuanya terkait kendala yang dihadapi Adit
Membuat aktivitas belajar yang kreatif
Memberikan pilihan aktivitas pembelajaran jarak jauh yang ingin dilakukan Adit
Question 25 of 50
Setelah melakukan asesmen diagnosis kognitif awal, Isma, seorang siswa kelas 5, memiliki hasil asesmen dengan nilai 1 semester di bawah rata-rata kelas. Dari pernyataan tersebut, tindak lanjut yang dapat dilakukan guru kelas 5 adalah…
Menghubungi orang tua Isma dan meminta untuk menemani Isma selama kelas online berlangsung
Melakukan asesmen kognitif ulang pada Isma dan siswa lain yang nilainya dibawah rata-rata kelas
Mengelompokkan siswa dengan nilai dibawah rata-rata kelas untuk mendapatkan pelajaran tambahan
Menghubungi orang tua Isma dan menyarankan untuk Isma cuti sekolah
Question 26 of 50
Guru Irene adalah seorang guru kelas 3. Di awal tahun ajaran baru, Guru Irene memulai kelas meminta siswa bercerita dengan menjawab tiga pertanyaan. Berikut ini adalah pertanyaan yang Guru Irene berikan:
“Bagaimana kabar kamu hari ini?”
“Apa saja kegiatan yang kamu lakukan selama belajar di rumah dalam 3 bulan terakhir kemarin?”
“Kegiatan atau tugas apa yang paling menyenangkan dan tidak menyenangkan yang kamu dapatkan kemarin?”
Dari pernyataan tersebut dapat diketahui bahwa yang sedang dilakukan Guru Irene merupakan langkah-langkah asesmen awal pada tahap…
Persiapan asesmen diagnosis kognitif awal
Pelaksanaan asesmen diagnosis kognitif awal
Persiapan asesmen diagnosis non kognitif awal
Pelaksanaan asesmen diagnosis non kognitif awal
Question 27 of 50
Asesmen untuk belajar dapat digunakan untuk….
Mendapatkan informasi yang digunakan pendidik dan peserta didik menentukan tujuan dan tahapan belajar
Memandu peserta didik melakukan monitor dan refleksi terhadap proses belajarnya
Mendapatkan informasi yang dibutuhkan orangtua dan pihak lain terkait capaian kurikulum
Mendapatkan informasi dari peserta didik sebagai laporan akhir proses pembelajaran
Question 28 of 50
Mengukur penguasaan dan penerapan hasil belajar oleh peserta didik terkait capaian kurikulum merupakan kategori….
Asesmen pembelajaran
Asesmen untuk belajar
Asesmen sebagai belajar
Asesmen terhadap belajar
Question 29 of 50
Apa tujuan dilakukannya asesmen diagnosis?
Sebagai bahan pertimbangan untuk naik ke kelas selanjutnya
Membandingkan pemahaman setiap peserta didik di dalam kelas
Untuk memenuhi penilaian hasil belajar (raport)
Mengidentifikasi kemampuan dasar peserta didik dalam topik sebuah mata pelajaran
Question 30 of 50
Setelah melakukan asesmen diagnosis berkala, hal apa yang dapat dilakukan guru selama proses pembelajaran?
Guru mengajar semua kelompok, termasuk kelompok dibawah rata-rata untuk menuntaskan kurikulum
Guru menyesuaikan aktivitas dan materi belajar di kelas dengan melihat pemahaman beberapa siswa
Guru melakukan asesmen diagnosis kembali pada siswa yang tidak tuntas sebelum memulai semua materi
Guru menyesuaikan aktivitas dan materi belajar di kelas dengan peningkatan rata-rata semua murid di kelas
Question 31 of 50
Asesmen diagnosis berkala termasuk ….
Asesmen pembelajaran
Asesmen terhadap belajar
Asesmen formatif
Asesmen sumatif
Question 32 of 50
Asesmen diagnosis berkala merupakan asesmen formatif berdasarkan tujuan dan prinsipnya. Hal ini terkait dengan…
Pemeriksaan kemampuan belajar peserta didik untuk membantu proses belajar
Berfokus pada proses belajar peserta didik dan dilakukan di akhir semester
Umpan balik pada peserta didik hanya untuk topik pembelajaran tertentu
Tindak lanjut proses belajar sesuai dengan hasil nilai ujian akhir
Question 33 of 50
Dari pilihan berikut ini, manakah aktivitas yang dilakukan guru pada tahap pengelolaan hasil asesmen?
Membagi peserta didik dalam kelompok berdasarkan hasil asesmen
Guru menyesuaikan aktivitas dan materi belajar di kelas dengan peningkatan rata-rata semua peserta didik di kelas
Melakukan penilaian untuk masing-masing peserta didik dengan memberikan nilai 1 apabila jawaban benar, dan nilai 0 apabila jawaban salah
Melakukan pemetaan terhadap soal yang paling sulit untuk dijawab peserta didik agar menjadi bahan evaluasi
Question 34 of 50
Seorang guru akan melakukan asesmen diagnosis sebelum mengajar materi baru. Pada tahap persiapan, guru tersebut menyusun 10 soal sederhana. Bagaimanakah pemilihan soal yang sebaiknya dilakukan?
2 soal dari materi prasyarat dasar dan 8 soal pada materi yang akan dipelajari
8 soal dari materi prasyarat dasar dan 2 soal pada materi yang akan dipelajari
4 soal dari materi prasyarat dasar dan 6 soal pada materi yang akan dipelajari
6 soal dari materi prasyarat dasar dan 4 soal pada materi
Question 35 of 50
Pembelajaran Jarak Jauh merupakan
Pembelajaran yang dilakukan dengan memberikan tugas kepada murid melalui WAG/email
Pembelajaran yang dilakukan dengan meminta murid mendokumentasikan semua kegiatan belajarnya
Pembelajaran yang diberikan melalui media elektronik (TV, radio) dan membuat catatan
Pembelajaran yang diberikan sesuai dengan kondisi murid meski tidak selalu bisa bertatap muka antara guru dengan murid
Question 36 of 50
Penggunaan televisi dan radio merupakan media dalam pembelajaran jarak jauh model….
Dalam jaringan/online
Luar jaringan /offline
Terpadu (memadukan)
Kunjungan guru
Question 37 of 50
Dalam konteks pembelajaran jarak jauh, ada aktivitas pembelajaran sinkron dan asinkron. Prinsip pembelajaran sinkron adalah…
Belajar dilakukan kapan saja, tidak ada jam tertentu
Murid dan orangtua dapat melihat materi belajar kapan saja, dapat mengulang kembali dan menyesuaikan dengan keadaan rumah
Menyatukan belajar berbasis proyek/membuat proyek bersama di waktu lain untuk kemudian didiskusikan bersama
Dalam pembelajaran ini, guru dapat melihat langsung pemahaman murid atau keterampilan komunikasi saat itu juga
Question 38 of 50
Guru Amir mengajar di daerah pedesaan yang tidak semua orangtua memiliki gawai (telepon pintar, televisi, radio). Model pembelajaran jarak jauh manakah yang sebaiknya digunakan guru Amir?
Model PJJ dengan kelas daring
Model guru kunjung
Model kelas luring berkelompok kecil
Model PJJ melalui televisi
Question 39 of 50
Konsep utama pembelajaran terpadu (blended) adalah….
Guru menjadi sumber belajar utama yang menentukan keputusan pembelajaran
Pembelajaran berpusat pada murid dimana murid belajar sumber belajar secara daring maupun luring
Fasilitas internet menjadi sarana paling penting dengan fitur yang bagus dan menarik
Belajar tergantung pada ketersediaan fasilitas daring maupun luring di sekolah dan rumah
Question 40 of 50
Saat melakukan pembelajaran dari rumah, seorang anak mulai merasa bosan untuk melanjutkan belajar sementara LKS yang harus ia dikerjakan cukup banyak. Apa yang sebaiknya dilakukan?
Tetap memaksakan peserta didik menyelesaikan pembelajaran karena ada tema yang perlu dikejar
Menghentikan pembelajaran dan melanjutkan kembali jika anak sudah ada keinginan belajar
Mengganti dengan proyek lain yang tetap sesuai dengan tema pembelajaran
Memanfaatkan hal-hal yang menjadi minat anak untuk dijadikan konten belajar
Question 41 of 50
Mengumpulkan tugas pembelajaran melalui e-mail, Google Drive, atau mengirim melalui aplikasi WhatsApp merupakan jenis aktivitas pembelajaran….
Daring sinkron
Daring asinkron
Luring sinkron
Luring asinkron
Question 42 of 50
Sekolah memutuskan untuk melakukan pembelajaran tatap muka. Jumlah rombongan belajar yang banyak membuat sekolah harus membagi peserta didik bergiliran hadir selama 3 hari di sekolah. Di sisi lain guru-guru merasa waktu yang diberikan masih kurang. Untuk mengatasi hal tersebut, manakah langkah yang dapat dipilih oleh guru?
Tetap melaksanakan pembelajaran tatap muka sesuai aturan
Mengembalikan pembelajaran seperti biasa yaitu 6 hari belajar mengajar untuk semua peserta didik
Menambah waktu pembelajaran lewat internet atau pemberian lembar kerja/modul sebagai pendukung
Proses belajar mengajar dilaksanakan tatap muka dan meminta peserta didik menyimak radio/TV sebagai pendukung
Question 43 of 50
Penggunaan media belajar seperti tape recorder, radio, dan telepon merupakan media belajar yang berjenis….
Visual
Audio
Audio visual
Multimedia
Question 44 of 50
Definisi dari pengetahuan konten adalah…
Pengetahuan mengenai proses dan praktik atau metode belajar-mengajar.
Pengetahuan mengenai standar teknologi sederhana sampai yang canggih
Pengetahuan mengenai tujuan belajar sampai evaluasi
Pengetahuan mengenai mata pelajaran yang akan dipelajari
Question 45 of 50
Di dalam kelas, guru Ani menggunakan media belajar audio visual karena menyadari peserta didiknya memiliki gaya belajar yang berbeda. Pemilihan media belajar yang dilakukan guru Ani berdasarkan…
Karakteristik peserta didik
Potensi media dan teknologi
Keadaan latar atau lingkungan
Tujuan pembelajaran
Question 46 of 50
Guru Budi memberikan tugas menulis kebudayaan daerah pada peserta didiknya. Untuk mengerjakan tugas tersebut, peserta didik diminta untuk mewawancarai orangtua masing-masing. Pembelajaran tersebut termasuk dalam memperoleh informasi dengan sumber belajar….
Pesan
Bahan
Orang
Alat
uestion 47 of 50
Manakah diantara pengalaman belajar berikut yang lebih efektif dan memberi informasi lebih banyak untuk peserta didik….
Melihat simulasi
Melihat pameran
Berpartisipasi dalam workshop
Melakukan simulasi
Question 48 of 50
Definisi dari media pembelajaran adalah….
Berbagai atau semua sumber yang dapat digunakan peserta didik dalam belajar, baik secara terpisah maupun terkombinasi
Alat fisik yang digunakan untuk menyampaikan isi materi pengajaran
Sesuatu yang bisa digunakan untuk merangsang pikiran, perasaan dan kemampuan peserta didik dalam belajar
Suatu cara atau taktik dalam melaksanakan kegiatan belajar dan mengajar di kelas
Question 49 of 50
Kelebihan merancang sumber belajar sendiri adalah….
Sesuai dengan rencana pembelajaran, gaya mengajar guru, dan kebutuhan peserta didik
Membutuhkan kreatifitas untuk merancang dan membuatnya
Mudah ditemui di kehidupan nyata
Tidak membutuhkan waktu lama dan energi untuk merancang dan membuat
Question 50 of 50
Guru Tini akan mengajarkan pembelajaran matematika mengenai bangun ruang. Guru Tini menyiapkan sebuah kubus, kawat, dan penggaris dengan ukuran-ukuran yang telah ditetapkan. Dari ilustrasi tersebut, manakah yang termasuk media belajar?
Ibu Tini sebagai guru matematika
Bangun ruang sebagai kompetensi yang dipelajari
Kubus dan kawat yang digunakan untuk menjelaskan materi pembelajaran
Penggaris yang dipakai peserta didik untuk mengukur panjang kawat sebagai diagonal ruang kubus
Asesmen Pra Program Tahap 1: Bimtek Guru Belajar seri Masa Pandemi Covid-19 (KUIS)
Kuis Konsep Kurikulum pada Kondisi Khusus Tahap 1 – Topik 2
Kuis Konsep Asesmen Diagnosis Awal Tahap 1 – Topik 3
Kuis Konsep Asesmen Diagnosis Berkala Tahap 1 – Topik 4
Kuis Model Pembelajaran Jarak Jauh Tahap 1 – Topik 5
Kuis Pembelajaran Jarak Jauh Tahap 1 – Topik 6
materi bimtek guru belajar seri masa pandemi covid-19
kunci jawaban bimtek guru belajar seri masa pandemi covid 19
bimtek guru belajar seri masa pandemi covid-19
bimtek guru belajar seri masa pandemi covid-19
bimtek guru belajar tahap 1
bimtek guru belajar tahap 2
bimtek guru belajar masa pandemi
bimtek guru belajar tahap 3
bimtek guru belajar dari pandemi
bimtek guru belajar kemendikbud
bimtek guru belajar angkatan 2
bimtek guru belajar angkatan 4
bimtek guru
bimtek guru adalah
bimtek guru belajar seri masa pandemi covid
cara mengikuti bimtek guru belajar
cara mengikuti bimtek guru belajar di sim pkb
cara mengunduh sertifikat bimtek guru belajar
materi bimtek guru belajar seri masa pandemi covid-19
cara cetak sertifikat bimtek guru belajar
bimtek guru belajar di masa pandemi
bimtek guru belajar dari masa pandemi
download sertifikat bimtek guru belajar
bimtek guru belajar seri masa pandemi covid-19 i
jadwal bimtek guru belajar
jawaban bimtek guru belajar
kunci jawaban bimtek guru belajar
kunci jawaban bimtek guru belajar seri masa pandemi covid 19
bimtek guru belajar dari pandemi covid 19
soal bimtek guru belajar
sertifikat bimtek guru belajar
cara unduh sertifikat bimtek guru belajar
asesmen pasca program tahap 1 bimtek guru belajar
bimtek guru belajar 2020
bimtek guru belajar tahap 4
Post a Comment for "Asesmen Pra Program Tahap 1: Bimtek Guru Belajar seri Masa Pandemi Covid-19 (KUIS)"
Yuk tinggalkan jejak dengan berkomentar