Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Konsep Merdeka Belajar

Merdeka Belajar adalah belajar yang diatur sendiri oleh pelajar. Pelajar yang menentukan tujuan, cara dan penilaian belajarnya. Dari sudut pandang pengajar, merdeka belajar berarti belajar yang melibatkan murid dalam penentuan tujuan, memberi pilihan cara, dan melakukan refleksi terhadap proses dan hasil belajar.

Konsep Merdeka Belajar

Belajar bukan untuk ujian,
tapi untuk mencapai tujuan belajar yang bermakna
Belajar bukan dikendalikan pengajar,
tapi disepakati bersama antara pengajar dan pelajar
Belajar bukan dengan cara yang seragam,
tapi ada diferensiasi cara belajar.
Belajar bukan hanya menghafal rumus,
tapi menalar dan menyelesaikan persoalan
Belajar bukan untuk dinilai pengajar,
tapi dinilai bersama untuk membangun kesadaran
Belajar bukan dinilai oleh besarnya angka,
tapi oleh karya yang bermakna


 

Konsep Merdeka Belajar dan Ajaran Ki Hajar Dewantara

 

Merdeka Menurut Ki Hajar Dewantara

 “Mardiika iku jawarnya, nora mung lepasing pangreh; nging uga kuwat kuwasa amandiri pringga”
“Merdeka tidak hanya terlepas dari perintah; akan tetapi juga cakap kuat memerintah diri sendiri”

“Ki Hadjar Dewantara”

Dalam ajaran Ki Hadjar Dewantara,kemerdekaan dalam pendidikan berarti :(a) tidak hidup terperintah;(b) berdiri tegak karena kekuatan sendiri;(c) cakap mengatur hidupnya dengan tertib.Tidak hidup terperintah berarti seseorangbisa menentukan sendiri arah tujuannya,memerintah diri sendiri.Poin kedua menekankan pada kemandirianseseorang, mencapai tujuan dengan dayaupaya sendiri. Poin ketiga menekankan padaketerampilan mengatur hidup secara tertib.

Ki Hajar Dewantara menjelaskan tujuan pendidikan dalam bukunya Pemikiran, Konsepsi, Keteladanan, Sikap Merdeka seri Pendidikan, beliau menjelaskan bahwa tujuan pendidikan yaitu: menuntun segala kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat. Oleh sebab itu, pendidik itu hanya dapat menuntun tumbuh atau hidupnya kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak, agar dapat memperbaiki lakunya (bukan dasarnya) hidup dan tumbuhnya kekuatan kodrat anak.

Dalam proses “menuntun”, anak diberi kebebasan namun pendidik sebagai ‘pamong’ dalam memberi tuntunan dan arahan agar anak tidak kehilangan arah dan membahayakan dirinya. Seorang ‘pamong’ dapat memberikan ‘tuntunan’ agar anak dapat menemukan kemerdekaannya dalam belajar.

 


Keyword: konsep merdeka belajar kemendikbud merdeka belajar jurnal kurikulum merdeka belajar pdf makalah merdeka belajar tujuan merdeka belajar konsep merdeka belajar ppt konsep merdeka belajar kemendikbud konsep merdeka belajar pdf konsep merdeka belajar adalah konsep merdeka belajar ppt konsep merdeka belajar nadiem makarim konsep merdeka belajar kemendikbud pdf konsep merdeka belajar kampus merdeka konsep merdeka belajar di perguruan tinggi konsep merdeka belajar dan kampus merdeka apa itu konsep merdeka belajar kelebihan dan kekurangan konsep merdeka belajar edaran 4 konsep merdeka belajar tahun 2020 apa konsep merdeka belajar sebutkan dan jelaskan konsep merdeka belajar jurnal konsep merdeka belajar pdf 4 konsep merdeka belajar pertanyaan tentang konsep merdeka belajar rpp konsep merdeka belajar pengertian konsep merdeka belajar konsep kampus merdeka belajar konsep kurikulum merdeka belajar konsep guru penggerak dan merdeka belajar konsep dasar merdeka belajar konsep transformasi merdeka belajar konsep usbn dan un versi kebijakan merdeka belajar konsep rpp merdeka belajar konsep guru penggerak merdeka belajar pdf

 

Deena Setyowati
Deena Setyowati Just wanna write what I want to write . . .

Post a Comment for "Konsep Merdeka Belajar"